Washington (ANTARA) – Ketua Federal Reserve Jerome Powell berjanji pada Rabu (21/9/2022) bahwa ia dan sesama pembuat kebijakan akan “terus” berjuang untuk mengalahkan inflasi, ketika bank sentral AS menaikkan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase untuk ketiga kalinya berturut-turut dan mengisyaratkan bahwa biaya pinjaman akan terus meningkat tahun ini.

Dalam serangkaian proyeksi baru yang serius, The Fed memperkirakan suku bunga kebijakannya naik pada kecepatan yang lebih cepat dan ke tingkat yang lebih tinggi dari yang diperkirakan, ekonomi melambat hingga merangkak, dan pengangguran meningkat ke tingkat yang secara historis terkait dengan resesi.

Powell berterus terang tentang “rasa sakit” yang akan datang, mengutip meningkatnya pengangguran dan mengkhususkan pasar perumahan, sumber persisten dari kenaikan inflasi konsumen, sebagai kemungkinan membutuhkan “koreksi.”

Pada Rabu pagi, National Association of Realtors (NAR) melaporkan bahwa penjualan rumah yang ada atau existing home di AS turun untuk bulan ketujuh berturut-turut pada Agustus.

Amerika Serikat telah memiliki “pasar perumahan yang panas … Ada ketidakseimbangan besar,” kata Powell dalam konferensi pers setelah pembuat kebijakan Fed dengan suara bulat setuju untuk menaikkan suku bunga acuan bank sentral ke kisaran 3,00-3,25 persen . “Apa yang kami butuhkan adalah penawaran dan permintaan agar lebih selaras … Kami mungkin di pasar perumahan harus melalui koreksi untuk kembali ke tempat itu.”

Tema itu, tentang ketidaksesuaian yang terus berlanjut antara permintaan barang dan jasa AS dan kemampuan negara itu untuk memproduksi atau mengimpornya, berlangsung melalui konferensi pers di mana Powell terjebak dengan nada hawkish yang ditetapkan selama sambutannya bulan lalu di konferensi bank sentral Jackson Hole di Wyoming.

Data inflasi baru-baru ini menunjukkan sedikit atau tidak ada perbaikan meskipun Fed melakukan pengetatan agresif – juga mengumumkan kenaikan suku bunga 75 basis poin pada Juni dan Juli – dan pasar tenaga kerja tetap kuat dengan kenaikan upah juga.

Suku bunga dana federal yang diproyeksikan untuk akhir tahun ini menandakan 1,25 poin persentase lagi dalam kenaikan suku bunga yang akan datang dalam dua pertemuan kebijakan Fed yang tersisa pada 2022, level yang menyiratkan peningkatan 75 basis poin lainnya sebentar lagi.

“Komite sangat berkomitmen untuk mengembalikan inflasi ke targetnya 2,0 persen,” kata Komite Pasar Terbuka Federal (FOM), komite penetapan suku bunga bank sentral, dalam pernyataan kebijakannya setelah akhir pertemuan kebijakan dua hari.

The Fed “mengantisipasi bahwa kenaikan berkelanjutan dalam kisaran target (suku bunga)akan sesuai.”

Target suku bunga kebijakan The Fed sekarang berada di level tertinggi sejak 2008 – dan proyeksi baru menunjukkannya naik ke kisaran 4,25-4,50 persen pada akhir tahun ini dan berakhir 2023 di 4,50-4,75 persen.

Powell mengatakan jalur suku bunga yang ditunjukkan memperlihatkan The Fed “sangat bertekad” untuk menurunkan inflasi dari level tertinggi dalam empat dekade dan bahwa para pejabat akan “terus melakukannya sampai pekerjaan selesai” bahkan dengan risiko pengangguran meningkat dan pertumbuhan melambat. ke sebuah kios.

“Kita harus mendapatkan inflasi di belakang kita,” kata Powell kepada wartawan. “Saya berharap ada cara tanpa rasa sakit untuk melakukan itu. Tidak ada.”

Inflasi dengan ukuran pilihan Fed telah berjalan lebih dari tiga kali lipat dari target bank sentral. Proyeksi baru menempatkannya di jalur yang lambat kembali ke 2,0 persen pada 2025, pertempuran Fed yang diperpanjang untuk memadamkan serangan inflasi tertinggi sejak 1980-an, dan yang berpotensi mendorong ekonomi ke batas resesi.

The Fed mengatakan bahwa “indikator terbaru menunjukkan pertumbuhan moderat dalam pengeluaran dan produksi,” tetapi proyeksi baru menempatkan pertumbuhan ekonomi akhir tahun 2022 sebesar 0,2 persen, dan naik menjadi 1,2 persen pada 2023, jauh di bawah potensi ekonomi. Tingkat pengangguran, saat ini di 3,7 persen, diproyeksikan meningkat menjadi 3,8 persen tahun ini dan 4,4 persen pada 2023. Itu akan berada di atas kenaikan setengah poin dalam pengangguran yang telah dikaitkan dengan resesi masa lalu.

“The Fed terlambat untuk mengenali inflasi, terlambat untuk mulai menaikkan suku bunga, dan terlambat untuk memulai pembelian obligasi. Mereka telah mengejar ketinggalan sejak itu. Dan itu belum selesai,” kata Greg McBride, kepala analis keuangan di Bankrate.

Baca juga: Dolar naik ke puncak dua dekade, Fed indikasikan kenaikan lebih besar

Baca juga: Wall Street jatuh, investor cerna pesan suku bunga Fed yang “hawkish”

Baca juga: Harga minyak jatuh setelah Fed AS naikkan suku bunga 75 basis poin

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.