Sandiaga Beberkan Strategi Hadapi Era Disrupsi untuk Kebangkitan Ekonomi

Demak: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan sejumlah strategi bagi para pelaku ekonomi kreatif menghadapi era disrupsi. Salah satunya, terus melakukan inovasi dan adaptasi.
 
“Terus berinovasi adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan era disrupsi,” papar Sandiaga saat menghadiri acara Kelana Nusantara di Demak, Jawa Tengah, Selasa, 26 Juli 2022.
 
Selain meningkatkan inovasi dan adaptasi, Sandiaga mendorong para pelaku ekonomi kreatif berkolaborasi dengan semua pihak. Ia menegaskan sektor ekonomi kreatif merupakan ujung tombak kebangkitan ekonomi Indonesia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami harap forum ini bisa menjadi cikal bakal bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berjejaring mengembangkan sektor ekonomi kreatif, khususnya di Kabupaten Demak, sehingga dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” ungkap Sandiaga.
 
Sandiaga berharap kegiatan Kelana Nusantara bermanfaat bagi pelaku ekonomi kreatif, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pengusaha, hingga komunitas. Ia mengajak pemerintah daerah terus mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.
 
“Sehingga dapat terus menghasilkan karya dan turut andil dalam membangun pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” tutur dia.
 

Sandiaga mengatakan Kelana Nusantara merupakan wadah menyosialisasikan strategi pengembangan kabupaten/kota kreatif. Program ini juga jadi ajang menyosialisasikan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).
 
“Saya hadir di sini karena ingin mendengarkan ide-ide kreatif, membuka jejaring, sekaligus mengajak pemerintah Kabupaten Demak untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.
 
Ia berharap upaya pengembangan subsektor ekonomi kreatif unggulan ini dapat terus menciptakan peluang untuk menggerakkan perekonomian rakyat. Sehingga, industri ekonomi kreatif dapat terbangun dengan ide dan konsep menarik berbasis ke-khas-an daerahnya.
 

(AGA)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.