Merdeka.com – Kabar tentang boneka asal Thailand berisi tuyul dan bisa mencuri uang beredar di media sosial. Dalam unggahannya, disertakan foto boneka diklaim berisi tuyul yang bisa mencuri uang dan membuat pemiliknya kaya.

Berikut narasinya:

PERHATIAN !! ⚠️⚠️‼️

Hati2 jika anda jln2 ke mall atau ke mana sj kl ketemu org bawa boneka seperti ini.Janganlah anda dekatin mrk dan pegang2 bonekany sambil mengucpkan kata2 “lucunya….atau cantiknya…pd boneka itu”.Krn itu bukan boneka biasa, tapi itu adlh boneka asal Thailand yg ada isinya(kuasa gelap/setan.Kl di indonesia istilahnya TUYUL).Khususnya di Medan,skrg sdh byk org miliki boneka itu.Dan di Jakarta jg sdh ada yg pelihara. Teman2…jika anda ada ketemu org yg bw boneka seperti itu di mall atau di manapun jg,sebaiknya pura2 tidak melihat,atau jgn dekati mrk. Sebab jika anda mrs tertarik dan dekatin boneka itu,memegangnya dan ucapkan kata2 lucunya/cantiknya, saat itu jg magicnya mulai bekerja, bayang2 boneka itu akan mengikuti org tsb sampai rmh,dan akan terjadi hal aneh,uang org tsb akan sering hilang secara misteri.Krn boneka itu adalah sejenis tuyul yg bisa mencuri uang org yg suka pdnya.Boneka itu skrg sdh byk dipelihara Org yg malas kerja tapi berambisi jd org kaya,hati2 krn sdh ada berkeliaran di Medan dan di Jakarta.Siapapun pemilik boneka itu pastinya ada perjanjian dg setan yaitu hrs memelihara boneka itu dg baik layaknya anak sendiri. Dan tentu sj hrs ada tumbalnya…,” tulis akun Facebook.

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari Turnbackhoax, Luk Thep (boneka dari Thailand) lebih berfungsi sebagai jimat pembawa keberuntungan, berbeda dengan Tuyul yang biasanya dipekerjakan untuk mencuri.

Sementara itu, wolipop.detik.com, orang-orang di Thailand memiliki budaya mengadopsi boneka yang diberi nama Luk Thep atau Dewa Anak. Boneka-boneka ini konon dihuni oleh roh anak-anak dan diyakini bisa membawa keberuntungan serta kekayaan bagi pemiliknya.

Mengadopsi boneka Luk Thep ini begitu tren di Thailand dan baru mereda pada 2016. Dan kini tren tersebut, seperti dikutip World of Buzz sampai ke Malaysia. Menurut China Press, boneka Luk Thep ini telah ditemukan di Malaysia dan beredar di media sosial. Dari pesan yang viral di WhatsApp, warga Malaysia diberikan peringatan agar tidak menyentuh atau berdekatan dengan boneka menyeramkan itu.

Boneka Luk Thep dianggap mengandung ilmu hitam yang dapat menghipnotis orang lain. Boneka itu juga bisa menjadi alat santet. Meskipun ini belum dikonfirmasi, Time telah melaporkan sebelumnya bahwa ada seorang wanita bernama Mama Ning yang mengklaim memulai tren memiliki boneka Luk Thep ini sekitar 10 tahun lalu. Dia mengatakan dirinya juga membuat boneka itu dengan memasukkan jiwa anak-anak sehingga boneka tersebut dapat hidup. Dia mengaku menjalani proses spiritual untuk mencocokkan boneka dengan orang yang ingin mengadopsinya.

Dalam pesan yang viral di Malaysia juga dikatakan bahanya mengadopsi boneka yang sekilas terlihat seperti anak kecil sungguhan itu adalah saat memilikinya orang tersebut harus seumur hidup menjaganya Selain itu memiliki boneka tersebut juga bagaikan memiliki anak karena harus dirawat dan diurus mulai dari diberi makan, mandi, berpakaian, dan bahkan membawanya keluar jalan-jalan.

Meski sebagian besar warga Malaysia meyakini pesan yang viral mengenai boneka Luk Thep ini adalah hoax, ada juga yang menganggap pesan tersebut sebagai bentuk perhatian agar lebih waspada. Kejahatan dengan hipnotis hingga kini masih marak terjadi, baik dengan medium boneka atau langsung dilakukan oleh pelaku kriminalitas.

Kesimpulan

Boneka asal Thailand berisi tuyul ternyata tidak benar. Boneka tersebut bernama Luk Thep. Meski sama-sama mistis dan diisi mahluk halus, tapi Luk Thep dianggap sebagai jimat dan pembawa keberuntungan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-4721364/boneka-mistis-yang-dipercaya-bisa-bikin-kaya-ini-bikin-heboh-di-malaysia
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4201038/cek-fakta-boneka-asal-thailand-berisi-tuyul-dan-bisa-mencuri-uang-ini-faktanya
https://turnbackhoax.id/2019/09/28/salah-kalau-di-indonesia-istilahnya-tuyul/

[noe]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.