Merdeka.com – Ada pemandangan langka terjadi saat pembukaan Turnamen Nusantara Open 2022. Terlihat potret keakraban Ketua Dewan Pembina Garuda Nusantara Akademi, Prabowo Subianto bersama Ketua PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Pembukaan itu dilakukan di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/7).

“Pertandingan ini, turnamen ini dimaksudkan dalam rangka untuk mencari bibit-bibit, pemain-pemain muda sepak bola yang bisa pada saatnya mengangkat nama bangsa Indonesia di forum olahraga dunia,” kata Prabowo saat sambutannya.

Turnamen yang memperebutkan Piala Prabowo Subianto itu diikuti oleh 16 kesebelasan usia 16 tahun dari berbagai daerah. Adapun pertandingan final sekaligus penutupan akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 31 Juli.

Prabowo yang juga merupakan Menteri Pertahanan RI itu menyebutkan bahwa olahraga merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Pasalnya, olahraga dapat mencerminkan pembangunan suatu bangsa.

“Rakyat yang sehat adalah rakyat yang kuat. Dapat membela bangsa itu, bukan bangsa yang lemah. Tidak dapat meraih suatu kemajuan. Kemajuan bangsa-bangsa di dunia ditentukan kemampuan rakyatnya untuk bekerja keras untuk meraih masa depan, meraih kesejahteraan, meraih kemakmuran,” katanya menambahkan.

Ia menganggap sepak bola sebagai sebuah analogi kehidupan. Menurutnya, hal itu pula yang membuat olahraga sepak bola mendunia di hampir seluruh bangsa.

“Seluruh bangsa bisa lihat di lapangan bola antara dua kesebelasan itu adalah analogi perjuangan hidup. Di situ diajarkan tidak mungkin karya satu orang atau dua orang. Keberhasilan adalah hasil saru tim. Tidak hanya 11 orang di lapangan,” terang Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sementara, Iwan Bule mengaki bangga dengan diselenggarakannya turnamen Nusantara Open 2022 yang mengusung tema “Sepak Bola Menyatukan Kita”.

Ia berharap, turnamen tersebut dapat melahirkan bibit-bibit unggul pesepak bola, sehingga bisa berkontribusi dalam memperkuat Tim Nasional Indonesia di kemudian hari.

“Terus terang saya gembira bisa diadakan acara ini saya yakin akan muncul bibit-bibit muda yang ke depan menjadi cikal bakal Timnas kita. Mengapa saya optimis karena saya melihat mereka yang ikut adalah pemain terbaik dari klub SSB (Sekolah Sepak Bola) Indonesia,” kata Iwan Bule. Seperti dikutip Antara.

[rhm]