Populer Properti, Peran Arsitek dalam Menjaga Cagar Budaya hingga Aturan Feng Shui

Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Salah satunya peranan arsitek dalam pengembangan cagar budaya hingga aturan menempatkan furnitur menurut feng shui.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Kamis, 14 Juli 2022:

1. Peran Arsitek dalam Pengembangan Kawasan, Rehabilitasi GBK hingga Pasar Johar

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan peran dan dukungan arsitek Indonesia dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan pengembangan kawasan. Hal tersebut dapat dilihat pada upaya pelestarian pada bangunan dan kawasan cagar budaya.
 
Misalnya rehabilitasi Gelora Bung Karno dalam rangka Asian Games 2018, rehabilitasi Pasar Johar, renovasi Masjid Istiqlal, dan rehabilitasi Rumah Gadang di Solok Selatan. Upaya pelestarian ini dilakukan untuk memelihara bangunan atau kawasan cagar budaya sehingga tradisi budaya lokal tetap terpelihara. 
 
“Saya sadar bahwa ilmu arsitektur merangkum semua fungsi bangunan, struktur bangunan, serta estetika atau nilai seninya. Sehingga ke depan, semua pembangunan infrastruktur harus melibatkan arsitek, termasuk pembangunan jalan. Contohnya pada perkerasan tebing di Tol Cisumdawu, saya minta arsitek terlibat agar lebih bagus dan estetik,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Juli 2022.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Kenaikan Harga Komoditas Dongkrak Sektor Perumahan

Momentum kenaikan harga komoditas akibat kondisi global dapat dimanfaatkan dengan menghimpun pendanaan murah dari pasar modal untuk mendukung penyediaan rumah rakyat dan menjaga mesin ekonomi terus bertumbuh. Pasalnya, sektor perumahan diproyeksi akan ikut terdongkrak sejalan dengan kenaikan harga komoditas yang saat ini terjadi.
 
Direktur Finance PT Bank Tabungan Negara (BTN) Nofry Rony Poetra mengatakan berkaca dari fenomena boom commodity pada 2012-2013, harga rumah pun ikut mengalami kenaikan pertumbuhan di periode yang sama. Kenaikan harga tersebut merupakan cerminan dari tingginya permintaan akan rumah. 
 
Peningkatan harga rumah pada era boom commodity tersebut juga terpantau dari pertumbuhan indeks saham properti. “Pergerakan positif di sektor perumahan termasuk saham properti ini menjadi peluang bagi kami untuk menghimpun dana murah dari pasar modal guna menggarap peluang besar dari sektor perumahan,” jelasnya dalam webinar bertajuk “Pengaruh Kenaikan Harga Komoditas 2022 Bagi Sektor Perumahan” di Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022. 
 
Baca selengkapnya di sini

3. Catat! Ini Aturan Menempatkan Furnitur Menurut Feng Shui

Mendekorasi rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, dalam ilmu feng shui menempatkan furnitur atau perabot rumah tak bisa dilakukan dengan sembarangan.
 
Ada beberapa aturan yang menjadi pertimbangan dalam menempatkan furnitur. Beberapa posisi atau penempatan bakal mempengaruhi kehidupan penghuninya.
 
Berikut ini beberapa tips menempatkan furnitur di rumah dari perspektif feng shui
 
Baca selengkapnya di sini
 

(KIE)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.