Suara.com – Besok, 2 Oktober 2022 adalah Hari Batik Nasional. Untuk memeriahkannya, masyarakat diminta memakai baju batik. Nah, bagaimana jika anda memakai baju motif batik paling terkenal di Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang dikenal  memiliki beragam motif batik. Pasalnya, sejak dulu batik sudah digunakan untuk pakaian sehari-hari warga Indonesia. Di Indonesia, ada banyak motif batik. Adapun beragam motif batik paling terkenal di Indonesia yakni sebagai berikut.

Diketahui, asal usul kata batik ini diambil dari bahasa Jawa ambhatik. Kata ‘amba’  memiliki arti kain dan kata ‘bhatik’ memiliki arti titik atau matik.

Sejak tahun 2009, batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Sejak saat itu, batik pun semakin populer, bahkan mendunia dan kerap digunakan untuk berbagai keperluan.

Baca Juga:
Ucapan Hari Batik Nasional 2022, Diunggah Jadi Status WA, IG dan FB, Besok 2 Oktober!

Batik di Indonesia ini memiliki beragam motif. Untuk selengkapnya, berikut ini berbagai Motif Batik Paling Terkenal di Indonesia yang menarik untuk diketahui.

1. Motif Batik Megamendung

Batik mega mendung ini motif batik berasal dari Cirebon. Motif batik ini mempunyai ciri khas berbentuk awan besar yang berwarna cerah. Adapun beberapa warna yang umumnya dipakai pada batik Megamendung yaitu biru, ungu, merah tua, dan hijau tua.

2. Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung (ist)
Motif Batik Kawung (ist)

Batik Kawung merupakan motif batik yang terinspirasi dari wujud buah aren atau buah kawung. Adapun motif batik ini terdiri atas empat oval yang mana dibagian tengahnya mempunyai bentuk menyerupai salib.

Baca Juga:
Hari Batik Nasional 2022, Cerita Pengrajin Batik Soal Kekuatan Magis Batik Mega Mendung Asal Cirebon

3. Motif Batik Betawi

Batik Betawi merupakan motif batik yang sering digunakan dalam ajang pemilihan Abang None Jakarta. Motif batik betawi ini identik dengan warna-warna cerah yang dipadukan motif yang unik ala Betawi seperti nusa kelapa, ondel-ondel, pucuk rebung, dan gambang kromong.

4. Motif Batik Pekalongan

Batik Pekalongan merupakan motif batik yang didominasi corak hewan dan tumbuhan. Batik Pekalongan ini salah satu batik yang namanya sudah terkenal hingga penjuru Indonesia dan beberapa negara. Bahkan Pekalongan juga dikenal sebagai daerah pengrajin batik.

5. Batik Parang

Motif Batik Parang (ist)
Motif Batik Parang (ist)

Salah satu batik yang terkenal di Indonesia yaitu Batik Parang. Motif batik parang memiliku arti mendalam, yaitu peperangan manusia yang melawan nafsu dan sifat buruk selama hidup. Banyak yang menggunakan motif batik ini dalam berbagai kerajinan.

Demikian daftar motif batik paling terkenal di Indonesia. Selain motif-motif batik yang disebutkan di atas, ada lagi beberapa motif batik lainnya yang juga terkenal di Indonesia seperti Batik Keraton, Batik Lasem, Batik Malang, Batik Bali, dan Batik Pring Sedapur Magetan.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.