Buronan Kasus Korupsi Dana Hibah Bukittinggi Ditangkap

Padang: Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung RI menangkap seorang buronan kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan dana hibah Pemerintah Kota Bukittinggi tahun anggaran 2012.
 
Tersangka berinisial DK, (43), yang telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejari Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar) sejak 2020, ini ditangkap di kawasan Gambir, DKI Jakarta, pada Jumat, 15 Juli 2022. DK kemudian diterbangkan ke Sumbar via Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Sabtu sekitar pukul 18.35 WIB.
 
“Setelah ditangkap tim Kejagung, kami dari Kejari Bukittinggi langsung mengirimkan tim untuk menjemput tersangka ke Jakarta,” kata Kepala Kejari Bukittinggi Ferizal, Sabtu, 17 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesampainya di BIM Padangpariaman, DK langsung dikenakan rompi tahanan kejaksaan untuk dibawa ke Bukittinggi menggunakan mobil tahanan Kejari Bukittinggi.
 
Baca: Dugaan Korupsi Pembangunan Rumah Fakir Miskin
 
Ia membeberkan DK adalah salah satu tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan dana hibah Pemerintah Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2012 dengan nilai kerugian sekitar Rp200 juta.
 
Dana tersebut disalurkan oleh Pemkot melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kota setempat kepada organisasi kepemudaan, yakni Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bukittinggi.
 
Kasus tersebut diketahui telah diproses oleh Kejari Bukittinggi sejak 2018. Bahkan, tersangka selain DK sudah disidang dan kini berstatus sebagai terpidana.
 
Namun, proses hukum terhadap DK yang merupakan mantan Ketua KNPI Bukittinggi pada 2012 tertunda karena yang bersangkutan tidak diketahui keberadaannya. Korps Adhyaksa kemudian menetapkannya sebagai buronan.
 
Tidak cukup dua tahun, tim Intelijen Kejagung akhirnya mengendus keberadaan DK di kawasan Gambir, DKI Jakarta, lalu dilakukan penangkapan pada Jumat, 15 Juli 2022. Ferizal yang didampingi oleh Kepala Seksi Pidana Umum Yarnes selaku ketua tim penyidik kasus penyelewengan dana hibah KNPI, mengatakan tersangka langsung digiring dari bandara ke Kota Bukittinggi.
 

(NUR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.