Merdeka.com – Penyelidikan kematian Briptu J di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo masih terus mengalir. Dugaan mencuat Briptu J ditembak sesama anggota Polri.

Menanggapi kasus itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut berkomentar. Dia menyebut proses hukum sedang berjalan di kepolisian, terlebih telah ditangani tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

“Kan sudah ada yang ngurus,” kata Prabowo usai menghadiri pembukaan Kongres Fatayat NU di Palembang, Jumat (15/7).

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk menindaklanjuti insiden kasus baku tembak antar personel polisi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, pada Jumat (8/7) lalu.

“Kita ingin semuanya ini bisa tertangani dengan baik. Oleh karena itu, saya telah membentuk tim khusus,” kata Sigit saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (12/7).

Selain instansi internal Polri, tim khusus ini juga melibatkan rekan-rekan dari eksternal yakni Kompolnas dan Komnas HAM agar proses hukum nantinya bisa lebih transparan.

“Satu sisi kami juga sudah menghubungi rekan-rekan dari luar dalam hal ini Kompolnas dan Komnas HAM terkait isu yang terjadi sehingga di satu sisi kita tentunya mengharapkan kasus ini bisa dilaksanakan pemeriksaan secara transparan, objektif,” ucapnya.

Diketahui, Brigadir J ditemukan tewas bersimbah darah di dekat tangga di sebuah rumah pada Jumat (8/7) sekira 17.00 WIB. Ada barang bukti berupa senjata, selongsong serta proyektil peluru.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Brigadir J tewas usai terlibat baku tembak dengan Bharada RE.

Polisi yang menyelidiki kasus ini menyebut, peristiwa ini diawali dari pelecehan sekual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap istri dari Kadiv Propam. Tak cuma itu, Brigadir J juga disebut menodongkan menggunakan pistol ke kepala istri Kadiv Propam.

Aksi Brigadir J diketahui oleh Bharada RE yang juga berada di dalam rumah. Bharada RE bertanya baik-baik apa yang sebenarnya terjadi kepada Brigadir J, namun tak dijawab Brigadir J malah melepaskan tembakan. [cob]

Baca juga:
Wakapolri Sambangi Komnas HAM, Koordinasi Kasus Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam
Komnas HAM-Timsus Polri Sepakat Jalan Sendiri-Sendiri Ungkap Kematian Brigadir J
Ini Hasil Pertemuan Komnas Perempuan & Polda Metro Terkait Istri Irjen Sambo
Kematian Brigadir J Banyak Kejanggalan, Keluarga Minta Polisi Transparan
DPR Saran Kadiv Propam Dinonaktifkan selama Pengusutan Kasus Baku Tembak Anak Buah