Merdeka.com – Ketua Majelis Syura PKS, Salim Segaf Aljufri bersyukur bisa bertemu dan berdialog dengan tokoh lintas agama Jawa Barat sehingga bukan hanya saling memahami, saling bertoleransi, tapi juga mencari titik temu.

Dia menyampaikan ini dalam dialog kebangsaan dalam rangkaian Program Dr. Salim Menyapa Indonesia di Provinsi Jawa Barat. Tujuannya untuk mengokohkan semangat kolaborasi diantara elemen bangsa untuk menjawab berbagai permasalahan bangsa dan memajukan Indonesia.

Salim berharap PKS bisa terus menjalin silaturahmi terutama dengan tokoh lintas agama karena seluruh umat agama punya peran kebangsaan yang sama dalam menjaga dan memajukan Indonesia.

“Bangsa Indonesia Allah anugerahkan kekayaan alam yang luar biasa. Bangsa yang kaya ini juga diberi anugerah kemajemukan. Maka saya melihat kalau kita bisa bersatu, selalu mencari titik temu, siap bekerja sama dan berkolaborasi Indonesia akan cepat maju bahkan bisa berperan di tingkat global dalam menjaga perdamaian dunia sebagaimana amanat konstitusi,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7).

Salim menilai dialog lintas agama perlu sering dilakukan dengan ketulusan dan ditunjukkan dalam sikap keteladanan.

“Saya dengar tadi banyak testimoni almarhum Mang Oded, kader PKS, ketika menjadi Wali Kota Bandung kerap mengundang perwakilan umat beragama sehari sebelum hari besar agama untuk merayakan di balaikota. Keteladanan seperti ini yang kita perlukan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, begitu seseorang menjadi pemimpin harus mengakomodasi seluruh agama dan kelompok masyarakat.

“Dia harus pandai mengambil hati rakyat dan memenuhi hak-hak rakyat. InsyaAllah jika PKS ditakdirkan memimpin negeri ini apakah di level kota/kabupaten, provinsi, atau nasional, maka hak-hak umat beragama akan dijamin dan dimuliakan,” terangnya.

Dia menegaskan, semua umat beragama memiliki tujuan yang sama yaitu mengokohkan Pancasila, melaksanakan UUD 1945 dan mensukseskan tujuan bernegara yang termaktub di dalamnya sebagai cita-cita para pendiri bangsa.

“Keragaman agama, suku bangsa dan budaya harus menjadi modal dasar untuk mewujudkan tujuan tersebut,” pungkas Salim.

Sementara itu, tokoh lintas agama yang hadir dari Bandung Raya perwakilan FKUB, MUI, Tokoh Budha Tridarma, Tokoh Hindu, Tokoh Protestan, Tokoh Katolik, Komunitas Tionghoa, Tokoh Pembauran Indonesia, Vox Point Bandung, dan Kesbangpol Bandung. [fik]

Baca juga:
Bangkitkan UMKM dan Ekonomi Kreatif, PKS Gelar Salim Economy Expo
PKS: Ibadah Kurban Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama
PKB Koalisi dengan Gerindra, Salim Segaf PKS: Yang Dekat Bisa Bubar
Jalan PKS Munculkan Capres Alternatif di Pemilu 2024
Wabah PMK Meluas, Salim Segaf Minta Kader PKS Bantu Peternak
PKS: Anies Masuk Nominasi Capres, Punya Peluang Menang
PKS Tak Kapok Koalisi dengan Gerindra