Wabup Lamongan Apresiasi Jasa TNI untuk Pembangunan Daerah, Sebut TMMD ke-114 Sejahterakan Warga

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Pelaksanaan serentak Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di beberapa daerah, juga menyentuh wilayah Kabupaten Lamongan. Lokasi yang menjadi target pembangunan lewat TMMD kali ini adalah Desa Tunggunjagir, Kecamatan Mantup yang melibatkan 206 personel gabungan TNI dan masyarakat sekitar.

Apel pembukaan TMMD ke-114 dengan lima program itu dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Lamongan, KH Abdul Rouf di lapangan Desa Tunggunjagir, Selasa (26/7/2022).

Kiai Rouf mengapresiasi langkah TNI yang hampir setiap tahun menempatkan TMMD di Lamongan. Dan apa yang dilakukan oleh TNI melalui TMMD, terbukti membuat masyarakat lebih sejahtera, kehidupan lebih baik, serta adanya rasa bangga di benak masyarakat karena infrastrukturnya juga sudah lebih baik.

“Sebagai operasi bakti yang dilaksanakan secara lintas sektoral bersama dengan masyarakat, TMMD berupaya mendukung percepatan pembangunan wilayah khususnya Kabupaten Lamongan,” papar Kiai Rouf.

Lima program TMMD di wilayah Lamongan sudah dilaksanakan pada pra-TMMD untuk warga Tunggunjagir. Di antaranya, pengerjaan jalan rabat beton sepanjang 1626 meter, normalisasi saluran irigasi, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) 10 unit, pemasangan gorong-gorong di 4 titik, dan penataan Sendang Lumbang.

Bahkan, tambah Kiai Rouf, dengan anggaran terbatas hasil TMMD sudah dapat dirasakan maksimal. “Dengan anggaran yang sangat terbatas tetapi hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat sekaligus sesuai sasaran,” puji Kiai Rouf.

Pemda juga patut mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0812 Lamongan atas terselenggaranya program TMMD yang menciptakan kemanunggalan TNI dengan masyarakat. “TMMD ini memberikan manfaat nyata dan bisa dirasakan oleh semua pihak, terutama masyarakat Desa Tunggunjagir,” tambahnya.

Menurutnya, apa yang dilaksanakan para prajurit TNI menjadi salah satu bakti TNI yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lamongan. “Program TMMD merupakan program kepedulian pemerintah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Komandan Kompi SSK TMMD ke-114 tahun anggaran 2022, Letda Infantri Andi Suryadinata mengatakan, sebelum pembukaan TMMD ke-114, sebenarnya telah dimulai pra-TMMD, yaitu penggarapan jalan rabat beton dan saat ini sudah mencapai 26,7 persen, RTlH 40 persen, pengerjaan gorong-gorong 100 persen terselesaikan, dan saluran irigasi 92 persen. “TMMD dilanjutkan Senin (26/7/2022) hingga 24 Agustus 2022,” kata Andi. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.