JawaPos.com – Tidak semua bangunan eks wisma yang menjadi aset pemkot di Kupang Gunung Timur I dibongkar. Misalnya, bangunan nomor 27. Sebab, tempat tersebut bakal dijadikan Museum Dolly.

Kenangan kejayaan eks lokalisasi terbesar se-Asia Tenggara itu tersimpan di sana. Saat ini pengumpulan koleksi museum sedang dilakukan. Ada tiga aset pemkot di sana yang dimanfaatkan. Dua di antaranya sudah dibongkar.

Rencananya, eks wisma tersebut digunakan sebagai kantong pengunjung wisata. ”Untuk museum, bangunannya masih dipertahankan,’’ jelas Kabid Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Iman Krestian Kamis siang.

Iman mengatakan bahwa bangunan untuk museum tersebut kini masih dinormalisasi. Maklum, eks wisma tersebut sudah lama kosong. Sudah banyak bagian atap dan dindingnya yang rusak. Satgas dari DPRKPP saat ini sedang berfokus untuk itu. Proses renovasi dan sebagainya akan dilakukan akhir tahun ini.

Dia menjelaskan, museum akan menampilkan sejarah Dolly. Mulai zaman penjajahan Belanda hingga sekarang. Semua cerita itu disajikan di sana. Tujuannya, memberikan edukasi dan referensi sejarah Dolly. ”Saat ini kami masih mengumpulkan koleksi,’’ ucapnya.

Nanti beberapa nuansa bangunan eks wisma juga dipertahankan. Misalnya, bagian kamar. Dengan demikian, pengunjung bisa merasakan suasana Dolly pada saat itu. Dengan begitu, masyarakat bisa membandingkan dengan kondisi sekarang.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.