media-nasional.com – Forum Human Capital Indonesia BUMN mempromosikan keberagaman dan kesetaraan (Diversity and Inclusion) dalam dunia usaha maupun dunia kerja melalui SOE International Conference sebagai bagian dari rangkaian kegiatanPresidensi G20 Indonesia.

Sekretaris Jenderal Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN Dharma Syahputra menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada FHCI untuk bisa hadir dalam SOE International Conference.

“Kami bersama Kementerian BUMN mendorong tema Diversity and Inclusion di BUMN karena menurut kami isu ini sangat penting untuk diangkat, tidak hanya untuk BUMN Indonesia, tetapi juga menjadi isu global. Diversity and Inclusion sudah menjadi isu yang global,” ujar Dharma kepada ANTARA di Nusa Dua, Bali, Selasa (18/10).

Riset dari International Labour Organizations(ILO) menyatakan bahwa isu keberagaman itu sangat penting dan akan dapat mendorong terjadinya inovasi dan produktivitas dalam dunia usaha.

“Oleh karena itu, kami membawa tema ini dalam SOE International Conference. Kami percaya untuk membangun ekosistem diversity andinclusion memerlukan kerja sama, perubahan pola pikir, terutama untuk mempersiapkan dan dapat menerima adanya perbedaan, keragaman, dan cara berpikir yang inklusif,” kata Dharma.

Menurut ia, tantangan dalam melakukan upaya initidak mudah. Oleh karena itu,FHCI mengajak kalanganprofesional dan pemimpin pelaku usaha melalui SOE International Conferenceperlu membangun komitmen bersama dengan didukung perubahan pola pikirserta adanya keterbukaan.

“Dengan demikian, kami FHCI dan Kementerian BUMN dalam hal ini hadir di SOE International Conference untuk mempromosikan isu diversity andinclusion,” kata Dharma.

Apabila isu ini diperhatikan, lanjutnya, hal tersebut menjadi kunci dalam pembangunan inovasi, produktivitas dan budaya kerja yang lebih baik lagi.

Kementerian BUMN menyelenggarakan SOE International Conference & Expo 2022 dengan tema “Driving Sustainable and Inclusive Growth” pada 17-18 Oktober 2022 di Nusa Dua, Bali.

Gelaran ini merupakan bagian dari dari Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) Road to G20.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakanSOE International Conference merupakan bagian dari inisiatif pemerintah Indonesia untuk menginformasikan kepada komunitas internasional mengenai transformasi BUMN yang dilakukan dan menjelaskan pentingnya BUMN bagi rakyat Indonesia.