Erick Thohir Pindahkan Kawasan Industri Pulogadung ke Subang

media-nasional.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana akan memindahkan kawasan industri Pulogadung yang dikelola PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) ke Subang, Jawa Barat.

Menurutnya, selain bertujuan untuk pengembangan ekosistem di Jawa Barat, juga dapat mengurangi polusi di Ibukota. Hal tersebut juga telah dibahas dalam pertemuannya bersama PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Kawasan industri itu tidak cocok lagi di tengah kota, menambah polusi dan harus pindah, ujarnya di Lobby Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Erick memaparkan, pembahasan dengan pemerintah daerah karena sebesar 50% saham JIEP dimiliki oleh BUMN melalui PT Danareksa (Persero). Sementara sisanya milik Pemprov DKI Jakarta.

Erick mengungkapkan, Jawa Barat memiliki potensi yang besar untuk menjadi pusat pertumbuhan baru. Hal itu didukung dengan adanya berbagai akse infrastruktur mulai dari Bandara Kertajati yang berfokus pada pelayanan kargo, Pelabuhan Patimban, jalan tol, hingga kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan segera beroperasi nanti

“Makanya saya mendorong yang namanya kawasan industri baru di Subang. Pak Heru punya cita-cita di Jakarta Timur,” tuturnya.

Erick menambahkan, penguatan ekosistem di Jawa Barat juga tercermin dari integrasi transportasi publik Jakarta dan Bandung. Nantinya, LRT, kereta cepat Jakarta-Bandung, dan KRL akan menjadi satu kesatuan.

“Kemarin Gubernur Jabar juga sudah membuat pernyataan, bukan tidak mungkin titik akhir kereta cepat menjadi bagian dari perbaikan fasilitas untuk pusat pemerintah Jabar. Inilah sinergi yang kita dorong sama-sama,” pungkasnya.