media-nasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, upacara kemerdekaan Indonesia tahun 2024 bakal diselenggarakan di IKN Nusantara. Tempatnya adalah di halaman istana kepresidenan yang baru dibangun di tempat itu.

“Kita upacara HUT kemerdekaan Indonesia ke-79 itu di halaman istana IKN. Kalau itu kejadian, kita semua saya yakini, kita semua akan semangat,” katanya dalam acara Pre Market Sounding Proyek IKN di Djakarta Theater, Selasa (18/10/2022)

Jokowi menginginkan IKN bisa menjadi kota modern baru di Indonesia pada tahun 2024. IKN sendiri akan mengusung konsep smart city dan smart living, serta ramah lingkungan.

“Dan 80% sumber energinya adalah berasal dari renewable industri. Mobil di sana nanti harus mobil listrik. Kemudian 80% transportasi umum adalah Autonomous Vehicle tanpa awak dan tanpa sopir,” katanya menambahkan

Pejalan kaki dan pengguna sepeda juga menjadi prioritas di IKN Nusantara. Sementara aksesibilitas bakal dimudahkan, di mana masyarakat bisa menjangkau ke berbagai lokasi hanya dalam 10 menit.

“Jarak tempuh ke mana-mana hanya dalam 10 menit. Inilah showcase transformasi indonesia. Showcase perubahan peradaban indonesia. Budaya kerja ini kita bangun di IKN adalah budaya produktif,” pungkas Jokowi.

Jokowi menyebut pemerintah membangun Nusantara sebagai kota pintar masa depan yang berbasiskan hutan dan alam. Menurutnya belum ada di dunia kota seperti Nusantara.

“Tolong dicarikan belum ada, ini yang membedakan ini yang nanti menjadi diferensiasi ibu kota kita dengan ibu kota negara-negara lain,” ujar Jokowi.