2 menit

Sempat diusulkan mendapat anugerah Jenderal Besar TNI, kenapa SBY menolak bintang 5? Usut punya usut alasannya di luar dugaan, lo!

Siapa sangka, bila Kepala Staf Presiden (KSP), pernah mempunyai hubungan yang sangat baik dengan mantan Presiden Indonesia ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal itu terjadi ketika SBY masih menjabat sebagai Presiden, sementara Moeldoko berstatus sebagai Panglima TNI yang ditunjuk oleh SBY.

Sebelum menjadi Panglima TNI, di era SBY, Moeldoko juga pernah ditunjuk sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Hubungan yang mesra itu kian tampak setelah Moeldoko yang dulu menjabat sebagai Panglima TNI, ingin memberikan gelar Jenderal Besar atau jenderal bintang 5 kepada SBY.

“Semangat yang kuat dari bapak SBY untuk membangun TNI yang handal, kami TNI, tidak salah kiranya kalau Jenderal Purnawirawan Presiden SBY mendapatkan anugerah Jenderal Besar. Saya kira sangat tepat kita diberikan kepada presiden,” ungkap Moeldoko, pada 9 Januari 2014 silam, seperti dikutip laman detik.com.

Kenapa SBY Menolak Bintang 5?

sumber: kompas.tv

Namun usulan tersebut ditolak oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Lantas, kenapa SBY menolak bintang 5?

Kemudian secara terpisah melalui Menteri Sekretaris Negara yang pada saat itu dijabat oleh Sudi Silalahi menyampaikan keterangan perihal rencana pemberian gelar Jenderal Besar tersebut.

Menurut Sudi, SBY mengapresiasi hal yang disampaikan oleh Panglima TNI.

Akan tetapi, SBY menolak pemberian gelar tersebut lantaran apa yang sudah dilakukannya terkhusus meningkatkan kekuatan pertahanan, meningkatkan modernisasi alutsista TNI, dan hal lainnya merupakan tanggung jawabnya sebagai presiden.

“Presiden menyampaikan terimakasih atas apresiasi dan segala macam yang dibeberkan panglima TNI tentang berbagai hal yang telah dilakukan presiden utamanya dalam meningkatkan kekuatan pertahanan, meningkatkan modernisasi alutsista TNI dan hal-hal kebijakan lain yang untuk memajukan TNI. Presiden mengatakan bahwa itu memang yang seharusnya dilakukan presiden dan juga tugas dan kewajiban dari beliau,” ungkap Sudi, pada 9 Januari 2014, dilansir laman detik.com.

Lebih lanjut, Sudi mengurai jika SBY ikhlas mengerjakan banyak hal untuk TNI, tanpa berharap diberi gelar atau penghargaan.

”Itu respons presiden tentang apa yang disampaikan Panglima TNI tadi,” ujar Sudi.

Kemudian masih melansir laman yang sama, ketika ditegaskan; apakah SBY menolak gelar tersebut, Sudi membenarkannya.

”Ya terus terang beliau menolak dalam hal ini,” ujar Sudi.

***

Itulah jawaban kenapa SBY menolak bintang 5 atau anugerah Jenderal Besar TNI.

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak artikel menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Orchard Park Batam dapat menjadi pilihan tepat bila kamu sedang berburu rumah di daerah Batam Kota.

Informasi lebih lengkap, silakan lihat di www.99.co/id dan rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!

Artikel ini bersumber dari www.99.co.