media-nasional.com – Apa sajakah jenis-jenis asuransi jiwa? Mungkin asuransi jiwa merupakan asuransi yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda, apalagi semenjak banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi unitlink.

Tetapi apakah Anda tahu bahwa asuransi jiwa tidak hanya asuransi unitlink? Masih ada beberapa jenis asuransi jiwa lainnya. Mari kita simak rubrik berikut.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

Ada beberapa jenis asuransi jiwa yang masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda-beda.

Beberapa jenis asuransi jiwa ini bertujuan untuk melayani berbagai macam kebutuhan dan daya beli masyarakat. Di bawah ini adalah beberapa jenis asuransi jiwa di Indonesia.

#1 Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance ini fungsinya untuk memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja.

Asuransi jiwa ini biasanya menawarkan kontrak untuk 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun, dengan premi tetap dan terhitung murah.

Cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan biaya asuransi yang besar namun memiliki kemampuan keuangan yang terbatas.

Anda biasanya akan direkomendasikan memilih asuransi jiwa jenis ini jika Anda mengutamakan masa depan keluarga Anda terutama pendidikan anak dengan dana yang terbatas untuk membeli asuransi jiwa.

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Term Life vs Asuransi Jiwa Whole Life, Pilih Mana?]

Jika Anda memilih asuransi jiwa ini, beberapa keuntungannya adalah:

    Anda sebagai pemegang polis mendapatkan kebebasan dalam menentukan besarnya premi sesuai dengan kemampuan Anda. Premi asuransi jiwa berjangka relatif lebih murah dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya karena hanya melindungi tertanggung dalam jangka waktu tertentu.

    Uang pertanggungan yang bisa Anda peroleh sebagai pemegang polis bisa mencapai angka miliaran rupiah. Artinya, jika tertanggung meninggal dunia saat masa kontrak masih aktif, maka keluarga tertanggung akan mendapatkan uang pertanggungan yang cukup besar.

Sementara itu, kekurangan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:

Tertanggung akan kehilangan uang premi yang sudah dibayarkan atau premi hangus begitu kontrak selesai apabila tidak mengalami masalah kesehatan maupun meninggal dunia hingga masa kontrak selesai tersebut.

#2 Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi jiwa jenis seumur hidup atau whole life insurance ini memberikan perlindungan seumur hidup, meski biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat perlindungan hingga 99 tahun atau sebelum ulang tahun ke-100.

Keuntungan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:

    Pemegang polis dimungkinkan untuk mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan.

    Apabila Anda sebagai tertanggung tidak dapat membayar angsuran premi secara berkala, Anda bisa menggunakan nilai tunai dari premi yang sudah dibayar untuk membayar premi selanjutnya.

    Premi asuransi yang sudah Anda bayarkan tidak akan hangus jika tidak ada klaim. Saat kontrak berakhir, uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya.

[Baca Juga: Bisakah Saya Menggunakan Asuransi Kesehatan Saya Setelah 1 Bulan Saya Membeli Asuransi?]

Sementara itu kekurangan dari produk ini adalah:

    Preminya lebih besar ketimbang premi asuransi jiwa berjangka, bahkan bisa mencapai lebih dari dua kali lipatnya. Alasan dari premi yang tinggi ini adalah karena angka harapan hidup masyarakat Indonesia hanya 65 tahun untuk laki-laki dan 70 tahun untuk perempuan, sehingga kemungkinan klaim asuransi sebelum masa proteksi berakhir lebih tinggi.

    Nilai tunai dari total premi yang sudah dibayarkan tidak terlalu besar karena bunga untuk asuransi ini biasanya hanya sebesar 4% per tahun, dan angka ini belum dipotong pajak.

Asuransi jiwa ini direkomendasikan bagi Anda yang tidak punya tanggungan dan menginginkan manfaat yang lebih dari sekadar santunan kematian, atau Anda tertarik dengan ide tabungan jangka panjang.

Jadi, jika Anda menginginkan perlindungan jiwa sekaligus tabungan untuk kebutuhan darurat misalnya membayar biaya tagihan rumah sakit, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi jiwa jenis ini.

#3 Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Jenis asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance ini sesuai dengan namanya adalah asuransi yang memiliki dua manfaat, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan.

Artinya, pemegang polis dapat memperoleh uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi bersangkutan dan juga dapat menarik nilai tunai polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir atau di akhir kontrak asuransi.

Asuransi jiwa jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang lebih ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan untuk anak, ingin punya dana untuk kebutuhan tak terduga di masa depan, dan ingin punya dana pensiun yang lebih besar.

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Keuntungan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa mengambil nilai tunai polis asuransi jiwa ini bahkan sebelum masa kontrak berakhir, misalnya untuk dana pendidikan anak Anda. Namun penarikan dana ini hanya bisa dilakukan sekali dalam jangka waktu beberapa tahun sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.

    Jika misalnya Anda sebagai tertanggung masih hidup saat jangka waktu berakhir, maka Anda akan mendapatkan seluruh uang pertanggungan.

Sementara itu kekurangannya adalah:

    Karena jenis asuransi jiwa ini memiliki dua manfaat, yang seperti menggabungkan manfaat asuransi jiwa berjangka dengan asuransi jiwa seumur hidup, jadi preminya relatif mahal, bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya.

#4 Asuransi Jiwa Unitlink

Asuransi jiwa jenis unitlink ini menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi, dan paling sering ditawarkan oleh agen asuransi.

Jika Anda menginginkan fleksibilitas yang tinggi dalam memilih manfaat asuransi dan berbagai fiturnya termasuk fitur investasinya, Anda bisa memilih jenis asuransi jiwa ini. Asuransi unitlink seperti seluruh manfaat asuransi jiwa yang dikemas di dalam satu produk ditambah dengan investasi.

Keuntungan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:

    Jika Anda mengambil asuransi jiwa untuk jangka panjang, asuransi unitlink tergolong murah karena premi yang Anda bayarkan tetap setiap bulannya.

    Anda sebagai pemegang polis tidak hanya mendapatkan jaminan perlindungan saja melainkan juga imbal hasil investasi setiap tahunnya yang dapat digunakan untuk membayarkan kenaikan premi asuransi di masa depan, sehingga jumlah premi tiap bulan yang Anda bayarkan tidak berubah.

    Jika hasil investasi setiap tahunnya cukup tinggi, Anda dapat menikmati keuntungannya dengan menarik nilai tunainya atau membiarkannya berkembang lebih besar lagi untuk kebutuhan di masa depan.

Sementara kerugiannya adalah:

    Imbal balik dari investasinya tidak dijamin, artinya sangat ada kemungkinkan Anda mengalami kerugian investasi sehingga Anda harus menambah dana karena dana untuk membayar biaya asuransinya sudah tidak mencukupi.

    Biaya-biaya yang dikenakan kepada nasabah cukup besar, sehingga nilai tunai Anda tidak akan berkembang sebagaimana Anda berinvestasi di instrumen investasi lainnya. Jika Anda mencari keuntungan yang besar dari investasi, Anda sebaiknya tidak mengandalkan asuransi jiwa unitlink.

Lalu, bagaimana menurut ahli soal asuransi jiwa unitlink ini? Apakah asuransi jiwa jenis ini adalah pilihan yang terbaik untuk Anda?

Segera penuhi rasa penasaran Anda dengan mendengarkan para ahli mengulas langsung soal Asuransi Jiwa secara blak-blakan, dan memandu Anda untuk mendapatkan uang pertanggungan yang ideal untuk Anda dan keluarga, agar terhindar dari kerugian.

Belilah Asuransi Jiwa Sesuai Dengan Kebutuhan

Dengan mengetahui jenis asuransi jiwa yang ada, maka Anda dapat menyesuaikan perlindungan yang Anda inginkan dengan kebutuhan Anda dan perencanaan keuangan Anda.

Perlu Anda ingat bahwa sebelum Anda membeli polis asuransi jiwa, Anda disarankan mencari informasi sebanyak-banyaknya dan membandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi yang berkaitan dengan perlindungan yang ditawarkan dan besarnya premi yang harus Anda bayar.

Selain itu juga, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda, agar manfaat perlindungan yang Anda peroleh optimal.

Masih ada masalah keuangan yang belum bisa diatasi? Perencana Keuangan Finansialku siap membantu! Langsung konsultasikan keuangan Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah bersertifikat.

Hubungi kami melalui Menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku atau melalui link berikut ini Konsultasi Keuangan.

Anda juga dapat menjadwalkan konsultasi melalui WhatsApp.

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah informasi dalam artikel ini menambah wawasan dan berguna untuk Anda? Apakah ada teman-teman atau rekan Anda yang membutuhkan informasi ini juga?

Bagikan artikel ini untuk membantu mereka mendapatkan informasi ini dan menambah wawasan tentang pilihan asuransi yang tepat.

Sumber Gambar:

    Asuransi – https://goo.gl/SprLaj & https://goo.gl/tKupDH

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an