media-nasional.com – Dalam meningkatkan kenyamanan perjalanan, Mega Insurance Syariah menandatangani MoU dengan ATHIN dengan menawarkan asuransi perjalanan. Seperti apakah bentuk kerja samanya?

PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) Unit Syariah bekerja sama dengan Asosiasi Travel Halal Indonesia (ATHIN) dan Halal Trip Konsorsium (HTK) untuk memasarkan produk asuransi perjalanan syariah bagi wisatawan yang melakukan perjalanan wisata, baik dengan skema bundling dalam pembelian paket perjalanan, maupun opsional.

Asosiasi Travel Halal Indonesia (ATHIN) merupakan perkumpulan agen atau biro wisata halal pertama di Indonesia. Adapun, Halal Trip Konsorsium (HTK) merupakan salah satu anggota dari ATHIN yang menjadi pelopor wisata halal di Indonesia.

Adapun bentuk kerjasama mereka terwujud dalam MoU yang ditandatangani pada hari Sabtu (29/10/2022) di Grand Cempaka Hotel Jakarta. Penandatanganan itu dilaksanakan dalam acara Festival dan Konferensi Wisata Halal 2022.

“Dari Mega Insurance Syariah punya beberapa produk unggulan salah satunya adalah asuransi perjalanan Syariah. Dan, di momen ini kita sedang edukasi bahwa salah satu persiapan dari sekian banyak perjalanan adalah bagaimana kita mitigasi resiko di dalam perjalanan, diantaranya mengalami keterlambatan transportasi, sakit dan lain-lain. Nah, kita tawarkan kepada teman-teman di travel Halal bagaimana tamunya di dalam perjalanan merasa nyaman,” kata Chief Of Sharia Mega Insurance Iim Qoimudin.

Dengan adanya asuransi perjalanan ini, setiap wisatawan yang membeli produk perjalanan wisata halal dan umrah dari travel anggota Asosiasi Travel Halal Indonesia (ATHIN) dan Halal Trip Konsorsium (HTK), bisa mendapatkan asuransi perjalanan Wisata halal dan Umrah dari Mega Insurance Unit Syariah. Ditambah lagi, konsep para travel yang bergabung di ATHIN ini sangat selaras dengan konsep dan tujuan dari asuransi syariah yang memperhatikan aturan-aturan Islamiyah yang tidak merugikan salah satu pihak.

Melalui produk asuransi perjalanan ini, para traveler akan lebih siap dan terproteksi sekiranya terjadi hal-hal yang mengganggu kenyamanan perjalanan seperti penundaan atau pembatalan penerbangan, kerusakan atau kehilangan bagasi, dan ketidaknyamanan lainnya yang tidak diinginkan.

PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) unit Syariah meyakini bahwa hubungan kerja sama ini akan dapat menarik banyak nasabah baru yang berasal dari para wisatawan halal. Juga didukung perkembangan wisata halal di Indonesia telah diakui oleh dunia sebagai peringkat pertama Wisata Halal Terbaik di Dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI). Juga kondisi setelah pandemi, pariwisata perlahan mulai bergejolak kembali.

“Kerjasama ini juga diharapkan akan memperluas masuknya pasar Mega Insurance Unit Syariah dan memberikan banyak manfaat perlindungan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan Wisata Halal dan umrah terutama kepada mitra dan pelanggan Agen travel yang tergabung dalam anggota ATHIN dan HTK. Kolaborasi dengan ATHIN dan HTK sebagai penyedia layanan Wisata halal di Indonesia, merupakan langkah yang bagus untuk Mega Insurance Unit Syariah melebarkan pasar asuransi dari kami,” kata Iim.

Farida Ningsih selaku penyelenggara sekaligus Direktur Utama Nanoedu Cheria juga menuturkan harapannya terhadap kebangkitan wisata Halal di Indonesia. Dia ingin semakin banyak jumlah kunjungan yang datang ke Indonesia.

Semoga acara ini menjadi ajang pertemuan para pebisnis wisata halal untuk membangkitkan kembali wisata halal di Indonesia khususnya di Ibukota Jakarta. Serta dapat mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun internasional ke dalam maupun ke luar negeri,” kata Farida.