Biaya Perawatan Grand Livina vs Avanza: Mahal Mana?

Biaya perawatan Grand Livina vs Avanza tentu selalu menjadi pembicaraan menarik yang tidak habis-habisnya untuk dibahas.

Bagaimana tidak? Sebab hadirnya Nissan Grand Livina di Indonesia tentu menjadi rival baru bagi Avanza yang sudah lebih dulu ada.

Keduanya memiliki tipikal mobil yang hampir serupa bahkan harga unit baru yang ditawarkan juga tidak terlalu jauh berbeda. Namun, biaya perawatan Grand Livina vs Avanza ternyata cukup berbeda. 

Pada artikel ini kamu akan melihat gambaran ulasan mengenai perbedaan rincian perawatan Grand Livina dan juga perawatan Avanza. Simak penjabarannya di bawah ini!

Berapa biaya perawatan Grand Livina vs Avanza?

Baik Grand Livina maupun Avanza keduanya merupakan jenis mobil yang diminati oleh masyarakat Indonesia karena sama-sama bersaing di pasar low MPV negeri ini. Namun ternyata, keduanya tentu juga memiliki perbedaan salah satunya pada biaya perawatan.

Dimana, biaya perawatan Avanza tentu akan sangat berbeda dengan biaya perawatan grand livina. Jika kamu hendak membeli salah satu dari kedua jenis mobil ini, maka berikut adalah daftar estimasi harga perawatan yang dapat kamu bandingkan, diantaranya adalah:

Biaya perawatan Grand Livina

Secara umum biaya perawatan Grand Livina secara keseluruhan, perawatan Grand Livina dengan transmisi otomatis akan mematok biaya service mulai dari Rp. 7.133.720 (sudah termasuk PPn 10%) saat jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 100 ribu km.

Apabila kamu memiliki Grand Livina dengan transmisi manual, maka dengan total jarak tempuh kendaraan yang sama, harga yang akan dibebankan adalah sekitar Rp. 7.058.480 sudah termasuk pajak.

Harga ini umumnya akan dihitung mulai dari jarak tempuhnya sekitar 60 ribu km karena terdapat paketan service di bengkel resmi di hanya sampai 50 ribu km atau sekitar 4 tahun.

Biaya ganti oli Nissan

Sedangkan, perawatan Grand Livina lainnya yang dibutuhkan adalah pergantian oli. Jika kamu menggunakan Grand Livina adalah 4 liter dengan spesifikasi oli SAE 5W-30 yaitu adalah sekitar Rp. 350-400 ribu. Harga ini akan sangat berbeda tergantung dari jenis oli mobil yang digunakan.

Namun ada beberapa list harga oli Nissan Livina lainnya yang dapat menjadi bahan perhatian saat menyiapkan biaya perawatan, diantaranya adalah:

No Jenis Oli Kisaran Harga
1 Oli SAE 10W-40 Rp. 250-350 ribu
2 Nissan Genuine Oil Rp. 340 Ribu

Namun sering kali, saat melakukan perawatan Grand Livina terutama untuk mengganti oli biasanya dibarengi dengan penggantian bagian filter dan gasket drain. Dimana biaya yang harus disiapkan adalah filter oli sekitar Rp. 40-60 Ribu dan gasket grain Rp. 10 Ribu. 

Biaya perawatan Avanza

Sedangkan perawatan Avanza secara keseluruhan, tentu akan menawarkan biaya yang sedikit berbeda. Dimana, biaya perawatan Avanza transmisi manual secara umum untuk jarak tempuh yang mencapai 100.000 km adalah sekitar Rp 11.158.700.

Sedangkan, untuk Avanza dengan transmisi otomatis maka total biaya perawatannya secara menyeluruh saat jarak tempuh mobil sudah mencapai 100.000 km yaitu sekitar Rp 11.293.700. Kedua harga ini sudah termasuk dengan adanya PPN 10%.

Biaya perawatan Avanza sesuai jarak tempuhnya

Sama seperti jenis mobil lainnya, biaya perawatan Avanza juga dapat diestimasi sesuai dengan jarak tempuh yang telah dilaluinya.

Berikut adalah daftar biaya servis mobil Avanza yang harus dipersiapkan dan telah disesuaikan dengan jarak tempuh kendaraan, diantaranya adalah:

No Jarak Tempuh Kendaraan Estimasi Harga
1 10.000 – 30.000 km Mulai dari Rp. 497 Ribu
2 40.000 – 60.000 km Mulai dari Rp. Rp 733 Ribu – 1,3 Juta
3 70.000 – 90.000 km Mulai dari Rp3,6 Juta

Umumnya, total biaya perawatan Avanza yang dilakukan di bengkel resmi akan mendapatkan gratis biaya service hingga 50.000 kilometer.

Namun kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 436 ribu untuk mengganti oli mesin, filter, serta gasket bila dibutuhkan.

Perbandingan biaya perawatan Grand Livina vs Avanza

Sebagai akhir, agar kamu bisa mendapatkan perbandingan yang tepat mengenai biaya perawatan Grand Livina vs Avanza untuk dapat menentukan tipe kendaraan yang paling efisien, maka berikut adalah beberapa poin yang dapat merangkum keduanya:

1. Jarak tempuh 10.000 – 20.000 km

Biaya perawatan Grand Livina vs Avanza untuk jarak tempuh 10.000 km adalah gratis biaya perbaikan bahkan hingga jarak 50.000 km. Kamu hanya perlu menyiapkan uang saat terdapat sparepart yang perlu penggantian.

Sedangkan biaya perawatan Avanza untuk 1.000 kilometer adalah gratis, namun saat sudah mencapai 10.000 kilometer, maka kamu perlu mengganti oli mesin, filter dan juga gasketnya sekitar Rp. 400 ribuan.

2. Jarak tempuh 40.000 – 70.000 km

Sedangkan, apabila sudah memasuki jarak tempuh 40.000 km maka estimasi biaya perawatan Grand Livina yang harus kamu keluarkan adalah sekitar Rp. 733 Ribu karena harus mengganti filter udara dan juga minyak rem.

Sedangkan Avanza, membutuhkan ganti filter udara, AC dan minyak rem sehingga biayanya menjadi sekitar Rp. 1 jutaan.

3. Jarak tempuh 80.000 – 90.000 km

Perbandingan biaya perawatan Grand Livina vs Avanza untuk jarak tempuh kendaraan yang sudah mencapai 80.000-90.000 km adalah sekitar Rp. 1,6 Jutaan untuk Nissan Livina. 

Sedangkan untuk perawatan Avanza, perlu penggantian oli mesin, filter, gasket, minyak rem, filter udara, hingga balancing roda hingga biayanya mencapai sekitar Rp. 3,4 – 3,6 jutaan.

Tips dari Lifepal! Biaya perawatan Grand Livina vs Avanza tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ternyata Grand Livina memiliki total biaya perawatan yang lebih terjangkau daripada Avanza.

Namun tentu kedua mobil tersebut tetap memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing sehingga kamu dapat membandingkan dengan indikator lainnya sebelum membeli salah satu dari kedua jenis kendaraan tersebut.

Simak pula ulasan mengenai biaya perawatan Avanza vs Innova, dan juga biaya perawatan Xpander vs Avanza di artikel Lifepal lainnya.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa kita perlu asuransi mobil?

Setelah mengetahui informasi mengenai biaya perawatan grand livina vs avanza tentu kamu akan menyadari betapa banyaknya uang yang harus kamu siapkan. 

Angka ini akan semakin melambung terutama jika mobilmu mengalami kerusakan karena kecelakaan, kebakaran hingga kehilangan akibat pencurian.

Oleh sebab itulah, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk memiliki asuransi mobil.

Sebab asuransi, akan memberikanmu jaminan perlindungan berupa ganti rugi atas segala resiko yang mungkin terjadi pada mobil saat berkendara. 

Hal ini tentu akan membuatmu merasa lebih tenang mengingat segala resiko yang sudah berada di dalam polis akan menjadi tanggung jawab asuransi dan tidak akan mengganggu kondisi finansialmu.

Biaya servis mobil dan perawatan juga tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar biaya perawatan Grand Livina vs Avanza

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.