Makassar (ANTARA) – Wali Kota Parepare Taufan Pawe menemui Ilham Akbar Habibie di kediaman BJ Habibie di Kawasan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan untuk membahas rencana pembangunan dan pengembangan museum untuk Presiden RI ketiga itu.

“Sudah ketemu dengan Pak Ilham Habibie dan melaporkan progres pembangunan di Kota Parepare dan rencana untuk menghadirkan museum juga,” ujarnya melalui keterangannya, Ahad.

Taufan Pawe mengatakan, dalam pertemuan tersebut telah dibahas beberapa hal, diantaranya Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) yang telah memulai kegiatan perkuliahan serta Rumah Sakit Regional Dr Hasri Ainun Habibie yang telah menerima banyak pasien umum maupun BPJS Kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Bapak Ilham Akbar Habibie. Sinergitas sangat kita perlukan. Karena kita terus membutuhkan sektor-sektor untuk menghidupkan atau melahirkan Habibie-Habibie muda di tempat kelahirannya di Kota Parepare,” katanya.

Politikus Partai Golkar itu menyatakan, Ilham  Habibie juga  menawarkan pembukaan Habibie Center di Kota Parepare yang kemudian disambutnya dengan antusias.

“Lembaga kajian dan penelitian ini tentunya akan bersinergi dengan Pemkot Parepare untuk melakukan kajian- kajian akademik, khususnya pada bidang sains dan teknologi,” tuturnya.

Selain itu, kata Taufan, mereka siap bersinergi dengan memfasilitasi para dosen dan mahasiswa ITH dan perguruan tinggi di Parepare terkait penelitian dan pengembangan keilmuan.

Sementara itu, Ilham Habibie mengapresiasi sosok Taufan Pawe yang menjadikan ayah dan ibunya, BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie sebagai inspirasi pembangunan di Kota Parepare.

Anak pertama Presiden RI ketiga  itu mengaku siap terus bersinergi dengan Pemkot Parepare. Khususnya persiapan pembukaan Museum BJ Habibie.

Bukan cuma itu, pemindahan inventaris barang-barang milik BJ Habibie juga sudah mulai dilakukan.

Baca juga: Wali Kota Parepare laporkan selesainya pembangunan Museum BJ Habibie

Baca juga: Bekas rumah Habibie di Parepare akan dijadikan museum

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Suharto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.