Merdeka.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan Merdeka Award 2022 Kategori Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemprov Jateng terus mendorong UMKM Jateng berdaya saing tinggi.

Acara Merdeka Award 2022 digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema “Inspirasi Indonesia”. Ada 5 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022. Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

“Dengan penghargaan ini, kami berusaha mendorong UMKM kita (Indonesia) menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat Jawa Tengah,” kata Kasub Bidang Pelayanan dan Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat Pemprov Jawa Tengah, Risturino, Kamis (30/6).

Banyak program pemberdayaan UMKM di Jawa Tengah. Salah satunya Lapak Ganjar. Dampaknya, sejumlah UMKM di Jawa Tengah mampu pulih kembali setelah dihantam pandemi Covid-19. Diketahui, Lapak Ganjar yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 11 Juli 2020 lalu sukses mempromosikan bisnis para pelaku usaha di Jawa Tengah.

Jangkauan Lapak Ganjar tidak hanya di Jawa Tengah saja, namun hingga seluruh Indonesia. Sebab, banyak para pelaku usaha di luar Jawa Tengah yang ingin ikut Lapak Ganjar.

Sistem pengoperasian Lapak Ganjar bisa dibilang sangat ‘kekinian’. Pelaku usaha hanya mengunggah foto produknya ke Instagram, kemudian menandai unggahan itu ke Instagram @ganjar_pranowo serta @lapak_ganjar. Bermodalkan pengikut instagram yang jumlahnya jutaan, Ganjar mantap membuat program Lapak Ganjar. Per 23 Juni, jumlah pengikut instagram Lapak Ganjar mencapai 28 ribu.

Setiap pekannya, ada sektor usaha tertentu dipromosikan Lapak Ganjar. Misalnya pekan ini adalah indekos. Sudah ada 86 sektor atau ide bisnis di seluruh Indonesia yang dipromosikan Lapak Ganjar.

Para pelaku usaha yang mengikuti Lapak Ganjar banyak memberikan testimoni positif di Instagram dan diunggah kembali oleh Humas Pemprov Jateng. Banyak pelaku usaha mengaku pesanannya melonjak setelah ikut Lapak Ganjar. Bahkan ada yang omzetnya naik hingga 100 persen. Tak hanya itu, mereka bahkan mendapatkan pesanan dari luar pulau Jawa hingga luar negeri.

Misalnya giant flower lamp atau lampu bunga raksasa yang mendapatkan pesanan hingga ke Pulau Kalimantan. Contoh produk lain yang mendunia yakni Teri Brambang Goreng dari Blora. Setelah ikut Lapak Ganjar, pemilik Teri Brambar Goreng, Pipit Aryati mengaku produknya telah menjajaki pasar ekspor. [bim]

Baca juga:
Saksikan Merdeka Awards 2022, Apresiasi untuk Inovasi
Saksikan Merdeka Award 2022 Inspirasi Indonesia 30 Juni 2022


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.