JawaPos.com – Facebook resmi mengumumkan beberapa perubahan terkait fitur-fiturnya. Termasuk yang diumumkan Facebook adalah cara baru untuk menyesuaikan apa yang pengguna lihat di Feed Facebook sehingga mereka dapat menemukan apa yang paling relevan dan paling mereka sukai saja.

Sekarang, pengguna dapat memilih Tampilkan lebih banyak atau Tampilkan lebih sedikit pada postingan dari orang dan komunitas yang terhubung dengan mereka dan postingan yang direkomendasikan Facebook kepada pengguna.

Diumumkan di blog resminya, fitur baru lainnya juga akan memungkinkan Anda menyesuaikan Feed Facebook Anda. Caranya adalah dengan memilih untuk menampilkan publikasi tertentu lebih sering atau lebih jarang dan ini juga baru diumumkan oleh perusahaan induk Facebook.

Kemudian, Facebook akan segera menampilkan dua tombol baru pada konten yang direkomendasikan untuk membantu hal ini. Seperti sudah disinggung di atas, akan ada tombol “Show More” atau “Show Less”.

“Memilih “Show More” untuk sementara akan meningkatkan skor peringkat untuk kiriman itu dan kiriman sejenisnya. Namun jika Anda memilih “Show Less”, Anda akan menurunkan skor peringkatnya untuk sementara. Dengan menawarkan lebih banyak cara untuk memasukkan feedback langsung ke dalam peringkat Feed, kami membuat sistem kecerdasan buatan kami lebih cerdas dan lebih responsif,” kata Facebook menjelaskan perubahannya ini.

Skor peringkat posting-an dan posting-an terkait akan meningkat sesaat dengan mengklik tombol “Show More”. Serupa dengan ini, memilih tombol “Show Less” akan menurunkan skor peringkat posting.

Setelah itu, Facebook akan memodifikasi konten yang disarankan sesuai dengan keputusan yang dibuat. Menurut Meta, sistem ini seharusnya digunakan untuk Reels serta video pendek yang tersedia di Facebook dan Instagram.

Anda dapat secara manual menentukan apakah Anda ingin menampilkan bagian konten tertentu lebih atau kurang jika tombol ini sesekali muncul. Cukup klik tombol opsi. Yang dapat diakses oleh tiga titik kecil dan terletak di kanan atas publikasi, untuk melakukan ini.

Perilisan fitur baru ini tampaknya merupakan bentuk tanggapan Facebook lantaran platform media sosial rintisan Mark Zuckerberg ini telah lama mendapat sorotan banyak pengguna. Pengguna muda sebagian besar telah meninggalkan jejaring sosial tersebut yang lebih fokus pada video seperti TikTok atau Snapchat.

Fitur para pesaingnya sering menjadi inspirasi bagi Meta untuk beradaptasi dengan Facebook dan Instagram dalam upaya menarik kembali minat pengguna. Termasuk yang tampaknya meniru kompetitornya adalah Reels di Instagram

Reels secara sederhana merupakan serangkaian video pendek seperti yang ada di TikTok. Dan benar saja, saat diluncurkan di Facebook dan Instagram beberapa bulan lalu, perubahan konten sesuai minat ini lumayan bisa mengembalikan para pengguna Facebook.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.