JAKARTA, celebrities.id – Celeb Hitz perlu tahu apa tanda setang piston rusak pada sepeda motor. Pasalnya, kerusakan pada komponen ini memang harus diwaspadai sejak dini.

Karena jika piston yang rusak tidak segera diganti bisa menimbulkan masalah baru pada mesin motor Anda.

Setang piston juga dikenal dengan nama setang seher. Fungsi utama dari setang ini adalah untuk menghubungkan poros engkol dengan kepala silinder. Jadi bisa naik turun dengan mudah. Bukan hanya itu saja, piston juga akan berputar pada kruk as untuk menghasilkan tenaga.

Setang piston jika tidak dirawat dengan benar tentu bisa mengalami kerusakan. Lantas, bagaiaman ciri setang piston motor minta diganti karena rusak?

Ciri Setang Piston Motor Minta Diganti

1. Mesin mengeluarkan suara yang cukup kasar

Suara mesin yang terdengar lebih kasar dari sebelumnya bisa menjadi salah satu pertanda jika setang piston motor anda rusak dan harus segera diganti. Suara ini bisa muncul ketika ring piston memiliki celah yang besar dari yang seharusnya. Sehingga menyebabkan adanya guncangan yang lebih keras.

Guncangan ini bisa mengakibatkan dinding silinder dan piston mekain tergerus.

Seharusnya ring piston seharusnya tidak boleh lebih besar dari ukuran aslinya. Karena celah yang ada berfungsi sebagai pencegah macetnya piston atau masuknya oli ke ruang bakar mesin.

2. Oli boros

Jika anda menyadari oli pada motor anda terasa lebih boros, hal tersebut bisa jadi disebabkan karena adanya kerusakan pada setang piston.

Pada saat oli mengalir melalui connecting rod, seharusnya ring piston akan membersihkan oli pada dinding silinder. Apalagi jika piston akan menuju ke sisi bawah. Namun, karena ring piston sudah aus maka proses pembersihannya tidak maksimal.

Sehingga oli bisa terdorong ke ruang bakar dan ikut terbakar. Inilah yang menyebabkan oli cepat habis.

3. Muncul asap putih dari knalpot

Asap putih yang muncul ketika piston anda rusak ternyata memiliki ciri tersendiri. Ciri tersebut antara lain:

• Muncul aroma gosong pada asap

• Asap lebih tebal

• Asap keluar saat mesin menyala dan ketiga digas asap akan semakin tebal

4. Nilai kompresi yang rendah

Mesin motor anda memiliki ukuran kompresi yang umumnya berada di angka 7-12 kgm. Nah, jika anda melakukan tes kompresi lalu mendapati nilainya berada di bawah angka tersebut bisa jadi piston motor anda rusak.

Jika mendapati beberapa ciri di atas, sebaiknya anda segera mengganti setang piston anda.

Demikian Ciri Setang Piston Motor Minta Diganti. Semoga membantu.

Artikel ini sudah tayang di Okezone dengan judul Begini Ciri Setang Piston Motor Minta Diganti, Bikers Harus Tahu!

Editor : Simon Iqbal Fahlevi


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.