Merdeka.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan dua sapi kurban di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dua sapi sumbangan Jokowi ini akan disembelih di dua lokasi yaitu Istana Kepresidenan Yogyakarta dan di masjid Al-Fatah, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Untuk sapi yang disumbangkan ke Istana Kepresidenan Yogyakarta diketahui adalah sapi Jawa berwarna putih. Sapi ini memiliki bobot 850 kilogram.

Sementara untuk sapi yang diserahkan ke Masjid Al-Fatah jenis sapi berangus berwarna hitam. Sapi ini memiliki bobot seberat 1,07 ton dan dibeli seharga Rp 120 juta.

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum Pemerintahan, dan Politik Maladi yang menyerahkan sapi bantuan dari Jokowi ke Masjid Al-Fatah mengatakan DIY merupakan satu-satunya provinsi yang menerima dua sapi kurban dari Jakarta.

“Setiap tahunnya, Presiden selalu memberikan satu sapi. Kebetulan tahun ini dua sementara provinsi lain tetap satu. Sementara penunjukan masjid yang akan menerima sapi Presiden, kami bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota. Akan ditunjuk giliran,” kata Maladi, Jumat (8/7).

Maladi berharap, pada tahun berikutnya, seluruh masjid yang berada di kabupaten/kota di DIY bisa mendapatkan sapi bantuan presiden. “Hanya saja waktunya yang akan bergiliran,” ucap Maladi.

“Untuk sapi ini sudah melalui proses cek kesehatan dari dinas terkait. Ini dipilih karena sehat. Tadi (kemarin) sore sudah dicek lagi dan ini Alhamdulillah termasuk yang sehat,” sambung Maladi.

Maladi berharap, seluruh hewan kurban tersebut selanjutnya dapat diterima, dikelola, dan disalurkan dengan baik, benar dan amanah.

“Sehingga esensi dari Iduladha dapat tercapai dengan tetap taat protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” tutupnya.

Sementara, Takmir Masjid Al-Fatah Subarno, mengatakan rasa syukurnya atas pemberian sapi dari Jokowi. “Senang tak terhingga, karena hari ini masyarakat Randusari bisa menerima sapi,” jelas Subarno.

Subarno mengatakan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan pada Minggu (10/7) selepas salat Iduladha di halaman Masjid Al-Fatah. Setelah seremonial penyerahan, sapi tersebut dirawat dan dikelola warga hingga tiba saat penyembelihan.

“Daging sapi tersebut akan dibagikan kepada warga desa sebanyak 250 kepala keluarga yang tergabung dalam 2 RW dan 5 RT,” tutup Subarno.

[cob]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.