Suara.com – Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW I444 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Masjid UI, yang diselenggarakan di Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/10/2022).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Kepala Divisi Pendidikan Baznas RI Farid Septian dan Ketua Pelaksana Masjid Ukhuwah Islamiyah KH. Achmad Solechan, M.Si.

Baznas bersama DKM Masjid Ukhuwah Islamiyah UI juga berbagi kasih kepada 1000 anak yatim. Baznas mendistribusikan 500 makanan siap saji berupa ZChicken, santunan untuk anak yatim dan pemberian Paket Logistik Keluarga.

Dalam kesempatan terpisah, pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan H. Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si. menyambut baik peresmian UPZ Baznas Masjid UI ini. Menurutnya, pembentukan UPZ ini telah sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Baznas No.2 tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat.

Baca Juga:
Optimalkan Pengelolaan Zakat, Baznas Tingkat Daerah akan Semakin Diperkuat

“Dengan menjadi UPZ, maka masjid memiliki kewenangan untuk mengeluarkan bukti setor zakat yang dapat menjadi pengurang penghasilan kena pajak. Kerja UPZ juga telah mempunyai standar, sistem dan prosedur sehingga upaya pelayanan mustahik dan penanggulangan kemiskinan melalui ZIS bisa lebih terukur,” ujarnya.

Rizaludin mengatakan, para amil, yang selama ini mengelola zakat jamaah Masjid Ukhuwah Islamiyah UI juga dapat mengikuti berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya.

“Dalam pelaksanaannya, UPZ ini juga akan sesuai syariat Islam serta mengedepankan aman syar’i, aman regulasi, dan aman NKRI. Semoga UPZ ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pendidikan Baznas RI Farid Septian mengucapkan, “Alhamdulillah, di hari yang mulia ini kami dapat meresmikan UPZ Baznas Masjid UI, sebagai upaya bersama dalam mengoptimalkan potensi penghimpunan dan penyaluran zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di lingkungan Masjid UI.”

Farid berharap, hadirnya UPZ Baznas Masjid UI ini dapat memudahkan para akademisi, karyawan, mahasiswa dan mahasiswi di UI dalam menunaikan kewajiban ZIS-nya.

Baca Juga:
Baznas Buka Beasiswa Riset, Mahasiswa Bisa Skripsian Gratis!

Peresmian UPZ ini pun disambut baik oleh Ketua Pelaksana Masjid Ukhuwah Islamiyah KH. Achmad Solechan, M.Si.

“Kami berharap, hadirnya UPZ Baznas Masjid UI ini dapat menghimpun dan menyalurkan ZIS secara maksimal, guna bersama-sama memberikan kesejahteraan bagi umat.”


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.