media-nasional.com – Pada Minggu, 18 September 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama dengan pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mengadakan Festival budaya dengan tema “Renjana Swarnadwipa”. Festival ini sukses diselenggarakan di Candi Muaro Jambi.

Adapun pelaksanaan Festival ini yakni guna meningkatkan kembali kepada masyarakat tentang sejarah dan peradaban kebudayaan yang pernah ada di sekitar KCBN (Kawasan Cagar Budaya Nasional) Muaro Jambi sehingga dapat lebih dikenal luas, Hilmar Farid selaku Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek mengatakan bahwa festival ini merupakan realisasi pemajuan kebudayaan sebab mendorong masyarakat dan ilmuwan untuk menggali makna dan kebesaran sejarah KCBN Muaro Jambi.

Adapun acara pada festival ini yakni pagelaran Renjana, Tari Tradisional dari berbagai etnis, peluncuran Virtual Tour Candi Muaro Jambi, Senandung Jolo, Area Akulturasi, Permainan dan Lomba Tradisional Desa Senaung, Workshop, Talkshow, hingga pameran beberapa UMKM yang ada di Jambi. Festival ini juga menghadirkan musisi terkenal Vidi Aldiano, Mustache and Beard, juga lebah begantong.

Banyak UMKM yang ikut memeriahkan Festival ini dengan membuka stand/tenant yang berisi produk UMKM yang mereka ikuti.

“Dengan diadakannya Festival ini sangat membantu untuk mempromosikan produk-produk brand saya” ujar Rina pemilik UMKM makanan/cemilan Gubuk Nenas, Selain UMKM yang berjalan di Industri kuliner ada juga UMKM yang bergerak di industri kerajinan tangan seperti Brand Gonau yang menjual berbagai kerajinan tangan yang terbuat dari rotan, kemudian ada UMKM bernama Batik Duo Serangkai yang menyediakan berbagai macam produk yang dikolaborasikan dengan Batik Khas Jambi, selain itu juga ada UMKM Lapis Angso Duo yang menjual berbagai cemilan seperti lidah kucing dengan rasa pandan juga cinnamon (Kayu manis).

Pada kesempatan ini Tim CDC Witel Jambi mencoba untuk memperkenalkan Aplikasi UKM Access kepada para UMKM yang berpotensi untuk mengembangkan usahanya.

Aplikasi UKM Access ini merupakan strategi digital Telkom Indonesia untuk membantu mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia agar dapat dengan cepat dan praktis bergabung sebagai mitra binaan Telkom Indonesia. Pada umumnya jika suatu UMKM ingin melakukan peminjaman dana sebagai upaya untuk mengembangkan UMKM-nya diarahkan untuk datang ke kantor yang menjadi tempat untuk peminjaman dana kemudian melengkapi berkas Hardcopy.

Telkom Indonesia memiliki strategi digital yang memungkinkan calon mitra binaan melakukan pendaftaran secara digital, data-data dapat dimasukkan secara online dan pastikan nomor ponsel yang dimasukkan aktif karena kode otp akan dikirmkan melalui nomor yang didaftarkan.

Aplikasi UKM Access merupakan strategi Telkom untuk mempermudah mitra binaan melakukan proses registrasi. UKM Access hanya dapat di download melalui playstore berbasis android. Pada aplikasi ini juga memungkinkan para mitra binaan melakukan pengiriman foto secara digital karena dari aplikasi ini sendiri disediakan tempat untuk melakukan proses foto yang diperlukan yakni foto produk, foto pemilik UMKM.

Referensi :

https://www.liputan6.com/news/read/4894397/festival-renjana-swarnadwipa-ajak-masyarakat-kenal-kawasan-cagar-budaya-nasional-muaro-jambi

https://www.antaranews.com/berita/3126065/festival-renjana-ajak-masyarakat-kenali-kebesaran-kcbn-muaro-jambi

KOMPASIANA ARENA

    Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 101 Kanker Paling Mematikan

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 100 Ragam Batik Nusantara

Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 101 Kanker Paling Mematikan

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 100 Ragam Batik Nusantara