JAKARTA, celebrities.id – Keutamaan dan bacaan surat Maryam untuk ibu hamil perlu diketahui agar bisa diamalkan selama masa kehamilan. Pasalnya, ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (16/7/2022), mukjizat maha dasyat yang berasal dari Rabb Yang Maha Agung adalah Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk untuk umat Muslim. 

Pembacanya akan mendapatkan pahala dan ketenangan. Begitu pun dengan ibu hamil, kondisi yang terkadang lemah dan kurang stabil namun tetap dianjurkan untuk membaca ayat-ayat suci Alquran.

Salah satu surat untuk dibaca ibu-ibu yang sedang hamil adalah surat Maryam. Surah ini terdiri dari 98 ayat yang hampir seluruhnya diturunkan di Mekah. Poin penting pertama dalam membaca surah Maryam bagi ibu hamil adalah supaya kondisi emosionalnya lebih stabil.

Dengan membaca Alquran, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati dan ibu hamil bisa lebih tenang.

Berprasangka baik kepada Allah SWT adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh ibu hamil. Karena jika tidak, ia akan dihantui oleh rasa takut yang mencekam saat persalinan.

Dalam kisah surat Maryam diceritakan bahwa sebelum pertolongan Allah, Maryam sempat putus asa sebab rasa sakit selama persalinan. QS Maryam ayat 23-25:

فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا. فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا. وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, Dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”

Selain ketenangan, manfaat membaca surat Maryam untuk ibu hamil adalah dikabulkannya doa-doanya agar selamat dunia dan akhirat, termasuk keselamatan dalam melahirkan. Membaca Alquran akan memberikan sugesti bagi ibu hamil untuk bisa melahirkan dengan mudah dan upaya untuk mendapatkan ridha Allah SWT agar bisa melancarkan proses kelahiran dan mengurangi rasa sakit.

Manfaat besar lainnya adalah agar bayi yang dilahirkan menjadi anak yang sehat dan kelak menjadi anak yang berbakti. QS. Maryam ayat 14:

وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا

“Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka.”

Editor : Endang Oktaviyanti


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.