FIBA Asia Cup: Indonesia Punya Kans Mengalahkan Australia

Jakarta: Asisten pelatih timnas bola basket putra Indonesia Johannis Winar meyakini skuadnya punya peluang untuk menaklukan Australia pada laga ketiga Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta, Sabtu 16 Juli mendatang. Menurutnya, itu tak mustahil terjadi jika Marques Bolden dkk tampil sesuai rencana.
 
“Kalau kita bermain dalam suatu sistem, percaya satu sama lain dengan fighting spirit, tetap ada kans kami menang,” kata Johannis dalam keterangan FIBA Asia Cup, Jumat (15/7/2022).
 
Meski demikian, Johannis mengakui bahwa Australia jauh lebih diunggulkan dari berbagai sisi. Tim bola basket berjuluk Boomers itu merupakan tim ranking tiga dunia, sementara Indonesia berada di posisi 95. Negeri Kanguru itu juga merupakan tim yang sering langganan tampil dalam Piala Dunia FIBA 2023.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun fakta tersebut tak lantas membuat timnas basket Indonesia menciut Johannis menilai bahwa siapa pun lawannya, yang terpenting adalah mengontrol diri sendiri.
 
Sementara itu, sesi latihan timnas Indonesia sebelum menghadapi Australia hanya diikuti oleh para pemain cadangan di GBK Arena, Jumat 15 Juli. Itu terjadi karena para pemain inti sedang diistirahatkan agar bisa tampil maksimal pada esok hari.
 
“Kondisi para pemain dalam kondisi fit, tidak ada yang cedera dan siap bertanding,” terang Johannis.
 
Indonesia memang gagal mendapatkan kemenangan kedua dari laga penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 setelah kalah 65-74 dari Yordania, Kamis 14 Juli. Namun, Indonesia masih berpeluang lolos ke perempat final sebagai juara grup maupun playoff sebagai tim peringkat dua atau tiga dari Grup A.
 
Meski demikian peluang Indonesia untuk jadi juara grup cukup pelik sebab mereka wajib mengalahkan Australia sambil berharap Arab Saudi mampu menaklukkan Yordania.
Apabila Yordania menang atas Arab Saudi, Indonesia harus mengalahkan Australia dengan selisih minimal 14 poin.
 
Sementara untuk menuju playoff perempat final, Indonesia sudah dipastikan lolos berkat kemenangan besar atas Arab Saudi. Indonesia hanya perlu menunggu hasil laga Arab Saudi vs Yordania untuk memastikan lolos sebagai tim peringkat kedua atau ketiga.
 
Jika Yordania menang, Indonesia akan finis di peringkat ketiga dan akan menghadapi runner-up Grup B yang dihuni Korea Selatan, Tiongkok, Taiwan dan Bahrain. Sementara jika Arab Saudi yang menang dengan selisih keunggulan di bawah 43 poin, Indonesia akan menjadi runner-up grup A. (ANT)

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.