Suara.com – Pria bernama Muhammad Said Fikriyansyah mendadak jadi perhatian publik, setelah dirinya dituding sebagai sosok di balik hacker yang menamakan dirinya Bjorka.

Bjorka sendiri mencuri perhatian publik setelah meretas dan menyebarkan data pribadi sejumlah pejabat pemerintahan Indonesia beberapa waktu lalu.

Sejumlah pejabat yang diungkap data pribadinya itu diantaranya Menkominfo Johnny G Plate, Menko Marves Luhut Binsar Padjaitan dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Lalu bagaimana Muhammad Said Fikriyansyah bisa terseret? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
Pemuda yang Ditangkap di Madiun Belum Dipastikan Hacker Bjorka, Mabes Polri Lempar ke Mahfud MD

Tudingan kalau Muhammad Said Fikriyansyah adalah sosok di balik nama hacker Bjorka awalnya diungkapkan oleh akun Instagram @volt_anonym.

Dugaan itu muncul karena akun tersebut melihat adanya kesamaan data yang diunggah dalam sebuah forum gelap antara user Bjorka dengan memakai inisial msff.

Akun Instagram @volt_anonym itu lalu mengunggah tangkapan layar unggahan msff yang berjudul “WE ARE BIG DATE INDONESIA 133//KOMINFO” yang dibuat pada 10 September 2022 lalu.

Atas dasar itulah, akuN tersebut menuding Said adalah orang di balik nama hacker Bjorka, karena Said memiliki kesamaan data dengan Bjorka.

Akun @volt_Anonym lalu menuliskan caption dalam unggahan tersebut sambil menyebut akun instagram milik Said.

Baca Juga:
Pemuda Diduga Hacker Ternyata Penjual Es Keliling, Bjorka Langsung Koar-koar Kecam Pemerintah

Data yang katanya 133M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja dan itu pun di-copy, sehingga banyak data yang sama seolah-olah data yang dia curi sebanyak 133 M, padahal cuma 200 an. Ini sama saja data dump (sampah) yang sudah banyak kadaluarsa. Ngaku gak lu,” demikian tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Setelah tudingan kepada Said itu beredar luas di media sosial, sejumlah orang mulai mencari tahu siapa sosok Muhammad Said Fikriyansyah tersebut.

Salah satu pegiat media sosial pun, yakni Denny Siregar sempat berkicau di akun Twitternya @Dennysiregar7. Dengan kalimat bernada tanya, Denny seakan turut membenarkan kalau Said adalah sosok di balik nama Bjorka, meski ia tidak menyebut nama lengkapnya.

Oh si Bjorka itu namanya Said toh,” kicau Denny di akun Twitter miliknya.

Said minta perlindungan polisi

Muhammad Said Fikriyansyah merupakan seorang remaja berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat yang bekerja sebagai seorang video editor.

Merasa namanya dikait-kaitkan dengan hacker Bjorka, ia merasa terancam. Said lalu meminta perlindungan pada Polres Cirebon terkait tuduhan tersebut.

Dengan tegas Said pun membantah jika dirinya bukan lah orang di balik nama Bjorka yang selama ini dituduhkan.

“Semua yang menuduh saya itu Bjorka, intinya saya bukan Bjorka,” kata Said seperti dikutip dari sebuah video yang diunggah akun Instagram @majeliskopi08.

Said mengatakan, tuduhan tersebut sangat tidak berdasar, karena ia hanya seorang video editor dan tidak memiliki kemampuan di bidang IT, apalagi hacking.

“Karena aktivitas saya sendiri itu ngedit bukan tentang hacker-hacker-an. Dan saya tuh gak pernah bisa yang namanya bisa nge-hack,” tegasnya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.