3 Resep Masakan Rumahan ala Tri Pujis, dari Telur hingga Kangkung
 
JAKARTA, celebrities.id – Bagi sebagian orang, memasak dan menyajikan menu masakan rumah merupakan hal yang cukup merepotkan. Apalagi, jika menu yang dihidangkan itu-itu saja, bisa bikin kita bosan. Maka, harus memutar otak untuk bisa membuat masakan yang enak, namun simple. 

Kali ini, tiga resep masakan rumahan ala Tri Pujis cocok untuk kamu yang ingin mencoba beragam masakan rumahan.

Masakan rumahan bisa jadi pilihan tepat untuk disantap bersama keluarga. Masakan rumahan juga bisa dibuat dengan bahan-bahan ekonomis yang murah meriah, dengan membeli bahannya di toko kelontong atau pasar terdekat.

Dilansir dari channel YouTube Tri Pujis, berikut resep masakan rumahan yang celebrities.id untuk kamu.

Masakan Telur Tidak Biasa

Bahan – bahan

5 butir telur
5 sdm tepung serba guna
Air secukupnya
1 batang daun bawang
2 siung bawang putih
½ siung bawang bombai
4 sdm saus tomat (2 sdm saus tomat dan 2 sdm saus sambal)
2 sdm saus tiram
¼ sdt lada bubuk
Air secukupnya

Langkah – langkah pembuatan

1.    Siapkan 5 butir telur, potong menjadi 3 bagian. Lalu, siapkan 5 sdm tepung serba guna dan masukan air secukupnya lalu aduk hingga larut. 

2.    Masukan telur kedalam adonan, dan lumuri telur dengan adonan hingga rata. Lalu, goreng telur menggunakan minyak panas, di balik agar matang merata. Jika sudah golden brown, angkat dan tiriskan.

3.    Siapkan 1 batang daun bawang dan iris tipis. Lalu, siapkan 2 siung bawah putih dan digeprek. Kemudian, potong kasar dan cincang bawang putih. Siapkan juga ½ bawang bombay dan potong-potong. 

4.    Panaskan minyak secukupnya, lalu masukan bawah putih, tumis hingga harum. Selanjutnya masukan bawang bombay dan daun bawang, tumis hingga layu. 

5.    Lalu tambahkan 4 sdm saus tomat, 1 sdm saus tiram, ¼ lada bubuk dan air secukupnya. Tumis hingga matang. Masukan telur yang sudah dimasak tadi kedalam tumis, aduk hingga rata. Masakan telur tidak biasa siap disajikan.

 

Kangkung dan Tempe

Bahan – bahan

1 ikat kangkung 
1 papan tempe (250gr) 
3 siung bawang merah 
3 siung bawang putih 
3 cabai rawit 
10 cabai merah besar 
1 sdt gula 
1 sdt garam 
¼ sdt penyedap rasa

Langkah – langkah pembuatan

1.    Siapkan 1 papan tempe, lalu goreng hingga matang merata. Jika sudah matang angkat dan tiriskan. 

2.    Siapkan 1 sdt garam, ¼ sdt penyedap rasa, 3 bawang merah, 3 bawang putih, 3 cabai rawit, 10 cabai merah keriting, lalu ulek hingga tercampur. Tambahkan tempe yang sudah digoreng tadi  ke sambal. Lalu ulek kembali. 

3.    Panaskan minyak dan masukan sambal tempe. Lalu, tumis sampai matang. Tambahkan 120 ml air kedalam tumis tempe. Lalu aduk hingga matang. 

4.    Masukan 1 ikat kangkung kedalam tumis tempe, tumis kembali hingga kangkung layu. Kemduian angkat dan tumis kangkung dan tempe dapat disajikan.

 

Olahan Tahu Dan Mie Instan

Bahan – bahan

1 bungkus mie instan 
8 kotak tahu putih ukuran kecil 
5 sdm tepung bakwan instan 
1 batang daun bawang secukupnya wortel
5 buah cabai rawit 
1 butir telur 
½ sdt kaldu jamur 
½ sdt garam 
¼ sdt lada bubuk

Langkah -langkah

1.    Didihkan air lalu masukan 1 bungkus mie instan. Rebus hingga matang lalu angkat dan tiriskan.

2.    Haluskan 8 kotak tahu ukuran kecil. Siapkan 1 batang daun bawang, potong kecil – kecil. Lalu potong kecil – kecil 5 buah cabai rawit. 

3.    Masukan tahu yang sudah halus kedalam mangkuk, lalu parut wortel secukupnya diatas tahu. Masukan juga potongan daun bawang dan cabai. Aduk hingga rata. 

4.    Jika sudah rata, masukan mie instan rebus. Lalu aduk hingga rata.

5.    Selanjutnya, masukan 5 sdm tepung instan bakwan, 1 butir telur, ½ sdt kaldu jamur, ½ sdt garam, ¼ sdt lada bubuk kedalam adonan dan aduk rata. 

6.    Panaskan minyak. Lalu, goreng adonan dengan api sedang. Jangan lupa membalikan adonan agar matang merata. Setelah golden brown angkat dan tiriskan. Olahan tahu dan mie instan siap di santap.

Itulah 3 resep masakan rumahan ala Tri Pujis. Untuk informasi menarik lainnya hanya di celebrities.id.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.