Cara Membersihkan Sendiri Interior Mobil Terlihat Baru

Saat pandemi Covid-19, aktivitas kita di luar rumah jadi lebih terbatas termasuk dalam urusan membersihkan interior mobil. Tapi, kamu tak perlu khawatir karena ada banyak cara bersihkan interior mobil di rumah yang mudah dan pastinya lebih hemat. 

Interior mobil penting dijaga kebersihannya agar mobil tidak cepat rusak dan nyaman saat digunakan. Apalagi jika kamu memiliki alergi debu, hal ini sangat penting dilakukan.

Apabila kamu berpikir salah satu cara bersihkan interior mobil itu harus membeli alat-alat yang mahal, kamu keliru. Sebab, kita bisa kok menggunakan alat-alat yang ada di rumah untuk membersihkan interior mobil. 

Artikel ini akan membahas cara membersihkan mobil bagian dalam secara umum dengan alat-alat yang tersedia. Sebab cara membersihkan interior mobil ertiga, atau cara membersihkan interior mobil innova, atau mobil-mobil lainnya pun hampir serupa. Mobil kamu pun akan lebih nyaman dan terlihat seperti baru. Yuk, cek cara bersihkan interior mobil di sini. 

Cara cuci jok mobil #1: jangan biarkan jok berdebu

Ada beberapa jenis bahan jok mobil yang biasanya digunakan, seperti dari bahan kain, kulit, dan juga imitasi. Cara pembersihannya pun berbeda-beda bergantung pada jenis bahan yang digunakan. 

Agar mobil terlihat baru, jok mobil adalah salah satu komponen yang wajib dibersihkan. Apalagi setelah digunakan untuk bepergian jauh. Berikut ini cara bersihkan interior mobil bagian jok sesuai dengan bahan jok mobil.

1. Jok mobil berbahan kulit

Untuk membersihkan jok mobil dengan bahan kulit, kamu butuh beberapa peralatan seperti lap kain yang halus, kuas, dan juga vacum cleaner. Berikut ini adalah tips cara cuci jok mobil berbahan kulit.

  • Bersihkan jok mobil dan sela-sela jok mobil menggunakan vacum cleaner atau bisa juga dengan kuas hingga bersih.
  • Setelah bersih, siapkan larutan pembersih khusus jok mobil kulit yang bisa kamu beli di e-commerce atau bengkel interior mobil.
  • Sebaiknya beli cairan khusus bahan kulit agar tetap awet dan jok tidak mudah retak.
  • Gosok hingga bersih dan kamu bisa mengulanginya setiap 3-4 bulan sekali atau saat jok mulai kotor.

2. Jok berbahan kain

Peralatan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda, seperti lap bersih, vacum cleaner dan juga kuas. Berikut ini adalah tips cara cuci jok mobil berbahan kain.

  • Bersihkan debu-debu menggunakan vacum cleaner atau kuas hingga bersih.
  • Setelah bersih, kemudian siapkan air hangat dengan cairan khusus pembersih interior mobil atau detergen.
  • Celupkan kain pada larutan detergen air tersebut kemudian diperas dan gosokkan secara perlahan pada jok mobil yang kotor. Gosok hingga kotoran pada jok terangkat. Gosok dengan gerakan searah dan pelan-pelan saja agar kain pada jok mobil tidak mudah rusak.
  • Bersihkan lagi sisa-sisa kotoran dan sabun dengan lap yang sudah dicelupkan pada air bersih.
  • Untuk finishing, segera bersihkan dengan handuk bersih hingga kering.
  • Jok kamu pun akan terlihat seperti baru. 

3. Jok berbahan imitasi

Berikut ini adalah beberapa tips cara cuci jok mobil berbahan imitasi dari Lifepal.

  • Siapkan lap bersih dan celupkan pada air. Bersihkan bagian jok yang kotor atau ada noda.
  • Apabila noda susah hilang, kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya.
  • Keringkan menggunakan handuk kering apabila sudah bersih.

Sebagai perlindungan ekstra, kamu juga bisa loh menambahkan seat cover agar jok mobil kamu tetap bersih. Jadi, nantinya kamu tinggal mencuci seat cover tersebut. 

Cara bersihkan interior mobil #2: Singkirkan debu dari dashboard

Setelah membersihkan jok, bagian interior mobil lainnya yang wajib kamu bersihkan adalah dashboard. 

Seperti yang kita tahu, dashboard adalah salah satu komponen mobil yang mudah sekali berdebu karena letaknya di bagian depan. 

Cara bersihkan interior mobil bagian dashboard ini pun cukup mudah. Siapkan alat pembersih interior dalam mobil seperti lap, vacuum cleaner, atau pembersih lainnya seperti kemoceng. Berikut beberapa cara bersihkan interior mobil bagian dashboard.

  • Bersihkan debu-debu halus yang terlihat menggunakan kemoceng atau juga vacum cleaner. Agar lebih bersih dan bisa membersihkan debu di sela-sela AC mobil, kamu bisa menggunakan vacum cleaner.
  • Agar lebih kinclong, semprotkan cairan pembersih khusus untuk dashboard dan gosok secara perlahan menggunakan lap bersih.
  • Hati-hati jangan sampai larutan pembersih mengenai area elektronik yang ada di dashboard.
  • Keringkan dengan handuk bersih dan dashboard kamu pun akan terlihat seperti baru. 

Cara bersihkan interior mobil #3: Lap kaca mobil

Kaca mobil juga termasuk komponen yang wajib dibersihkan, baik kaca di bagian dalam dan kaca di bagian luar. Hal ini dilakukan agar saat berkendara pandangan kamu jadi lebih jelas. 

Kamu hanya membutuhkan beberapa peralatan seperti lap microfiber, kemoceng atau bisa juga vacuum cleaner. Berikut beberapa cara bersihkan interior mobil bagian kaca-kaca.

  • Bersihkan debu-debu yang menempel menggunakan kemoceng atau juga vacuum cleaner. Bersihkan hingga ke sela-sela kaca.
  • Semprotkan cairan khusus pembersih kaca kemudian gosok perlahan hingga kaca terlihat kinclong.
  • Lebih berhati-hati saat mengelap bagian dalam kaca belakang karena terdapat alat pemanas anti kabut yang sensitif dan mudah rusak. Sebaiknya ikuti garis pemanas saat membersihkannya.

Cara bersihkan plafon mobil #4: Bersihkan juga karpet mobil

Jangan lupa juga untuk membersihkan plafon mobil, ya! Mungkin jika dilihat sekilas plafon mobil tidak terlalu kotor dan tidak perlu harus dibersihkan. Padahal penting untuk menjaga kebersihan bagian ini. Berikut beberapa tip cara bersihkan plafon mobil dari Lifepal.

  • Bersihkan bagian plafon mobil hingga ke sela-sela menggunakan kuas atau sikat kecil atau bisa dengan vacuum cleaner. 
  • Semprotkan bagian yang kotor menggunakan cairan khusus dan lap menggunakan kain bersih yang lembut seperti kain microfiber
  • Hindari menggunakan air sabun karena bisa membuat plafon jadi cepat rusak/
  • Keringkan menggunakan kain bersih.

Karpet mobil sering terlupakan

Bagian karpet mobil biasanya yang paling kotor. Hal ini karena karpet mobil sering terkena alas kaki penggunanya. 

Bukan hanya debu, karpet mobil bisa juga terkena kotoran seperti bekas makanan hingga pasir. Sehingga wajib dibersihkan rutin apalagi setelah digunakan untuk liburan atau perjalanan jauh. 

Beberapa cara bersihkan interior mobil bagian karpet adalah, pertama kamu harus mengeluarkan karpet terlebih dahulu dari mobil kemudian kebas-kebaskan hingga kotoran rontok. Kemudian bersihkan menggunakan air mengalir dan sikat hingga bersih. Jemur dan keringkan. 

Sambil menunggu karpet kering, kamu bisa membersihkan bagian-bagian bawah karpet dan bawah jok menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan hingga ke sela-sela agar bersih dan kinclong. Jika karpet sudah kering, kamu bisa pasang lagi pada mobil. 

Cara bersihkan interior mobil #5: pengharum kabin dan tempat sampah

Sebagai cara membersihkan mobil bagian dalam yang terakhir adalah menambahkan tempat sampah dan pengharum kabin. Setelah semua komponen bersih, jangan lupa menjaga agar mobil tetap harum dan segar. Kamu bisa menambahkan wewangian dengan aroma kesukaanmu agar mobil jadi lebih nyaman.

Hindari menggunakan wewangian yang menyengat karena bisa menyebabkan mual atau pusing. Ada banyak pilihan pengharum kabin yang bisa kamu pilih. 

Agar kebersihan bagian dalam mobil tetap terjaga, sediakan juga tempat sampah kecil. Sehingga saat kamu dan keluarga makan di dalam mobil, mobil tetap bersih dan tidak ada sampah berserakan. 

Cara membersihkan interior mobil yang berjamur

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi, mungkin keadaan interior mobil jadi menyedihkan bahkan berjamur.

Kalau sudah terlanjur berjamur, kamu tetap bisa membersihkannya di rumah. Berikut ini beberapa cara bersihkan interior mobil yang berjamur.

  • Manfaatkan air soda untuk menghilangkan jamur. Caranya dengan menggosokannya secara perlahan pada bagian mobil. Pastikan kamu menggunakan kain yang lembut, ya. 
  • Pasta gigi juga mampu membersihkan jamur pada mobil. Caranya yakni dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian yang berjamur dan bersihkan secara perlahan kemudian lap dengan kain bersih. 
  • Apabila jamur tak kunjung hilang, kamu bisa memanfaatkan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan jamur dan gosok perlahan. 
  • Kamu juga bisa memanfaatkan campuran sabun cuci piring dan pemutih pakaian dengan komposisi 1:1. Oleskan cairan tersebut menggunakan sikat gigi kemudian gosok perlahan hingga jamur hilang. 
  • Setelah bersih, jemur mobil dan buka seluruh pintu agar ada udara masuk.

Apabila mobil tidak aktif dalam waktu lama, pastikan kamu membersihkannya secara rutin, membuka pintu mobil dan memanaskannya, ya. Hal ini untuk mencegah munculnya jamur. 

Tips dari Lifepal! Itu dia beberapa cara bersihkan interior mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selain lebih hemat, kamu juga bisa membersihkannya dengan maksimal karena tingkat kebersihan bisa kamu sesuaikan. 

Pelajari cara bersihkan interior mobil sendiri, dan selalu jaga kebersihan interior mobil agar tidak muncul jamur yang bisa membuat komponen interior mobil mudah mengelupas dan tidak terlihat baru.

Kamu sebaiknya juga tahu cara membasmi kecoa di mobil, agar kendaraan bebas dari hewan menjijikan tersebut. Pastikan pula untuk melindungi kendaraan kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Apa perlu asuransi mobil?

Mungkin kamu sering bertanya-tanya sebenarnya apa sih manfaat asuransi mobil itu? Toh jarang ke bengkel juga.

Manfaat asuransi mobil itu banyak, loh! Salah satunya melindungi finansial kamu dari biaya-biaya yang membengkak karena kerusakan mobil seperti lecet dan kerusakan lainnya.

Dengan asuransi mobil kamu nggak perlu nih pusing lagi memikirkan biaya perbaikan di bengkel karena perusahaan asuransi sudah mengcover semuanya. Jadi, tabungan yang sudah kamu kumpulkan tetap aman. 

Kalau kamu membeli asuransi mobil di Lifepal, ada banyak keuntungannya. Salah satunya Lifepal sudah bekerja sama dengan ribuan bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pengurusan klaim juga lebih mudah karena tim dari Lifepal akan membantu. Kalau kamu masih bingung menentukannya, kamu bisa loh tanyakan langsung pada ahlinya di Tanya Lifepal!

Kalkulator premi asuransi mobil

Sebagai simulasi, kamu bisa memperkirakan besaran premi asuransi mobil menggunakan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal ini. 

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar cara bersihkan interior mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.