Kompetitif Adalah, Kenali Ciri, Keunggulan dan Kekurangannya

media-nasional.com – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompetitif adalah suatu sikap yang berhubungan dengan persaingan atau kompetisi. Sementara, kompetisi adalah kegiatan mencapai tujuan dengan mengalahkan orang/kelompok lain.

Kompetisi dalam arti positif menggunakan keunggulan yang dimiliki agar bisa mengungguli lawannya. Sedangkan dalam arti negatif, kompetisi tidak dilakukan dengan sportif dan melanggar aturan.

Kompetitif sering digambarkan dengan ciri kepribadian. Thomas J. Stanley dalam bukunya Millionaire Mind mengatakan, kesuksesan individu akan dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu kepribadian kompetitif.

Teori tentang sifat kompetitif dibahas dalam berbagai bidang. Simak penjelasan arti kompetitif, ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kompetitif, keunggulan dan kekurangannya di bawah ini.

Dikutip dari e-book TOP 10 SOFT SKILLS (Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0) oleh Latfhifatuddini, S.Pd.I, M.Pd., secara umum, kompetitif adalah sikap yang terbentuk untuk mengungguli orang lain dalam suatu persaingan.

Setiap individu pada dasarnya dikendalika keinginan berkompetisi. Individu yang memiliki sikap kompetitif akan sadar, siap, dan berani bersaing. Selama dalam kompetisi, orang kompetitif selalu berusaha keras menjadi pemenang.

Dalam kegiatan bisnis, Endin Suhanda dalam modul bertajuk Model Penumbuhan Sikap Kompetitif Melalui Metode Bercerita menyatakan sikap kompetitif artinya keinginan, dorongan, atau motivasi kuat untuk bersaing memberikan produk dan layanan terbaik pada konsumen.

Sistem Informasi Manajemen Bisnis oleh Edi Surya Negara Romindo menjelaskan, keunggulan kompetitif menjadi pertimbangan membangun strategi usaha. Memelihara keunggulan kompetitif akan membantu meningkatkan laba atau keuntungan usaha dalam jangka panjang.

Dalam dunia kerja, karyawan dengan sikap kompetitif akan membandingkan capaiannya dengan rekan terdekat satu tim Hal itu ia lakukan untuk menemukan kepuasan tersendiri atas hasil kerja yang sudah didapatkan.

Individu yang kompetitif akan memiliki harga diri yang lebih tinggi. Pasalnya, ia merasa tidak ingin kalah dari orang lain. Beberapa orang bisa lebih kompetitif daripada orang yang lain.

Dirangkum dari e-book Kebaikan Akhlak dan Budi Pekerti oleh Retno Widyastuti dan e-book karya Lathifatuddini, S.Pd.I, M.Pd., ciri-ciri orang dengan sifat dan jiwa kompetitif adalah:

Mengutip buku Manajemen Konflik oleh Arizona, Neni Noviza dan Mesari, keunggulan kompetitif, yaitu:

Itu tadi penjelasan arti kompetisi, sikap untuk berusaha unggul dari pesaingnya. Salah satu alasan mengapa harus memiliki jiwa kompetitif adalah agar mendorong kita bisa berusaha lebih keras dalam mencapai tujuan.

Detikers jadi lebih paham bukan, bagaimana ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kompetitif? Semoga bermanfaat!