JawaPos.com–Liverpool memberikan kekalahan pertama Manchester City dalam Liga Inggris musim ini setelah menang 1-0 di Anfield, Minggu (16/10) malam WIB.

Mohamed Salah menjadi protagonis dengan golnya pada babak kedua, demikian laman Liga Inggris seperti dilansir dari Antara. Kemenangan itu mengangkat Liverpool ke urutan delapan dengan 13 poin dari 9 laga, sementara Man City gagal mendekati Arsenal di puncak klasemen dengan 23 poin dari 10 laga.

Laga Liverpool melawan Manchester City berlangsung sengit dan dihujani peluang yang tak berbuah gol. Peluang pertama diciptakan City pada menit ke-16 manakala tendangan Ilkan Gundogan dari luar kotak penalti dimentahkan kiper Liverpool Alisson.

Pada menit ke-20 giliran Liverpool menciptakan peluang saat Diogo Jota menanduk bola umpan Elliott yang tepat mengarah kiper Ederson. Tiga menit kemudian Andy Robertson menyambut bola tepisan Ederson tapi melambung tinggi.

Pada menit ke-32 Erling Haaland mengejar bola terobosan ke kotak penalti di bawah kawalan Virgil van Dijk yang digagalkan Alisson. Pada menit ke-39, Kevin de Bruyne melepas umpan silang yang disambut Haaland setelah melepaskan kawalan Joe Gomez. Tapi tandukannya dijinakkan Alisson.

Pertandingan babak kedua juga berlangsung alot. Liverpool mendapatkan peluang lebih dahulu pada menit ke-49 saat usai serangan balik Mohamed Salah tinggal berhadapan dengan Ederson. Tendangan penyerang timnas Mesir itu ditepis kiper Brasil tersebut untuk melenceng tipis ke samping kanan gawang City.

Pada menit ke-53, gawang Liverpool dibobol Phil Foden setelah bola direbut Haaland dari tangkapan Alisson. Namun gol ini anulir usai pemeriksaan VAR yang memperlihatkan Haaland melanggar Fabinho.

Dua menit kemudian Salah melepas umpan lambung ke tiang jauh ke arah Jota yang berdiri bebas, tetapi tandukannya melebar ke samping kanan gawang Ederson. City kembali mengancam pada menit ke-62 saat Haaland melepaskan tembakan kaki kiri dari ujung kotak penalti, tetapi Alisson menepisnya.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-76 tatkala Salah mencatatkan namanya di papan skor. Alisson mengirim umpan panjang melewati garis tengah lapangan yang gagal dicegat Joao Cancelo dan sebaliknya dikuasai Salah yang menaklukkan Ederson untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Beberapa lama kemudian pelatih Liverpool Jurgen Klopp mendapatkan kartu merah pada menit ke-85 karena memprotes wasit setelah Bernardo Silva dianggap melanggar Salah. Pada menit tambahan Liverpool mendapat peluang emas dari serangan balik ketika Darwin Nunez mengumpan Trent Alexander-Arnold, tetapi bola terlalu deras sehingga tak bisa dimaksimalkan Alexander-Arnold.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-2-3-1): Alisson, Milner, Gomez, Van Dijk, Robertson, Thiago, Fabinho (Henderson 72′), Elliott (Carvalho 73′), Salah (Alexander-Arnold 90′), Firmino (Nunez 72′), Jota (Tsimikas 90+9′).

Manchester City (4-3-3): Ederson, Cancelo, Ruben Dias, Akanji, Ake, De Bruyne, Rodri, Guendogan (Alvarez 89′), Bernardo Silva, Haaland, Foden.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.