media-nasional.com – Jakarta Setiap orang pastinya memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Tidak ada orang yang sempurna dalam hidup ini, begitu pula dalam hubungan. Namun, tak jarang beberapa orang kerap membandingkan hubungan atau pasangan mereka dengan orang lain.

Perbandingan hubungan benar-benar merupakan bagian normal dari sifat manusia dalam konteks yang sama seperti membangun “kompetisi” yang sehat. Perbandingan tidak dimaksudkan untuk memastikan bahwa kamu menggantikan orang lain. Ini bertindak dalam arti klarifikasi untuk diri sendiri tentang apa yang kamu inginkan, membantu untuk menggabungkan citra diri dan mendorong pertumbuhan pribadi.

Namun, terlalu membandingkan hubungan dengan orang lain akan bisa berakibat buruk pada hubunganmu sendiri. Justru, penting bagi kamu dan pasangan untuk memiliki hubungan yang penting yang membuat kalian nyaman satu sama lain tanpa ada tekanan untuk mengalami perubahan. Lalu, apa yang menjadi alasan lain untuk kita tidak membandingkan hubungan kita dengan orang lain? penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Hubungan Komparatif Tidak Realistis

Ketika kamu bertemu pasangan, kamu menemukan orang ini sebagai karakter yang tidak biasa, seseorang yang secara khusus menjawab kebutuhanmu hanya dengan cara yang mereka bisa. Tidak ada orang seperti mereka ketika kamu membandingkannya dengan semua orang lain yang kamu lihat hingga saat ini. Tapi sekarang, kamu melihat pasanganmu sebagai bagian dari hidupmu dan entah bagaimana merasakan perbandingannya berbeda, dan kamu tidak yakin kamu puas.

Alih-alih membandingkan pasangan dengan yang lainnya, cobalah untuk menerima segala kekurangan dan kelebihannya. Ingatlah bahwa kamu dan pasanganmu seharusnya bisa saling melengkapi satu sama lain, karena tidak ada orang yang terlahir sempurna.

2. Toksisitas

Ketika kamu mulai membandingkan pacarmu dengan orang lain, itu memicu sensasi yang mengganggu bahwa mungkin ada sesuatu yang hilang dalam dirimu. Kamu dapat mulai mengembangkan harga diri yang rendah atau kurang percaya diri pada penilaianmu sendiri. Itu dapat menciptakan masalah tidak hanya dalam hubungan tetapi dengan kesehatan mentalmu.

Perbandingan menjadi obsesif dan tidak sepadan dengan usaha karena kamu akan selalu menemukan sesuatu yang kamu yakini lebih memuaskan daripada apa yang kamu miliki yang perlu kamu coba yang tidak akan pernah kamu capai. Tidak ada yang akan memuaskanmu karena cita-cita ini tidak realistis. Jangan pernah membandingkan pacarmu dengan mantan atau seseorang di media sosial karena pada akhirnya akan membuatmu sedih dan sendirian.

3. Membuat Pasangan Merasa Insecure

Membanding-bandingkan akan membuat pasanganmu merasa tidak percaya diri dan insecure. Secara tidak kamu sadari, hal ini juga bisa melukai hatinya. Bahkan dia bisa menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bisa menjadi orang yang seperti kamu inginkan.

4. Hubunganmu Lebih Mudah Berakhir

Ketika kamu memang benar-benar mencintai pasanganmu, kamu akan menerima segala kekurangannya. Inilah pondasi dari sebuah hubungan yang langgeng. Namun, ketika kamu tidak bisa menerima dia apa adanya dan cenderung berusaha keras untuk mengubah dia, ini menjadikan hubunganmu lebih mudah berakhir.

Membandingkan hubungan dengan orang lain membuat berbagai masalah muncul dalam hubungan itu sendiri. Bangunlah hubungan dengan baik bersama pasanganmu dengan keyakinanmu sendiri.

#WomenforWomen