“Kami sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang memberi ruang bagi Bawaslu dalam menyosialisasikan rekrutmen ini,” katanya.

Gorontalo (ANTARA) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan, untuk Pemilu serentak 2024.

“Kami berharap, banyak pendaftar yang ikut dalam rekrutmen ini,” kata Ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad, di Gorontalo, Sabtu.

Pihaknya, kata Lius, mulai mengumumkan rekrutmen tersebut sejak 15 September hingga 21 September.

Selanjutnya para peminat dapat memasukkan berkas lamaran sejak 21 September hingga 27 September 2022.

Sosialisasi diperluas melalui pengumuman di 11 kecamatan dan 123 desa yang ada di daerah itu.

Juga melalui beragam platform media sosial yang dimiliki Bawaslu. Termasuk memampang baliho pengumuman di tempat-tempat strategis, dan kantor desa, kecamatan, serta memanfaatkan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, termasuk yang digelar oleh pemerintah daerah.

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang memberi ruang bagi Bawaslu dalam menyosialisasikan rekrutmen ini,” katanya.

Dengan harapan, Panwaslu sebagai panitia yang dibentuk Bawaslu kabupaten/kota untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu, dapat berhasil memilih kader-kader pengawas di tingkat kecamatan.

Beberapa syarat umum yang harus dipenuhi, diantaranya berdomisili di wilayah setempat, dengan melampirkan kartu tanda penduduk elektronik.

Juga memasukkan surat lamaran dan syarat lainnya sesuai yang telah diumumkan.

Pelamar dapat mengirimkan berkas secara langsung atau mengantarkan ke kantor Bawaslu di Desa Molingkapoto, Kecamatan Kwandang.

Juga dapat mengirimkan berkas secara online, maupun melalui kantor pos.

“Seluruh persyaratan dan jadwal rekrutmen kami sampaikan terbuka melalui pengumuman yang mudah diakses oleh siapa saja,” imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.