Medianasional – Pulau Sulawesi, dulunya dikenal sebagai Celebes, merupakan salah satu pulau di Indonesia. Sulawesi juga merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar, dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Pulau indah ini juga memiliki berbagai macam tempat wisata air yang terkenal. Keunikan lain dari pulau ini adalah, lokasinya yang dikelilingi oleh pesisir pantai yang indah dan daerah pegunungan yang menawan.

Sulawesi juga memiliki keanekaragaman tradisi budaya dan kesenian. Salah satu bentuk kesenian itu, dituangkan dalam bentuk lagu-lagu Sulawesi yang terkenal dan syahdu untuk didengar. Biar nggak penasaran, yuk, kita lihat daftar lagu-lagunya di bawah ini.

1. Lagu Anging Mamiri

Lagu Anging Mamiri adalah salah satu lagu daerah yang berasal dari Sulawesi Selatan. Lagu ini diciptakan oleh Bora D. G. Irate. Arti dari lagu ini adalah “angin yang bertiup”. Makna dalam liriknya merupakan pesan rindu untuk orang tersayang. Namun ada juga beberapa pendapat yang mengatakan, bahwa Anging Mamiri bermakna himbauan untuk berdoa kepada Tuhan.

2. Lagu Anak Kukang

Lagu Anak Kukang adalah lagu daerah yang berasal dari Sulawesi Selatan. Liriknya berisi tentang anak yang hidup seorang diri. Tanpa alasan yang jelas, ibu dari anak tersebut membuangnya. Banyak yang memperkirakan, bahwa anak malang tersebut dibuang karena kemiskinan. Akhirnya, sang ibu pun lebih memilih untuk membuangnya.

Walaupun kisahnya tentang kesedihan, lagu ini tetap populer di kalangan masyarakat luas. Sebab tak hanya merdu untuk didengarkan, namun irama dari lagu ini pun juga mudah untuk diikuti.

3. Lagu Binde Biluhuta

Makna lagu Binde Biluhuta yang merupakan lagu daerah yang berasal dari Sulawesi Utara ini, menceritakan tentang salah satu makanan khas Binde Biluhuta. Makanan khas yang diceritakan berupa Sup Jagung, yang dibuat dari Jagung dengan campuran ikan atau udang yang yang lezat dan nikmat.

4. Lagu Tahuli Li Mama

Lagu Tahuli Mama yang merupakan lagu daerah yang berasal dari Sulawesi Utara. Lagu ini begitu terkenal, dan sering diputar oleh masyarakat sekitar Penciptanya adalah Ifful OT dan Anwar Pasaribu. Liriknya menceritakan tentang seorang anak, yang sedang merindukan ibunya saat sedang menuntut ilmu.

Baca Juga : Download Lagu 123

5. Lagu Posisani

Lagu Posisani yang merupakan lagu daerah yang berasal dari Sulawesi Tengah, makna dari liriknya menceritakan tentang tarian perkenalan. Tarian ini dapat ditarikan untuk semua usia. Tarian yang bertempo cepat ini, juga merupakan tarian ajakan untuk menari bersama agar hati bergembira dan bahagia selalu.

6. Lagu Tana Wolio

Arti dari Lagu Wolio yang merupakan lagu dari daerah yang berasal dari Sulawesi Tenggara ini adalah nama suatu perkampungan di Kota BauBau. Penciptanya adalah La Ode Imaduddin ini Lirik dalam lagu tersebut menceritakan tentang daerah Wolio yang terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya. Selain itu, dalam lirik lagu tersebut juga berisi harapan untuk terus dapat melakukan pengembangan wisata yang dimiliki di daerah tersebut.