Merdeka.com – Ribuan demonstran di ibu kota Sri Lanka, Kolombo, menerobos barikade polisi dan menyerbu istana presiden pada Sabtu. Ini merupakan demo anti pemerintah terbesar di negara yang tengah dilanda krisis terburuk itu.

Video dari stasiun televisi NewsFirst menunjukkan, beberapa demonstran, membawa bendera Sri Lanka dan memakai helm, menerobos istana presiden, dikutip dari laman Al Arabiya, Minggu (10/7). Tuntutan utama para demonstran adalah meminta Presiden Gotabaya Rajapaksa mundur.

Negara kepulauan berpenduduk 22 juta jiwa itu sedang berjuang menghadapi kelangkaan mata uang asing yang membatasi impor bahan bakar minyak, makanan, dan obat-obatan. Hal ini menyebabkan Sri Lanka jatuh ke dalam krisis keuangan terburuk dalam 70 tahun.

Banyak pihak menyalahkan krisis ini pada Presiden Gotabaya. Demo besar yang menuntut presiden mundur juga berlangsung pada Maret lalu.

Menurut seorang saksi mata Reuters, ribuan orang memadati distrik pusat pemerintahan di Kolombo, meneriakkan slogan menentang presiden dan mencopot barikade polisi untuk menembus istana.

Polisi lalu mengeluarkan tembakan ke udara tapi tidak bisa menghentikan kemarahan massa yang datang dari sekeliling istana.

Reuters belum bisa mengonfirmasi terkait keberadaan presiden.

Kendati bahan bakar minyak (BBM) sedang langka yang menyebabkan layanan transportasi terhenti, para demonstran datang menggunakan bus, kereta api, dan truk dari sejumlah daerah menuju Kolombo untuk memprotes kegagalan pemerintah melindungi rakyatnya dari hancurnya perekonomian.

Seorang nelayan Sampath Perera (37), naik bus dari daerah pesisir Negombo yang berjarak 45 kilometer di utara Kolombo untuk ikut demo.

“Kami telah menyuruh (Presiden) Gota berulang kali untuk pulang kampung tapi dia masih mempertahankan kekuasaan. Kami tidak akan berhenti sampai dia mendengar kami,” ujarnya.

Perera adalah salah satu dari jutaan rakyat yang merasakan kelangkaan BBM dan inflasi yang menembus 54,6 persen pada Juni. Kelangkaan BBM mendorong pemerintah menutup sekolah dan meminta pegawai bekerja dari rumah. [pan]

Baca juga:
Presiden Sri Lanka Minta Bantuan Impor BBM ke Vladimir Putin
Stok BBM Menipis, Sri Lanka Kerahkan Pasukan Militer untuk Jaga Pom Bensin
Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Ambruknya Ekonomi Sri Lanka
Stok BBM Tinggal Satu Hari, Mengapa Sri Lanka Sampai Terjerat Krisis Ekonomi?
Sri Lanka Tutup Sekolah hingga Kantor Pemerintahan Akibat Krisis Ekonomi
Bukan karena Covid, Sri Lanka Tutup Sekolah dan Minta Pegawai Kerja dari Rumah