10 Penyebab Karburator Mobil Tidak Bisa Langsam

Secara garis besar, penyebab karburator mobil tidak bisa langsam adalah ketidakstabilan putaran RPM idle mesin mobil hingga melebihi batas normal. Idealnya, untuk mencapai kondisi langsam tersebut mobil harus berada di putaran 750 sampai 850 RPM.

Untuk diketahui bahwa langsam merupakan situasi di mana putara mesin mobil stabil sehingga menghasilkan mesin yang efisien tanpa harus menekan pedal gas mobil selama berkendara. 

Untuk menjaga mesin mobil tidak mati, maka putaran RPM harus berada di antara 750 sampai 850 RPM.

Ada banyak penyebab kenapa langsam mobil tidak stabil. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan komponen mobil yang lebih parah dan menimbulkan kecelakaan karena RPM naik turun, berikut ini penyebab karburator mobil tidak bisa langsam.

1. Rasio bahan bakar dan udara yang kurang tepat

Penyebab mesin mobil tidak bisa langsam yang pertama adalah rasio bahan bakar dan udara yang keliru di mana kelebihan pasokan bahan bakar yang dibutuhkan ruang pembakaran. 

Caranya agar bahan bakar yang dialirkan memiliki volume yang tepat adalah dengan memperhatikan apakah putaran RPM mesin mobil naik turun saat mesin mobil berada di posisi idle.

Dampak ketidakstabilan karburator ini berdampak borosnya konsumsi bahan bakar mobil hingga mesin mobil mati mendadak saat melaju. 

Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan uji emisi gas buangan. Dengan begitu, kamu mengetahui banyaknya kadar HC dan CO. 

Jika ternyata terbukti volume bahan bakar yang dibutuhkan ruang pembakaran terlalu besar maka segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan penyetelan rasio bahan bakar-udara. Lakukan penyetelan CO dan pemeriksaan throttle body.

2. Kondisi karburator kotor

Peran karburator pada mesin mobil adalah sebagai penghasil tenaga mesin. Untuk menghasilkan keluaran tenaga yang optimal dibutuhkan udara sebagai bahan campuran bahan bakar. 

Saluran bahan bakar berukuran kecil sehingga bila ada kotoran di dalamnya maka akan ikut masuk ke dalam ruang pembakaran bersama bahan bakar. 

Apabila hal tersebut terjadi maka alirannya jadi tidak encer dan putaran mesin jadi tidak stabil. 

Dampak akhirnya adalah tenaga yang dihasilkan kurang optimal. Bawa mobil ke bengkel resmi untuk membersihkan karburator mobil supaya bisa bekerja lebih optimal lagi.

3. Gangguan sistem pada mekanisme mesin

Saat mesin mobil menyala, di dalam dapur pacu terdapat empat siklus kerja mesin yakni mulai dari isap, kompresi, usaha dan buang. 

Apabila salah satu dari siklus tersebut bermasalah maka kerja mesin jadi kurang efektif dan menimbulkan langsam mobil karburator tidak stabil.

Salah satu penyebab gangguan mekanisme mesin adalah saat silinder mobil gagal kompresi sehingga tenaga di ruang pembakaran ikut menurun. 

Sejalan dengan hal tersebut maka putaran RPM mesin mobil jadi tidak stabil. Kondisi ini terjadi bisa karena ring piston, liner silinder atau dinding silinder yang sudah aus dan kebocoran pada klep mesin.

Kondisi lain yang mengakibatkan kegagalan kompresi adalah saat mesin mobil susah dihidupkan di pagi hari atau saat suhu dingin, oli sering habis sampai berkurangnya tenaga mesin.

4. Ketidaksesuaian setelan sekrup stasioner

Penyebab karburator mobil tidak bisa langsam selanjutnya adalah ketidaksesuaian setelan sekrup stasioner. Kamu bisa memperhatikannya melalui piston skep. 

Perhatikan apakah letaknya sudah tepat. Perhatikan juga komponen di sekelilingnya dan pastikan tidak ada sumber kebocoran. Sebab, ketidaksesuaian setelan sekrup stasioner ini bisa berdampak karburator mobil susah langsam.

Selain itu, setelan bensin yang dibuat seirit mungkin juga berdampak buruk. Pasalnya, mobil yang membutuhkan bahan bakar dalam volume tertentu akan kekurangan bahan bakar di ruang pembakaran. 

5. Kotoran atau benda asing tersumbat di spuyer pilot -jet

Kotoran atau benda asing yang tersumbat di dalam spuyer pilot – jet berdampak langsam mobil karburator tidak stabil. 

Terlebih bila kerak-kerak sudah muncul sehingga sulit untuk dibersihkannya. Sebaiknya rutin melakukan pengecekan di komponen ini karena saat spuyer pilot – jet tidak berfungsi maka akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

6. Selang vakum advancer tidak berfungsi

Vakum advancer merupakan komponen tambahan yang disimpan di pengapian platina dan berfungsi sebagai pendorong atau penunda timing pengapian saat terjadi percikan sesuai beban muatan yang diterima. Jadi, saat mesin mobil menerima beban yang berlebih, maka sistem kevakuman jadi rendah. Oleh karena itu dibutuhkan vakum advancer untuk memanipulasi struktur platina.

Namun, bila selang vakum retak sampai rusak maka secara keseluruhan sistem perapian akan akan mengalami kemajuan atau kemunduran sekalipun mesin mobil tidak menerima beban berlebih. 

Padahal hasil yang akan terjadi yakni RPM mesin mobil karburator akan naik turun.

7. Terdapat kebocoran pada intake manifold

Penyebab mesin mobil tidak bisa langsam selanjutnya adalah baut pengikat pada intake manifold mengalami kebocoran. 

Penyebab kebocoran ini bukan karena intakenya berlubang dan rusak, melainkan karena baut yang mengkoneksikan dengan kepala silinder kurang kuat atau kurang rapat.

Baut yang sudah rusak tersebut akan timbul lubang dan membuat ketahanan daya tekannya berkurang serta perlahan menghilang. 

Bila dibiarkan begitu saja, maka udara memiliki celah untuk masuk dari lubang tersebut dan akan berpengaruh terhadap karburator mobil.

8. Selang vakum karburator rusak

Salah satu pendukung kerja karburator mobil adalah sistem vakum yang berperan sebagai penambah asupan bensin yang dibutuhkan silinder saat mesin mobil menerima beban berlebih. 

Fungsi utama selang tersebut adalah sebagai penghubung ruang vakum karburator dan intake manifold.

Saat mesin mobil menerima beban berlebih, maka kemampuan vakum terhadap intake manifold akan berkurang. Dampaknya, kebutuhan bensin berkurang.

9. Lupa setel ulang karburator saat ganti knalpot racing

Sah-sah saja bila kamu melakukan modifikasi di bagian knalpot mobil jadi menggunakan knalpot racing. Namun, kamu harus memperhatikan penyetelan karburatornya. 

Bukan hanya sekadar bongkar pasang knalpot lama dengan knalpot yang baru saja. Melainkan kamu perlu meminta kepada teknisi untuk melakukan penyetelan ulang pada karburator.

10. Aliran bahan bakar tersumbat

Penyebab karburator mobil tidak bisa langsam yang terakhir adalah aliran bahan bakar yang tersendat dari tangki bahan bakar. Biasanya, penyebab aliran yang tersendat ini karena ada kotoran yang tersumbat sehingga aliran bahan bakar menuju karburator jadi kurang maksimal.

Kamu bisa membersihkannya dengan melepaskan selang bahan bakar yang terhubung dengan karburator. Setelah dipastikan sudah bersih, perhatikan apakah ada bahan bakar yang mengalir keluar dengan lancar.

Namun, bila kamu kurang percaya diri untuk membersihkan atau memperbaiki penyebab kerusakan tersebut di rumah sendiri lebih baik bawa mobil ke bengkel mobil untuk mendapatkan perawatan terbaik langsung dari teknisi yang andal.

Tips dari Lifepal! Supaya mendapatkan biaya servis mobil atau biaya repair mobil yang murah. Pertama, pastikan kamu menggunakan spare part original sehingga memiliki usia pakai yang panjang. 

Apabila ingin menggunakan aksesoris mobil khusus, maka gunakan aksesoris mobil yang sesuai dengan ukuran dan dimensi mobil kamu agar tidak membebani mesin mobil.

Terakhir, manfaatkan asuransi kendaraan untuk menekan biaya servis mobil. Ada dua pilihan asuransi mobil yakni asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar penyebab karburator mobil tidak bisa langsam 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.