Biaya Perawatan Xpander Vs Avanza: Lebih Murah Mana?

Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander adalah dua MPV yang sangat populer di Indonesia. Keduanya punya jumlah pengguna cukup banyak. Namun mana yang lebih murah, biaya perawatan Xpander vs Avanza? Simak ulasannya disini.

Toyota Avanza sudah beredar di pasar Indonesia sejak tahun 2003, sukses menggantikan Toyota Kijang sebagai raja mobil MPV tanah air. Mobil ini begitu populer, sehingga amat jarang orang tidak mengenalnya.

Sedangkan usia Mitsubishi Xpander di Indonesia masih sangat muda. MPV Mitsubishi ini diluncurkan tahun 2017 lalu. 

Meskipun berusia lebih “muda”, MItsubishi Xpander mampu mencetak angka penjualan lebih banyak daripada Toyota Avanza.

Biaya perawatan Xpander vs Avanza

Memang biaya perawatan dua mobil tidaklah sama, apalagi berbeda merek. Sebab harga komponen dari kedua mobil jelas berbeda. Berikut ini rincian harga Xpander vs Avanza.

Biaya perawatan Xpander

Pabrikan Mitsubishi meluncurkan program Smart Package bagi para konsumen Xpander. Program ini akan memberi gratis biaya perawatan mobil Xpander berkala.

Biaya yang digratiskan termasuk ongkos jasa bengkel atau penggantian spare part sampai mobil Xpander menyentuh jarak tempuh 50.000 kilometer pertama.

Namun ketika mobil Xpander harus menjalani perawatan berkala 60.000 kilometer, maka pemilik harus menganggarkan dana sebesar Rp2.252.015, yang belum termasuk ongkos jasa.  

Lalu untuk servis 70.000 kilometer, biayanya turun menjadi hanya Rp638.000. Dan untuk servis berkala 80.000 kilometer, pemilik sebaiknya mempersiapkan uang sebanyak Rp919.267 sebagai biaya servisnya.

Dan angka ini pun turun kembali untuk biaya perawatan rutin 90.000 kilometer menjadi Rp683.500. Namun pada servis ke-10 di jarak tempuh 100.000 kilometer, biaya perawatan kembali meningkat menjadi Rp2.583.775. 

Mitsubishi mengestimasi bahwa untuk mencapai jarak tempuh 100.000 kilometer dibutuhkan waktu pemakaian 5 tahun. Sehingga total biaya perawatan Xpander selama 5 tahun pertama adalah Rp7.304.957.

Biaya perawatan Avanza Veloz

Sampai dengan 50.000 kilometer, Toyota Veloz mendapatkan program promosi gratis biaya jasa dan servis. Hal ini membuat pemilik Avanza Veloz baru mengeluarkan dana untuk perawatan ketika service berkala 60.000 kilometer.

Pada servis berkala 60.000 kilometer, pemilik harus menyiapkan dana perawatan sebesar Rp1.305.000. Kemudian di perawatan lanjutan 70.000 kilometer, besaran biayanya turun sedikit menjadi Rp1.165.700.

Lalu pada servis rutin 80.000 kilometer, pemilik Avanza Veloz harus merogoh kocek untuk biaya perawatan sebesar Rp2.483.300.

Ketika jarak tempuh sudah mencapai 90.000 kilometer biaya servis rutinnya sebesar Rp1.165.700, dan begitu mobil telah menempuh jarak 100.000 kilometer maka pemilik harus menyiapkan biaya Rp2.294.000.

Jarak 100.000 kilometer itu diprediksi akan dicapai selama 5 tahun pemakaian kendaraan. Jadi total biaya servis mobil Avanza Veloz selama 5 tahun pemakaian adalah Rp8.413.700. 

Perawatan Xpander vs Avanza, lebih murah mana?

Jika dibandingkan biaya perawatan Xpander vs Avanza, maka biaya perawatan mobil Xpander selama 5 tahun sampai jarak tempuh 100.000 kilometer lebih murah dari Avanza yaitu Rp7.304.957.

Sedangkan total biaya perawatan Avanza Veloz selama 5 tahun adalah Rp8.413.700.

Jenis servis mobil Xpander dan Avanza

Ada beberapa jenis servis yang umumnya dilakukan untuk mobil, baik itu Mitsubishi Xpander maupun Toyota Avanza. Beberapa jenis servis itu antara lain:

Servis berkala mobil

Jenis servis ini umumnya dilakukan setiap mobil mencapai jarak tempuh kelipatan 10.000 kilometer. Dalam servis berkala, umumnya bengkel akan melakukan ganti oli mobil dan juga memeriksa serta mengganti komponen-komponen lainnya.

Dalam servis berkala, bengkel juga bisa melakukan pembersihan saringan udara dan pengecekan rem pada semua roda.

Selain itu akan dilakukan juga pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga spooring balancing serta rotasi ban menyilang.

Tune up mobil

Jika mobil sudah melewati 1 tahun masa pemakaian, biasanya pemilik mobil akan disarankan untuk melakukan servis tune up.

Apa itu servis tune up? Tune up adalah perawatan mobil untuk mempertahankan performa kendaraan yang dijadwalkan secara rutin setahun sekali. 

Umumnya bengkel akan mengganti beberapa komponen mobil dalam servis tune up mobil. Beberapa komponen yang diganti itu contohnya seperti filter udara, yang memang harus diganti per tahun.

Komponen lain seperti kabel busi, busi, filter bahan bakar, juga bisa ikut diganti demi mempertahankan performa kendaraan. Jika diperlukan, bengkel akan melakukan penyetelan sensor oksigen pada mobil.

Xpander vs Avanza irit mana?

Baik itu Mitsubishi Xpander maupun Toyota Avanza, dijual dengan dua pilihan transmisi yaitu otomatis dan manual. Dua jenis transmisi ini jelas bakal mempengaruhi seberapa irit kendaraan mengkonsumsi bahan bakar.

Lalu pertanyaannya sekarang adalah Xpander vs Avanza irit mana? Secara umum Mitsubishi Xpander lebih boros sedikit dalam memakai bahan bakarnya daripada Toyota Avanza maupun Avanza Veloz.

Angka konsumsi BBM Mitsubishi New Xpander Ultimate hanya 20,8 km per liter, lalu angka konsumsi BBM Toyota All New Avanza 1.5 G CVT TSS bisa mencapai 21,7 km per liter.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Asuransi mobil adalah salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika ingin memiliki mobil. Apalagi jika kamu termasuk sering dan rutin menggunakan mobil untuk bekerja atau beraktivitas setiap hari. 

Sebab mobil akan rentan mengalami kerusakan dan kecelakaan yang tak terduga di jalanan. Bukan cuma mobil baru, mobil bekas pun bahkan penting untuk memiliki asuransi mobil.

Tips dari Lifepal! Gunakan asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan mobil. Pilih jenis asuransi mobil yang paling tepat dengan kondisi mobil serta kondisi keuanganmu.

Asuransi mobil akan menanggung biaya perbaikan atas kerusakan mobil. Cakupan pertanggungannya tergantung dari jenis yang kamu pilih. Ada dua jenis asuransi mobil, yaitu:

  • Asuransi all risk, merupakan jenis asuransi yang menanggung segala bentuk risiko pada mobil. mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat, atau risiko kehilangan akibat pencurian. 
  • Asuransi TLO, atau Total Loss Only adalah asuransi yang bisa menanggung kerugian hingga 75 persen nilai kendaraan. 

Pilihlah jenis asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau bingung menentukan pilihan, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini.

FAQ seputar biaya perawatan Xpander vs Avanza

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.