Pemerintah Akan Bangun TC Atlet Difabel di Karanganyar

Jakarta: Pemerintah Indonesia berencana mempersiapkan atlet difabel handal di masa depan, yakni dengan mendirikan Training Camp (TC) di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah.
 
Hal itu dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat wawancara dengan televisi pemerintah, TVRI, Selasa 26 Juli 2022 malam, terkait pembinaan berkelanjutan atlet disabel usai Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI 2022, pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang.
 
Kenapa dipusatkan di Karanganyar, karena di sana akan dilakukan sinergi dengan Universitas Negeri 11 Maret dan Rumah Sakit Suharso, dengan para atlet disabel Indonesia. Jadi, nantinya di Karanganyar ada pemusatan TC atlet, ada dokter, ada psikiaternya, yang akan mendukung pembinaan atlet berkesinambungan, sekaligus regenarasi atlet disabel ke depan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saat ini kita sudah mengantongi nama-nama atlet hasil Papernas Papua 2020 lalu,” ujar Zainudin.
 
Intinya, berkaca dari target Disain Besar Olahraga Nasional (DBON) saat Olmpiade Tokyo 2020 lalu, Indonesia yang ditargetkan tembus peringkat 60 dunia dari peringkat 76 di Olimpiade Rio da Janeiro Brasil 2016, justru tembus ke peringkat 43 dunia.
 
Terkait ASEAN Para Games XI, artinya akan selalu ada event untuk atlet Indonesia bertanding. Tak kalah dengan atlet non disabel, pemerintah Indonesia akan memperlakukan hal yang sama kepada atlet disabel. Bonus uang sudah disiapkan bagi atlet disabel yang meraih prestasi, atau yang sudah membela Indonesia di ajang seperti Asia Para Games, Paralimpic dan sebagainya.
 
Dimulai di ajang ASEAN Para Games XI di Solo 2022, para atlet disabel Indonesia sesuai cabang olah raga akan di tempatkan di satu penginapan dengan atlet negara lain. Tujuannya, agar atlet Indonesia berbaur dengan atlet negara lain, sekaligus menjadi bahan cerita atlet negara lain ketika pulang ke negaranya, tentang kesetaraan yang dilakukan pemerintah Indonesia.
 
Ada mimpi besar yang bakal diwujudkan Indonesia di perayaan 100 tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 2045. Target DBON salah satunya adalah menjadikan Indonesia berada di peringkat lima pesta olahraga Olimpiade. Pun begitu dengan para atlet difabel yang mengusung target juara umum di Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.
 

(RIZ)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.