media-nasional.com – Bagaimana kualitas pemimpin supaya menjadi seorang pemimpin yang hebat? Temukan jawaban dari pertanyaan ini pada rubrik berikut ini.

Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Kualitas Pemimpin yang Hebat Dapat Anda Pelajari

Sepanjang kurun waktu 50 tahun terakhir ini, sejumlah indikator pemimpin berkualitas telah diidentifikasi dari para pemimpin hebat.

Setidaknya ada tujuh poin yang perlu dilakukan jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang berkualitas.

Setiap ciri dan kualitas tersebut dapat Anda pelajari dan dengan latihan, pengulangan, serta pengalaman. Dengan melakukannya Anda akan semakin berkualitas dan sukses dalam memimpin.

[Baca Juga: 20 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol Sampai Jadi Pengusaha Sukses]

7 Kualitas Pemimpin Hebat

Para pemimpin hebat memiliki visi, keberanian, integritas, kerendahan hati, serta fokus pada tujuan mereka.

Mereka juga mampu merencanakan kolaborasi yang strategis di dalam tim yang mereka pimpin.

Mari bahas satu per satu setiap kualitas kepemimpinan tersebut.

#1 Visi

“Good business leaders create a vision, articulate the vision, passionately own the vision, and relentlessly drive it to completion.” –Jack Welch

“Pemimpin bisnis yang baik menciptakan sebuah visi, mengartikulasikan visi, dengan penuh semangat memiliki visi, dan tanpa henti membawanya kepada penyelesaian.”

Pemimpin besar memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan mereka dan apa yang ingin mereka capai.

Dalam hal ini, mereka memiliki kemampuan untuk melihat masa depan serta kemampuan untuk melakukan perencanaan strategis.

Kualitas inilah yang membedakan pemimpin dengan para manajer.

Memiliki visi yang jelas mengubah individu menjadi orang yang semakin spesial. Visi ini mengubah “manajer transaksional” menjadi “pemimpin transformasional”.

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

#2 Keberanian

“Courage is rightly considered the foremost of the virtues, for upon it, all others depend.” – Winston Churchill

“Keberanian dianggap sebagai yang paling baik dari kebajikan, karena di atasnya, semua orang lain bergantung.”

Salah satu kualitas terpenting dari seorang pemimpin yang berkualitas adalah memiliki keberanian.

Memiliki keberanian berarti Anda bersedia mengambil risiko dalam mencapai tujuan Anda walaupun tanpa jaminan kesuksesan.

Pasalnya tidak ada kepastian dalam hidup atau bisnis. Setiap komitmen yang Anda buat dan setiap tindakan yang Anda ambil tentunya berisiko gagal.

#3 Integritas

“With integrity, you have nothing to fear, since you have nothing to hide. With integrity, you will do the right thing, so you will have no guilt.” –Zig Ziglar

“Dengan integritas, Anda tidak perlu takut, karena Anda tidak menyembunyikan apapun. Dengan integritas, Anda akan melakukan hal yang benar, jadi Anda tidak akan bersalah.”

Dalam setiap sesi seminar dan pelatihan yang ia pimpin, Brian Tracy menyatakan bahwa integritas merupakan salah satu nilai pokok penting untuk menentukan kualitas pemimpin.

Hal ini sangat disetujui oleh para eksekutif yang berkumpul dalam seminar-seminar yang ia adakan.

Mereka sepakat tentang pentingnya kejujuran yang utuh dalam segala hal yang mereka lakukan, baik secara internal maupun eksternal.

Integritas mensyaratkan bahwa Anda selalu mengatakan yang sebenarnya kepada semua orang dalam setiap situasi.

Kejujuran adalah sifat dasar yang diperlukan untuk sukses baik dalam kepemimpinan maupun bisnis.

[Baca Juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Mengorbankan Kebahagiaan Anak-anak]

#4 Kerendahan Hati

Kerendahan hati merupakan salah satu kualitas yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin.

Larry Bossidy, mantan CEO Honeywell dan penulis buku Execution, menjelaskan mengapa karakteristik kepemimpinan, seperti kerendahan hati, membuat Anda menjadi pemimpin yang lebih efektif.

“The more you can contain your ego, the more realistic you are about your problems. You learn how to listen, and admit that you don’t know all the answers. You exhibit the attitude that you can learn from anyone at any time. Your pride doesn’t get in the way of gathering the information you need to achieve the best results. It doesn’t keep you from sharing the credit that needs to be shared. Humility allows you to acknowledge your mistakes.” – Larry Bossidy

“Semakin Anda mempertahankan ego Anda, semakin nyata setiap masalah Anda. Belajarlah untuk mendengarkan, dan mengakui bahwa Anda tidak tahu semua jawabannya. Anda menunjukkan sikap yang bisa Anda pelajari dari siapapun, pada kondisi apapun. Kebanggaan Anda tidak menghalangi pengumpulan informasi yang Anda perlukan untuk mencapai hasil terbaik. Itu tidak menghalangi Anda berbagi pengetahuan yang perlu dibagi. Kerendahan hati membuat Anda mengenali kesalahan Anda.”

Pemimpin besar adalah mereka yang kuat tapi juga rendah hati.

Kerendahan hati bukan berarti Anda lemah atau tidak percaya diri, melainkan Anda memiliki rasa percaya diri dan kesadaran diri untuk mengenali nilai orang lain tanpa merasa terancam.

Inilah salah satu sifat yang jarang dimiliki oleh pemimpin yang baik karena memerlukan kontrol ego dari dalam dirinya.

Ini berarti bahwa Anda bersedia mengakui kesalahan yang Anda lakukan dan Anda menyadari bahwa Anda mungkin tidak memiliki semua jawabannya.

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

#5 Perencanaan yang Strategis

“Strategy is not the consequence of planning, but the opposite: it’s the starting point.” – Henry Mintzberg

“Strategi bukanlah konsekuensi dari perencanaan, tapi sebaliknya: ini adalah titik awal.”

Pemimpin hebat menonjol dalam perencanaan strategis. Ini adalah salah satu kekuatan kepemimpinan yang penting.

Mereka perlu memiliki kemampuan untuk mengantisipasi dengan secara akurat dengan pengamatan yang jeli ke arah mana industri dan pasar sedang berjalan.

Pemimpin yang berkualitas perlu memiliki kemampuan untuk mengantisipasi tren, jauh sebelum pesaing mereka. Mereka harus terus bertanya:

“Berdasarkan apa yang terjadi hari ini, seperti apakah kondisi pasar pada esok hari? Kemungkinan seperti apa yang akan terjadi dalam tiga bulan, enam bulan, satu tahun dan dua tahun?”

Pengamatan itu mereka lakukan melalui perencanaan strategis yang bijaksana.

Hanya para pemimpin dan organisasi yang bisa mengantisipasi pasar masa depan secara akuratlah yang bisa bertahan.

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

#6 Fokus

“Successful people maintain a positive focus in life no matter what is going on around them. They stay focused on their past successes rather than their past failures, and on the next action steps they need to take to get them closer to the fulfillment of their goals rather than all the other distractions that life presents to them. – Jack Canfield

“Orang-orang sukses mempertahankan fokus positif dalam hidup, tidak peduli apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka tetap fokus pada kesuksesan masa lalu mereka daripada kegagalan masa lalu mereka, dan pada langkah-langkah tindakan selanjutnya yang perlu mereka ambil untuk mendekatkan mereka pada pemenuhan tujuan mereka daripada semua gangguan lain yang diberikan kehidupan kepada mereka.”

Pemimpin selalu fokus pada kebutuhan perusahaan dan situasi yang terjadi di sekitar.

Pemimpin memusatkan perhatian pada hasil pencapaian, pada apa yang harus dicapai oleh mereka sendiri, oleh orang lain, dan oleh perusahaan yang ia pimpin.

Pemimpin besar berfokus pada kekuatan yang ada dalam dirinya dan juga dalam diri orang lain.

Mereka berfokus pada kekuatan organisasi, pada hal-hal yang dilakukan oleh perusahaan dalam memuaskan tuntutan para pelanggan di tengah pasar yang semakin kompetitif.

Kemampuan membuat keputusan dan manajemen waktulah yang akan berdampak pada kemajuan perusahaan.

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

#7 Kerja Sama

“If your imagination leads you to understand how quickly people grant your requests when those requests appeal to their self-interest, you can have practically anything you go after.” – Napoleon Hill

“Jika imajinasi Anda membawa Anda untuk memahami seberapa cepat orang memberikan permintaan Anda saat permintaan tersebut menarik bagi kepentingan pribadi mereka, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda cari.”

Kepemimpinan adalah kemampuan membuat orang bekerja untuk Anda karena mereka menginginkannya.

Pahami aturan 20/80 berikut ini.

Dua puluh persen dari orang-orang yang bekerja sama dengan Anda akan berkontribusi sebesar 80 persen dari hasil Anda.

Kemampuan Anda untuk memilih orang-orang tersebut dan kemudian bekerja sama dengan baik setiap hari sangat penting untuk kelancaran perputaran roda perusahaan dan juga fungsi organisasi di dalamnya.

Lakukan kerja sama dengan orang lain dan buatlah komitmen untuk bergaul dengan setiap orang penting setiap hari.

Anda selalu punya pilihan saat mengerjakan tugas: Anda bisa melakukannya sendiri atau Anda bisa meminta orang lain melakukannya untuk Anda. Mana yang akan Anda pilih?

Pemimpin yang Efektif juga Adalah Seorang yang Komunikator

Sifat penting lainnya yang perlu dimiliki para pemimpin hebat adalah kemampuan berbicara secara efektif dan persuasif.

Berbicara di depan orang banyak bisa menjadi kelemahan dari para calon pemimpin yang sukses. Namun, ini tetap bisa dipelajari.

Taklukkan ketakutan Anda dan Anda akan menjadi pemimpin yang hebat.

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Brian Tracy. The Top 7 Leadership Qualities & Attributes of Great Leaders. Briantracy.com – https://goo.gl/3Kd3EA

Sumber Gambar:

    Kualitas Pemimpin – https://goo.gl/rQrfhJ

    Kualitas Pemimpin yang Hebat – https://goo.gl/NWjvPs

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis