Suara.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan peringatan keras terkait peretasan data negara oleh hacker yang mengidentifikasi diri bernama Bjorka. Dia juga mengingatkan otoritas terkait untuk tidak meremehkan isu kebocoran data.

“Siapapun yang mengganggu kedaulatan data Indonesia harus ditindak tegas, jangan dikasih ampun. Kedaulatan data di ruang siber adalah perpanjangan tangan dari kedaulatan negara. Kita tidak boleh abai mengatasi ini. Kalau kita abai, kita dianggap lemah,” kata Moeldoko di gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Sebelum menyampaikan peringatan itu, Moeldoko bertemu Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Hinsa Siburian, Direktur Utama Industri Telekomunikasi Indonesia Edi Witjara, dan Phidi Soepangkat seorang CEO Dekstop IP Teknologi Indonesia — perusahaan penyedia perangkat lunak untuk penyimpanan data.

Pertemuan mereka membahas kondisi keamanan siber nasional dan upaya pengembangan cloud system lokal buatan anak negeri bersertifikasi BSSN.

Baca Juga:
Ikhtiar Pemerintah Mencari Bjorka Ditertawakan Lagi, Dark Tracer Kasih Informasi Palsu?

Moeldoko menyebut kebocoran data yang terjadi saat ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk membenahi keamanan siber Indonesia dengan memaksimalkan teknologi anak negeri dan pelibatan para talenta yang menguasai bidang tersebut.

Moeldoko mengatakan pembocoran data yang dilakukan peretas Bjorka juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk melibatkan sumber daya dalam negeri untuk merealisasikan kedaulatan keamanan siber.

“Kita punya teknologinya, kita juga punya talenta-talenta yang ahli di bidang keamanan siber. Mari kita gerakkan sumber daya itu untuk membangun pondasi demi mewujudkan kedaulatan keamanan siber nasional,” kata dia.

“Dengan teknologi anak bangsa, data tidak hanya aman tapi juga bisa kita kontrol.” 

Direktur Utama Industri Telekomunikasi Indonesia Edi Witjara menyatakan bahwa perusahaan yang dia pimpin telah melakukan inovasi dan mengembangkan sebuah cloud system lokal yang diberi nama INTI cloud system.

Baca Juga:
Bjorka Siapa dan Orang Mana? Polisi Klaim Tangkap Pemuda yang Berujung Ejekan

INTI cloud system merupakan platform layanan cloud dan blockchain inovasi dalam negeri yang sudah dilengkapi dengan keamanan siber, hasil kerja sama pengembangan dengan BSSN.

Edi berharap inovasi itu kelak “bisa menjadi kebanggaan keamanan siber nasional.”


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.