Resmikan Penggunaan Asrama, Gobel Harap Santri Semangat Belajar

Boalemo: Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel meresmikan dan menyerahkan penggunaan asrama untuk santri di Pondok Pesantren Al Khairaat di Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Fasilitas yang baik diyakini memberikan semangat pada santri untuk belajar.
 
“Pembangunan sumber daya manusia itu yang utama dan fasilitas yang baik akan memberikan semangat pada santri untuk belajar lebih baik,” kata Gobel dalam pidatonya yang diterima melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Juli 2022.
 
Asrama tersebut berlantai dua dan sudah lengkap dengan lemari, kasur, dan ranjang. Pondok pesantren yang diasuh Ustaz Abdul Ghowi Jafar itu dibangun melalui program pembangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, program itu tersalurkan berkat program aspirasi Gobel. Melalui pola yang sama, pada kesempatan itu juga diserahkan 200 program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), yaitu bantuan untuk pembagunan rumah untuk masyarakat miskin yang dikelola Kementerian PUPR. Tiap bantuan bernilai Rp20 juta.
 
Sementara itu, Ustaz Ghowi menyampaikan terima kasih kepada Gobel atas bantuan pembangunan asrama tersebut. Namun, ucapan terima kasih itu lantas dijawab Gobel dengan mempersilakan pihak pondok pesantren mengucapkan syukurnya kepada pemerintah.
 
“Berterima kasihlah kepada Pak Presiden Jokowi dan kepada pemerintah pusat, karena beliau yang memiliki program. Saya menangkap dan menyalurkan aspirasi rakyat sehingga program tersebut sampai ke sini. Pak Ustaz ini menyampaikan aspirasinya ke saya dan saya memperjuangkannya ke pemerintah pusat, ke PUPR,” kata Gobel.
 
Gobel menyatakan dirinya memang memiliki kepedulian terhadap pembangunan sumber daya manusia. Dia mengingatkan yang utama dalam memajukan suatu bangsa adalah pembangunan sumber daya manusia.
 
“Karena itu faktor terpenting, berkelanjutan, dan menentukan masa depan generasi penerus,” kata dia.
 

Dalam pembangunan sumber daya manusia ini, kata Gobel, semua pibhak terkait harus bekerja dengan hati dan fokus. Dia menegaskan pembangunan sumber daya manusia khususnya di Gorontalo adalah untuk bangsa dan negara.
 
“Jadi, tolong dijaga dan dirawat,” kata Gobel.
 
Gobel menyebut membangun sumber daya manusia adalah membangun peradaban. Menurut dia, membangun peradaban menyangkut banyak hal termasuk merawat bangunan, menjaga kebersihan, pola berpikir, dan pola perilakunya.
 
“Ada tata nilai, tata pikir, dan tata fisiknya,” katanya.
 
Dia menekankan pembangunan sumberdaya manusia adalah kunci bagi kemajuan bangsa. “Jadi tak boleh main-main dalam masalah ini,” tegas Gobel.
 

(JMS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.