media-nasional.com – Apakah ada cara melunasi hutang kartu kredit bagi Anda usia 30an yang hutangnya seabrek?

Setiap kali Anda mengajukan pinjaman, muncul risiko terjerat hutang. Jika Anda tidak melakukan perhitungan dan analisa yang tepat, maka sangatlah mudah untuk terjerumus dalam tumpukan hutang.

Sama halnya dengan hutang kartu kredit yang bisa menjadi malapetaka keuangan.

Rubrik Finansialku

Belajar Bertanggung Jawab

Terjerat dalam tumpukan hutang sudah menjadi hal yang umum dewasa ini.

Semakin banyak produk perbankan berupa pinjaman yang membuat masyarakat kerap kali mengandalkan hutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mulai dari kredit rumah, mobil, hingga smartphone terbaru.

Namun, satu hal yang sering dilupakan para debitur, terdapat risiko yang besar saat Anda memutuskan untuk meminjam uang. Salah satunya yaitu terjerat hutang yang tiada habisnya.

Salah satu penyebab hutang yang paling umum adalah kartu kredit. Bagaimana tidak? Penggunaan kartu kredit yang mudah dan praktis memungkinkan banyak orang untuk memiliki dan menggunakannya.

[Baca Juga: Apakah Anda Mengajukan Hutang Untuk 4 Pengeluaran Ini? Celaka Kalau Anda Pakai Hutang untuk Alasan Nomor 3]

Sekali saja Anda melupakan tanggung jawab dalam menggunakan kartu kredit, disitulah hutang mulai muncul.

Lalu bagaimanakah solusinya? Caranya mudah, Anda harus lebih bertanggung jawab akan pinjaman yang Anda ajukan.

Dengan meminjam uang menggunakan kartu kredit, maka secara otomatis Anda berhutang. Anda harus memiliki komitmen untuk mengembalikannya tepat waktu.

Untuk lebih jelasnya, Finansialku mengajak Anda melihat 6 cara melunasi hutang kartu kredit untuk Anda usia 30an yang hutang kartu kreditnya seabrek:

#1 Buat Daftar Hutang Anda

Pada usia 20an, Anda masih bisa menikmati pembelajaran. Anda masih memiliki waktu untuk gagal dan memulai kembali. Namun, waktu berjalan dengan cepat, dan kini saatnya Anda memasuki dekade baru.

Usia 30an menuntut Anda untuk lebih serius, dimana tantangan baru muncul dan kini semuanya lebih nyata. Bagaimana tidak, di usia 30an Anda mulai mempersiapkan keluarga dan bisnis untuk masa depan.

[Baca Juga: Apakah Melunasi Hutang Kartu Kredit dengan KTA Bisa Jadi Solusi?]

Anda perlu merefleksikan kesalahan pada usia 20an untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Jika Anda masih membawa kesalahan dan beban hutang dari usia 20an, maka kini saatnya menghentikannya!

Hutang tidak akan bisa selesai jika Anda tidak mengetahuinya. Anda perlu menjabarkan setiap hutang berikut tanggal jatuh temponya untuk menentukan prioritas pembayaran.

Sisihkanlah waktu untuk duduk sejenak dan menuliskan seluruh daftar hutang yang menumpuk itu, dan Anda sudah siap menentukan prioritas pembayaran.

#2 Stop Hutang Kartu Kredit yang Baru

Dewasa ini, perekonomian semakin sulit sehingga kredit atau hutang dijadikan solusi bagi kebutuhan hidup dan pengeluaran yang konsumtif.

Sayangnya, jika tidak digunakan dengan bijak, kredit atau hutang bisa menjadi bencana keuangan. Sebelum Anda jatuh ke “lubang hutang” yang dalam, lebih baik STOP semua hutang dan cicilan yang bersifat konsumtif!

Kalau memang pada usia 30an Anda belum bisa nabung, jangan pernah mikir untuk:

    Ambil cicilan smartphone,

    Ambil cicilan mobil baru,

    Renovasi kamar,

    Renovasi dapur, dan sebagainya.

[Baca Juga: 30 Checklist Keuangan dan Cara Menabung Usia 30 an. Apakah Anda Sudah Punya yang Nomor 8?]

Jika Anda masih berpikir demikian, artinya Anda masih belum memprioritaskan menabung. Jika tidak diprioritaskan, maka Anda tidak perlu membaca tips selanjutnya, karena tidak akan bermanfaat.

Jika Anda tidak memikirkan diri Anda sendiri, maka coba pikirkan anak Anda. Jika Anda tidak mempersiapkan dana pendidikan anak, maka dari mana uang untuk biaya sekolah dan kuliah anak Anda?

Sekedar info, untuk membukakan mata Anda, 7 dari 10 Mahasiswa di Amerika bayar kuliah pakai hutang. Setelah lulus kuliah, mahasiswa tersebut langsung menanggung beban hutang yang cukup besar.

Tidak percaya? Cobalah baca artikel berikut ini:

[Baca Juga: Gila! Hutang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

#3 Tambah Penghasilan

Seberapa jauh perkembangan finansial Anda hingga kini? Anda perlu mengetahui perkembangannya untuk memotivasi Anda mencapai tujuan keuangan.

Selain itu, evaluasi juga memungkinkan Anda menemukan kesalahan dan mencari solusinya.

Seharusnya, pada usia 30an Anda sudah sadar akan apa yang seharusnya Anda lakukan. Salah satunya adalah menyelesaikan masalah yang sudah dibuat pada usia 20an.

Menyelesaikan masalah dapat terwujud jika disertai tindakan yang berarti. Salah satu cara aktif dalam melunasi hutang adalah dengan berhemat. Anda bisa mencicil hutang lebih cepat jika memiliki uang lebih.

[Baca Juga: Jangan Apply Kartu Kredit Sebelum Anda Ketahui 23 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Ini]

Namun bagaimana jika semua cara penghematan sudah dicoba dan hutang tetap menumpuk?

Itulah pertanda Anda perlu mencari solusi lain, karena berhemat sudah dilakukan sampai titik darah penghabisan. Cobalah solusi baru, yaitu dengan memperoleh pemasukan lebih.

Caranya bisa dengan mencari pekerjaan sampingan, bisnis online, menyalurkan hobi atau keahlian, menjadi freelance, dan sebagainya.

Dengan pemasukan lebih, Anda bisa melunasi hutang lebih cepat.

#4 Fokus Lunasi 1 Hutang Kartu Kredit

Jika ingin cepat terbebas dari lilitan hutang, Anda perlu fokus dan membuat prioritas pelunasan hutang.

Tentukan hutang mana yang sebaiknya dilunasi terlebih dahulu dan bayar lebih dari yang diharuskan pada hutang tersebut.

Sedangkan hutang lainnya bisa dilanjutkan dengan pembayaran minimum.

Tetapi hutang mana yang sebaiknya dilunasi terlebih dahulu?

Terdapat banyak metode dalam menentukan prioritas pelunasan hutang kartu kredit, misalnya saja memulai dari yang bunganya paling tinggi terlebih dahulu.

[Baca Juga: 2 Cara Lunasin Hutang: Debt Snowball vs Debt Stacking, Bagus Mana?]

Mari kita lihat beberapa metode penentuan prioritas pelunasan hutang dari yang terlambat sampai tercepat:

#1 Strategi Terlambat: Hanya Melakukan Pembayaran Minimum

Walaupun merupakan jalan yang sangat lambat dan salah, ternyata masih banyak orang yang menganut strategi ini.

Menurut studi terkini, 29% pengguna kartu kredit menggunakan strategi bayar minimum ini.

Jangan sampai Anda menjadi salah satunya lho.

Sederhananya, bayar minimum mengakibatkan semakin banyak bunga yang harus Anda bayar, sehingga semakin lama waktu Anda untuk bisa melunasi hutang. Dengan demikian strategi ini sebaiknya hanya digunakan untuk mencicil hutang yang bukan merupakan prioritas utama.

Kelebihan strategi ini adalah kecilnya besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Kekurangannya banyak, seperti bunga yang semakin menumpuk, hutang semakin membengkak, dan waktu pelunasan semakin lama.

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

#2 Lebih Cepat: The Debt Snowball Method by Dave Ramsey

Cara kerja strategi ini adalah membuat ranking dari sisa pokok hutang yang paling rendah ke yang paling tinggi dengan mengabaikan besaran bunga yang harus dibayar.

Jika Anda memilih metode ini, maka Anda akan melunasi hutang yang minimal terlebih dahulu dan mengalokasikan uang Anda untuk membayar di waktu pembayaran berikutnya.

Namun, kekurangan dari metode ini adalah Anda akan menghabiskan uang lebih banyak untuk membayar bunga kredit Anda.

#3 Tercepat: Debt Avalanche atau Debt Stacking

Caranya adalah membuat ranking dari bunga yang paling tinggi ke yang paling rendah. Strategi debt stacking menyarankan untuk membayar minimum semua tagihan atau cicilan Anda. Kemudian fokus melunasi hutang dengan bunga paling besar.

Kelebihan strategi debt stacking adalah Anda dapat menghemat pembayaran bunga. Sedangkan kekurangannya adalah dibutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan hutang pertamanya.

Nah, silakan gunakan strategi yang sesuai untuk Anda melunasi hutang dengan fokus pada 1 hutang terlebih dahulu. Selamat mencoba!

#5 Kartu Kredit Lainnya Bayar Di atas Minimum Payment

Pada poin sebelumnya Anda sudah tahu bahwa membayar dengan nominal minimum hanya akan memperlambat pelunasan hutang dan memperbanyak hutang Anda. Solusi yang paling mudah adalah dengan membayar tepat jumlah dan tepat waktu.

Namun, Anda bisa membayar lebih dari jumlah minimum untuk melunasi hutang lebih cepat. Tetapi perhatikan kondisi keuangan Anda ya! Jika tidak memungkinkan untuk membayar lebih, cobalah mencari penghasilan tambahan.

Jika memang memungkinkan untuk membayar lebih, lakukan sekarang juga!

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA Beserta Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan]

Kami yakin Anda pasti bisa melunasi seluruh hutang lebih cepat dengan cara ini, buktikan sekarang juga!

Jika Anda berhasil, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman seusia Anda yang juga terlilit hutang seabrek. Dengan demikian, Anda ikut membantu teman-teman Anda untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dan bebas hutang.

#6 Lakukan Cara 4 – 5 Sampai Terlunasi Semua

Langkah terakhir adalah dengan mengulang langkah 4 – 5 sehingga seluruh hutang Anda terlunasi semua.

Memang langkahnya akan terasa panjang dan berat, namun setelah semuanya selesai Anda bisa memulai hidup baru yang lebih baik dan sejahtera.

Anda tidak akan lagi dihantui beban hutang yang terus mengikuti kemanapun Anda pergi dan Anda akan merasa lebih tenang dan bebas.

[Baca Juga: Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi]

Untuk menghindari hal serupa terjadi di kemudian hari, perbaiki pengaturan keuangan Anda.

Finansialku menyediakan e-book berisi panduan pengaturan keuangan untuk usia 30an yang dapat Anda gunakan sebagai arahan dalam memulai kehidupan keuangan yang baru.

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Keledai Tidak Jatuh Dua Kali di Tempat yang Sama

Layaknya peribahasa, “keledai tidak akan jatuh dua kali di tempat yang sama”. Artinya, jika seekor keledai pun tidak ingin jatuh di tempat yang sama untuk kedua kalinya, seharusnya Anda juga bisa untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama!

Kami yakin Anda juga bisa melunasi seluruh hutang setelah membaca artikel ini. Setelah itu, jangan sampai Anda jatuh ke lubang yang sama lagi, yaitu “lubang hutang”.

Hindari hutang baru dengan cara menabung. Jangan hanya mengandalkan kartu kredit. Ingatlah bahwa berhutang itu gampang, yang sulit adalah melunasinya.

Dengan prinsip tersebut, Anda bisa terbebas dari hutang pada tahun 2017 ini dan hidup bebas hutang di tahun-tahun selanjutnya.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara melunasi hutang kartu kredit untuk usia 30an lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana keuangan kami siap membantu Anda. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Nancy L. Anderson. 19 Februari 2017. 3 Simple Steps Can Get You Out Of Credit Card Debt This Year. Forbes.com – https://goo.gl/GVs9GW

    Rob Berger. 15 Desember 2016. The Fastest (And Slowest) Way To Pay Off Credit Card Debt. Forbes.com – https://goo.gl/pp7nVB

    Jeff Rose. 11 Februari 2016. 30 Financial Rules That Every 30 Year-Old Should Know (or risk going broke). Goodfinancialcents.com – https://goo.gl/xRsvmR

Sumber Gambar:

    Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit – https://goo.gl/fsS4Mt dan https://goo.gl/sAQrXF

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an