Merdeka.com – Kejuraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda, Indonesian National Championship (INC) 2022, resmi berlangsung, Sabtu (16/7/2022). Kompetisi yang dilangsungkan hingga 24 Juli tersebut mencatatkan rekor jumlah peserta terbanyak sepanjang gelaran Kejurnas.

Sekitar 550 lebih pembalap dari 27 provinsi akan bertanding di kelas road bike dan sepeda gunung (MTB), untuk memperebutkan jersey Merah Putih, yang menjadi tanda sebagai pembalap terbaik nasional.

Di hari pertama Kejurnas INC 2022, diawali disiplin Road dengan nomor Individual Time Tria (ITT) yang dilaksanakan, Sabtu, (16/7/2022), dengan start kantor PUDAM layanan Gambiran.

kejurnas balap sepeda banyuwangi catatkan rekor peserta terbanyak
Kejurnas Balap Sepeda Banyuwangi Catatkan Rekor©2022 Merdeka.com

Sekjen PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Jadi Rajaguguk, mengatakan gelaran Kejurnas di Banyuwangi mencatat rekor peserta terbanyak sepanjang gelaran Kejurnas balap sepeda.

“Animo peserta Kejurnas di Banyuwangi sangat besar. Dari 34 pengurus provinsi hanya tujuh provinsi yang absen, sekaligus merupakan jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda diselenggarakan,” kata Jadi.

“Ini mencatatkan rekor tersendiri sepanjang Kejurnas balap sepeda. Pesertanya lebih dari lima ratus orang, ini jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda,” tambahnya.

kejurnas balap sepeda banyuwangi catatkan rekor peserta terbanyak

Kejurnas Balap Sepeda Banyuwangi Catatkan Rekor©2022 Merdeka.com

Ditambahkan Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa, mengatakan terdapat 200 orang personel yang dikerahkan terdiri dari gabungan kepolisian, TNI, dan Pemkab Banyuwangi untuk mengamankan kejuaraan ini. Di hari pertama pelaksanaan Kejurnas berjalan lancar. Rute yang dilalui pembalap disterilkan.

“Ini semua berkat kerja sama semua pihak yang mendukung. Baik Forkopimda dan masyarakat Banyuwangi,” kata Kapolresta yang juga Ketua Panitia Kejurnas INC 2022 tersebut. .

“Kami harap Kejurnas ini juga turut menggerakkan perekonomian lokal karena banyak sektor terdampak untuk mendukung Banyuwangi Rebound,” tambah Kombes Deddy.

kejurnas balap sepeda banyuwangi catatkan rekor peserta terbanyak

Kejurnas Balap Sepeda Banyuwangi Catatkan Rekor©2022 Merdeka.com

Kejurnas ini banyak diikuti oleh pembalap-pembalap nasional. Seperti Ayustina Delia Priatna, peraih emas Womens Road Individual Time Trial, Sea Games 2022. Selain itu Zaenal Fanani, peraih medali emas Sea Games 2021 kelas MTB Cross Country Olympic. Pembalap nasional lainnya yang juga bertanding di nomor Individual Time Trial (ITT). Seperti yang diantaranya Aiman Cahyadi, Delton Nur Arif Prayogo, dan Gita Widya Yunika.

Di hari pertama pembalap Jawa Timur, Muhammad Abdurrohman dari Mula Cycling Team menjadi yang tercepat di nomor Individual Time Trial (ITT) dengan catatan waktu 52 menit 43,510 detik. Abdurrohman mengalahkan Delton Nur Arif Prayugo (KGB) Jawa Tengah yang berada di posisi kedua 52 menit 46,263 detik dan di posisi ketiga diraih Aiman Cahyadi (Mula) Jogjakarta 53 menit 14,417 detik.

Dalam nomor ITT dengan jarak tempuh 41 Km dengan start dan finish kantor Pudam Gambiran Banyuwangi. Pembalap disuguhkan rute flat hingga kilometer ke 5 memasuki kilometer ke 15 para peserta harus menaklukkan rute yang sedikit menanjak dengan gradient 3 persen yang cukup menguras tenaga para pembalap, sehingga membutuhkan stamina yang prima, dalam menaklukkan rute ITT yang disuguhkan.

Sementara di kelas U 23 putra, pembalap Jawa Timur Prasetyo Nur Firdaus (Nusantara Cycling Team) menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 54 menit 8,196 detik, di posisi kedua Muhammad Ridwan (Nusantara Cycling Team) Sulawesi Tenggara 54 menit 57, 360 detik dan Muhammad Andy Royan (Mula Cycling Team) Jawa Timur berada di posisi ketika dengan catatan waktu 55 menit 24,724 detik.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengucapkan selamat datang pada para peserta. “Selamat datang di Banyuwangi, dan selamat bertanding untuk menjadi yang terbaik. Usai bertanding silakan nikmati berbagai destinasi dan kuliner yang ada di Banyuwangi,” kata Ipuk.

kejurnas balap sepeda banyuwangi catatkan rekor peserta terbanyak

Kejurnas Balap Sepeda Banyuwangi Catatkan Rekor©2022 Merdeka.com

Menurut Ipuk, bagi Banyuwangi event olahraga seperti Kejurnas ini, merupakan salah satu segmentasi wisata.

“INC 2022, bukan hanya sekadar event olahraga saja, melainkan menjadi ajang untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, karena peserta dari berbagai wilayah Indonesia tinggal di Banyuwangi beberapa hari, sehingga akan berdampak pada ekonomi masyarakat,” ungkap Ipuk.

Di hari kedua besok, akan mempertandingkan criterium, dengan start Pemkab Banyuwangi, Minggu (17/7/2022). Sementara individual road race (IRR) dengan start depan Pemkab Banyuwangi dan finish di Perkebunan Kalibendo, Senin (18/7/2022).

[hhw]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.