Habiskan Rp288 Miliar, Flyover Kopo Resmi Beroperasi. Tak Macet Lagi?

2 menit

Diresmikannya Flyover Kopo, Bandung, oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Sabtu (1/10/2022) lalu, diharapkan mampu mengurai kemacetan.

Lebih khusus, adanya flyover ini adalah bentuk upaya guna mengurai kepadatan kendaraan bermotor yang sering kali terjadi di persimpangan Kopo, Cibaduyut, dan Pasir Koja.

Tak hanya itu, dengan rute sepanjang 1,3 kilometer, Hedy Rahadian juga mengatakan bahwa warga yang melintas bisa mempersingkat waktu tempuh.

“Daerah ini sangat padat khususnya pada pagi hari saat jam berangkat kerja. Dengan adanya flyover ini bisa menghemat waktu yang sebelumnya 30 menit sekarang kalau lancar mungkin hanya satu menit,” tuturnya dalam keterangan tertulis dilansir pu.go.id.

Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta, Kopo, dan diharapkan bisa jadi solusi serta menjadi jalur utama bagi para pengguna jalan yang berada di wilayah Cimahi-Bandung, serta penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Flyover Kopo Habiskan Biaya Hingga Rp288 Miliar

sumber: prfmnews.pikiran-rakyat.com

Masih menurut sumber yang sama, pekerjaan konstruksi flyover Kopo mulai dibangun pada November 2021 dan selesai September 2022.

Adapun biaya atau anggaran dari proyek infrastruktur tersebut menghabiskan dana Rp288 miliar yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Selain itu, pembangunan jalan layang ini dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR dengan kontraktor PT Pembangunan Perumahan Tbk.

Di sisi lain, Ditjen Bina Marga melalui BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat pun melakukan pelebaran Jl. Soekarno-Hatta di sisi selatan sepanjang 1,7 km.

Sementara berbicara kapasitas, flyover ini mampu memuat 4.000 kendaraan per jam untuk kedua arahnya.

Tambahan Ornamen Karya Ridwan Kamil

peresmian flyover

sumber: balebandung.com

Dalam penuturannya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan mendapat penugasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono guna menambahkan beberapa ornamen ikon wilayah setempat.

Bahkan, flyover ini juga bakal dihiasi dengan monumen Cibaduyut yang hingga kini dikenal masyarakat luas sebagai sentra industri sepatu.

“Masukan Pak Menteri PUPR, ada ornamen agar siang hari tidak terlihat terlalu rata, karena flyover ini menggunakan lampu teknologi baru yang diletakkan di bawah sehingga tidak ada lampu vertikal,” kata pria yang akrab disapa Emil tersebut.

“Atas arahan Pak Menteri saya akan coba, tempat ini jadi membanggakan secara fungsi dan estetikanya,” tambahnya.

***

Itulah informasi mengenai flyover Kopo, Property People.

Semoga ulasannya bermanfaat, ya.

Baca informasi menarik dan terbaru di Google News Berita 99.co Indonesia.

Jangan lupa kunjungi 99.co/id dan rumah123.com untuk menemukan hunian idaman, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Salah satunya seperti Nuansa Alam Setiabudi Clove yang berada di kawasan Bandung.

Artikel ini bersumber dari www.99.co.