Calon Dirut PD Pasar Surya Rakhmad Yulianto, Ungkap Konsep Inovasi Pasar Tradisional di Surabaya

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Berbekal pengalaman bekerja di perusahaan multinasional, calon Dirut PD Pasar Surya, Rakhmad Yulianto menawarkan berbagai inovasi demi kemajuan pasar tradisional di Surabaya.

Arek asli Suroboyo ini menilai, kehadiran pasar tradisional di Surabaya sampai sekarang masih dibutuhkan oleh masyarakat. Akan tetapi, kalau tidak ada hal baru, maka semakin lama akan kalah oleh pasar modern.

“Inovasi pasar tradisional bukan berarti harus mengubah sistem jual beli yang mempertemukan pedagang dan pembeli, maupun sistem tawar menawar yang selama ini menjadi ciri khas pasar tradisional,” ujarnya, Jumat (8/7/2022) kemarin.

Maka dari itu, salah satu konsep inovasi yang diungkap oleh Rakhmad adalah dengan menerapkan sistem Drive Thru dan One Way pada beberapa pasar tradisional yang berada di tepi jalan besar.

“Saya pilih pasar yang cocok untuk sistem drive thru dan one way, seperti Pasar Keputran dan Pasar Kapas Krampung yang lokasinya di tepi jalan besar,” kata Rakhmad yang pernah menjabat sebagai top manajer.

Dia juga menjelaskan, sistem tersebut bisa diterapkan bagi para pembeli yang sifatnya hanya membeli barang dengan jumlah tidak terlalu banyak.

“Mereka bisa membeli barang di pedagang yang ada di pinggir pasar dengan tidak meninggalkan kendaraan. Ide itu saya dapat, setelah melihat banyak pembeli yang transaksi dengan para pedagang yang ada di luar pasar,” paparnya.

“Rata-rata mereka membeli dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak. Agar pedagang yang di dalam pasar tetap bisa mendapatkan pembeli, maka bisa diterapkan sistem one way, yakni para pembeli yang masuk ked alam pasar maka mereka harus melewati pintu masuk dan pintu keluar yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Dengan sistem ini, lanjut Rakhmad, para pembeli tetap melihat semua stan pedagang untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Pria yang meraih gelar sarjana dan magister dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu optimis, keberadaan pasar tradisional tidak akan kalah dengan pasar modern jika PD Pasar Surya melakukan inovasi lainnya.

“Dengan menjaga kebersihan pasar, dengan memberikan beberapa fasilitas penunjang bagi para pedagang maupun pembeli agar mereka bisa nyaman saat bertransaksi,” jelasnya.

“Saya yakin pasar tradisional masih sangat dibutuhkan masyarakat,” sambung Rakhmad yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen PT PP (Persero) Group itu.

Ditambahkan Rakhmad, dirinya masih memiliki ide pemikiran out of the box yang nantinya bisa membantu menaikan kinerja PD Pasar.

“Serta menjaga fungsi pasar tradisional sebagai penopang perekonomian rakyat, menciptakan lapangan kerja dan support Akselerasi program UMKM,” pungkasnya.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.