media-nasional.com – Tahukah Anda ada jam tangan termahal di dunia? Ternyata sebuah jam yang berfungsi sebagai penunjuk waktu ini ada yang harganya mencapai selangit. Berikut ini 18 jam tangan termahal di dunia tahun 2017 yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Fungsi Jam Tangan yang Semakin Unik

Jam tangan adalah alat bantu yang digunakan manusia pada tangannya untuk menunjukkan ketepatan waktu. Sebagaimana Anda ketahui bahwa jam tangan ada 2 jenis, yaitu jam tangan analog (konvensional, yang ada jarum penunjuknya) dan jam tangan digital.

Pada awal penciptaannya, jam tangan digunakan hanya untuk melihat waktu berupa waktu secara spesifik. Kini, jam tangan semakin banyak fungsinya. Selain untuk menunjukkan waktu, ada jam tangan yang memiliki fungsi untuk melihat hari, tanggal, kedalaman, temperatur dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kini jam tangan juga menjadi sebuah mode tren untuk pelengkap fashion dengan berbagai bentuk dan material yang melekat padanya. Tahukah Anda alat penunjuk waktu ini pun ada yang harganya mencapai selangit.

18 Jam Tangan Termahal di Dunia 2017

Mari kita lihat 18 deretan jam tangan termahal di dunia tahun 2017 yang akan dikonversi ke dalam satuan rupiah (US$1 = Rp13.300).

#1 Graff Diamonds Hallucination (US$55 juta = Rp731,5 miliar)

Jam tangan termahal di dunia tahun 2017 jatuh kepada Graff Diamonds Hallucination. Dengan harga US$55 juta atau setara dengan Rp731,5 miliar. Graff Diamonds Hallucination adalah maha karya dengan lebih dari 110 karat berlian berwarna yang dipasang di gelang platinum.

[Baca Juga: Top 20 Mobil Sport Termahal di Dunia Tahun 2017]

#2 Graff Diamonds The Fascination (US$40 juta = Rp532 miliar)

Inilah jam tangan termahal ke-2 di dunia, Graff Diamonds The Fascination. Jam tangan ini dijuluki The Fascination karena terdiri dari 152,96 karat berlian putih dan mencakup sebuah pusat, 38,13 karat, berlian berbentuk buah pir yang bisa dilepas menjadi cincin. Jam tangan ini dibanderol dengan harga US$40 juta atau setara dengan Rp532 miliar.

[Quiz: Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya?]

#3 Breguet Marie-Antoinette Grande Complication Pocket Watch (US$30 juta = Rp399 miliar)

Tidak hanya menjadi arloji yang luar biasa, namun Breguet Grande Marie Antoinette juga memiliki cerita yang menarik. Jam saku, yang bernilai US$30 juta ini atau setara dengan Rp399 miliar, dilansir membutuhkan waktu lebih dari 40 tahun untuk masa pembuatannya.

Konon menurut kabar, pada tahun 1782 arloji ini akan diberikan oleh Ratu Prancis, Marie Antoinette kepada seseorang, namun sang penerima arloji meninggal dunia sebelum menerima arloji tersebut.

[Baca Juga: Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia?]

#4 Chopard 201-Carat Watch (US$25 juta = Rp332,5 miliar)

Nama jam tangan yang luar biasa ini memberi tahu Anda dengan tepat mengapa harganya mencapai US$25 juta atau setara dengan Rp332,5 miliar. Dibuat oleh Chopard, The 201-Carat Watch terdiri dari berlian merah 15 karat, berlian biru 12 karat, dan berlian putih 11 karat serta 163 karat berlian putih dan kuning lainnya.

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

#5 Patek Philippe Henry Graves Supercomplication (US$24 juta = Rp319,2 miliar)

Jam Patek Phillipe yang paling mahal adalah Supercomplication yang dibuat untuk Henry Graves Jr. dengan harga mencapai US$24 juta atau setara dengan Rp319,2 miliar.

Arloji yang rumit ini memiliki 24 komplikasi dan mencakup fungsi seperti kalender abadi, pengulang menit dengan Westminster Chimes, matahari terbit dan terbenam, dan grafik langit berdasarkan langit malam di atas rumah Graves di New York.

[Baca Juga: 8 Lukisan Termahal di Dunia: Harga 1 Lukisan dapat Membeli 10 Rumah Mewah di Indonesia]

#6 Jacob & Co. Billionaire Watch (US$18 juta = Rp239,4 miliar)

Jam tangan Jacob dan Co ini tidak disebut Billionaire Watch tanpa alasan. Jika Anda bisa membayar sebesar US$18 juta, Anda akan menerima jam tangan mewah yang benar-benar lengkap dengan 260 karat berlian zamrud dan wajah kerangka yang apik.

[Baca Juga: Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia]

#7 Patek Philippe Ref. 1518 in Stainless Steel (US$11 juta = Rp146,3 miliar)

Dengan harga lelang lebih dari US$11 juta, Patek Philippe 1518 masuk dalam urutan ke-7 dalam daftar jam tangan paling mahal di dunia. Sementara kebanyakan jam tangan Patek terbuat dari emas kuning atau mawar, namun hasil karya yang satu ini menonjolkan stainless steel.

[Baca Juga: Perhiasan Termahal dan Termewah di Dunia, termasuk Gelang Emas]

#8 Hublot Big Bang (US$5 juta = Rp66,5 miliar)

Dengan 1280 berlian dengan masing-masingnya tiga karat, jam tangan mewah ini dihargai sebesar US$5 juta atau setara dengan Rp66,5 miliar.

[Baca Juga: Ada 7 Barang Spektakuler yang Dibeli Oleh Orang Kaya dengan Harga Fantastis]

#9 Louis Moinet Meteoris (US$4,6 juta = Rp61,8 miliar)

Karena kelangkaannya, Louis Moinet Meteoris dihargai sebesar US$4,6 juta. Jam tangan Louis Moinet Meteoris hanya dibuat sebanyak empat buah dan masing-masing berisi sesuatu yang sangat istimewa.

Selain dibuat begitu indah, setiap jam tangan Meterois ini sangat mengesankan, termasuk batu bulan yang melekat padanya.

[Baca Juga: Ini Dia 10 Tas Termahal di Dunia, No 5 Cukup Mencengangkan]

#10 Breguet Antique Number 2667 (US$4,5 juta = Rp59,85 miliar)

Arloji Breguet Antique Number 2667 yang menawan bisa menjadi milik Anda dengan harga hanya US$4,5 juta. Selain menampilkan desain tradisional yang stylish, arloji ini juga menawarkan sebuah kotak kuning emas 18k yang mewah dengan dua bodi yang ber-osilasi.

[Baca Juga: Infografis: Ini Kiat Sukses Cara Memulai Usaha dari 10 Tokoh Bisnis Sukses Dunia]

#11 Rolex Daytona Ref. 6263 Oyster Albino (US$4 juta = Rp53,2 miliar)

Saat ini, Rolex yang paling mahal yang pernah dijual adalah Daytona 6263 Oyster Albino, yang terjual seharga US$4 juta pada tahun 2014.

Terlepas dari desainnya yang unik, arloji ini juga berharga karena hanya empat yang pernah dibuat sehingga membuatnya menjadi jam tangan mahal yang langka denga kotal dari stainless steel.

[Baca Juga: Inilah 7 Kota Dengan Harga Rumah Termahal Di Dunia]

#12 Franck Muller Aeternitas Mega 4 (US$2,7 juta = Rp35,91 miliar)

Ingin tahu jam arloji yang paling rumit di dunia? Anda perlu melihat Aeternitas Mega 4 dari Franck Muller. Melihat tampak luarnya saja sudah memuatnya begitu rumit.

Anda perlu membayar sekitar US$2,7 juta untuk membuat jam tangan ini menjadi milik Anda sendiri. Dirancang untuk tahan uji waktu, Aeternitas Mega menampilkan kalender yang mengikuti siklus 1.000 tahun yang dapat diperbarui hingga tak terhingga.

[Baca Juga: Cerita Motivasi Jangan Takut Gagal Ini 20 Penemuan yang Berawal Dari “Kesalahan”]

#13 Lange & Söhne Grand Complication (US$2,5 juta = Rp33,25 miliar)

Lange & Grand’s Complication Watch Lange & Söhne memulai debutnya pada tahun 2013 dan saat ini merupakan jam tangan paling mahal dari kesemua merek ini.

Dengan harga US$2,5 juta, arloji ini, yang membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk membuatnya, mendapat nilai dari banyak komplikasi dari bentuknya.

Bertempat di dalam kotak emasnya yang besar, dengan diameter 50 mm dan ketebalan 20 mm, jam tangan ini memiliki kalender abadi dengan moonphase, chronograph split-detik dengan detik terbang dan sonnerie grande serta petite dengan pengulang menit.

Secara total, gerakan rumit arloji ini berisi 876 bagian.

[Baca Juga: 10 Buah Termahal di Dunia yang Bikin Anda Kaget dan Gambar Buah-Buahan]

#14 Jaeger-LeCoultre Hybris Mechanica Grande Sonnerie (US$2,5 juta = Rp33,25 miliar)

Hybris Mechanica Grande Sonnerie by Jaeger-LeCoultre memiliki gerakan manual dan mekanis yang mencakup 1.406 bagian.

Semua bagian ini, tentu saja, bekerja sama secara mulus dan membuat arloji teknis ini layak untuk mendapatkan harga setinggi US$2,5 juta.

Tentu, seperti namanya, arloji ini menawarkan pemakainya sebuah sonnerie grande serta sonnerie mungil, pengulang menit, dan mode diam.

Jam tangan ini juga memainkan salah satu melodi terpanjang yang pernah diciptakan oleh Grand Sonnerie, yang menampilkan Westminster Chime yang menghasilkan suara Big Ben.

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

#15 Rolex Antimagnetique Ref. 4113 from 1942 (US$2,4 juta = Rp31,92 miliar)

Rolex akan selalu memberikan harga yang cukup tinggi karena kualitasnya. Antimagnetique Ref. 4133 terjual sekitar US$2,4 juta pada Mei lalu di sebuah pelelangan di Jenewa (hampir dua kali lipat dari harga yang diharapkan). Jam tangan, yang dibuat pada tahun 1942 ini adalah satu dari dua belas Ref. 4113 yang pernah dibuat.

[Baca Juga: 16 Gaun Pernikahan Termahal di Dunia yang akan Menginspirasi Anda]

#16 Richard Mille RM 56-02 Sapphire (US$2 juta = Rp26,6 miliar)

Dengan desain sebelumnya, Richard Mille menciptakan Sapphire Tourbillon RM 56-02. Lebih rumit dan lebih bergaya dari jam tangan sebelumnya, Sapphire Tourbillon RM 56-02 memiliki label harga US$2 juta.

[Baca Juga: Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan?]

#17 Greubel Forsey Art Piece 1 (US$1,5 juta = Rp19,95 miliar)

Jam tangan artistik dan menakjubkan ini menampilkan nano-sculpture dengan harga mencapai US$1,5 juta. Patung, yang tersembunyi di dalam arloji, hanya terlihat berkat sistem optik yang sangat kecil di mahkota arloji yang bertindak sebagai mikroskop.

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

#18 Vacheron Constantin Tour de I’Ile (US$1,5 juta = Rp19,95 miliar)

Tour de l’Ile diluncurkan oleh Vacheron Constantin lebih dari sepuluh tahun yang lalu, pada tahun 2005. Jam tangan tersebut dibuat untuk memperingati ulang tahun ke 250 merek tersebut, dimana pada waktu itu jam tangan merek ini merupakan jam tangan yang paling rumit di dunia.

Meskipun Tour de l’Ile tidak lagi memegang gelar itu, namun tetap merupakan jamuan mengesankan yang menghasilkan nilai US$1,5 juta.

Jam tangan ini di desain dengan dua sisi yang memiliki gerakan tourbillon serta pengulang menit, kalender perseptual, matahari terbit dan terbenam, moonphase serta dan zona waktu ganda.

[Baca Juga: Mata Uang Dunia: Daftar Mata Uang Tertinggi dan Terendah di Dunia]

Youtube Courtesy, Finansialkucom – 5 Jam Tangan Termahal di Dunia

Apakah Anda berminat untuk memiliki salah satu dari jam tangan tersebut? Berikan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagian juga setiap artikel dari Tim Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Taylah Brewer. 23 Maret 2017. These are the World’s Most Expensive Watches. Fashiontrendsandstyleblog.net – https://goo.gl/4ohkPT

Sumber Gambar:

    Jam Tangan – https://goo.gl/zucehE

    Jam Tangan Termahal – https://goo.gl/4ohkPT

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula