Cara Memilih Masker Berdasarkan Jenis Kulit, Mulai dari Kulit Kering hingga Acne Prone

JAKARTA, celebrities.id – Memakai masker wajah ternyata bisa membantu kita mengatasi berbagai masalah kulit dengan mudah. kini, masker juga dihadirkan dengan berbagai formula yang menarik dicona oleh para beauty enthusiast.

Namun, pemilihan masker majah yang bervariatif tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus sesuai jenis kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dilansir dari Heathline pada Sabtu (9/7/2022), berikut cara memilih masker wajah berdasarkan jenis kulit.

Cara Memilih Masker Wajah Berdasarkan Jenis Kulit.

1. Kulit Kering

Pemiliki kulit kering sangat membutuhkan hidrasi yang cukup karena jenis kulit seperti ini bisa dikatakan rapuh dan rendah lipid sehingga akan terasa kencang dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, pemilik kulit kering membutuhkan masker wajah yang bisa melembabkan dan menutrisi. Sehingga membutuhkan masker yang mengandung bahan hyaluraconic acid. Pasalnya hyaluronic acid bertindak sebagai humektan dan menghidrasi kulit dari dalam.

2. Kulit kombinasi dan berminyak

Kulit kombinasi dan berminyak disarankan memilih masker yang bisa mengatasi minyak berlebih dan membantu mengurangi penyumbatan pori-pori. Pasalnya, jenis kulit seperti ini akan menghasilkan sebum berlebihan dan bisa menyebabkan tekstur kulit tidak teratur, pori-pori.

Maka dari itu, pemilik jeinis kulit seperti ini bisa menggunakan masker yang mengandung bahan salycilyc acid, glycolic acid, sufur dan juga charcoal.

3. Kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif disarankan untuk menghindari bahan masker yang keras seperti salycilyc acid, paraben, ftalat, alcohol, sulfur, pewangi buatan dan lainnya yang bisa mengeringkan kulit.

Hal tersebut karena pemilik kulit sensitif biasanya rentan pada kemerahan dan sering terjadi ruam sehingga rasa terbakar maupun perih akan ditimbulkan saat menggunakan produk baru.

Oleh karena itu, pemilik jenis kulit seperti ini bisa mencari masker dengan kandugan bahan yang menenangkan seperti hyaluronic acid, lidah buaya, madu hingga ble tansy oil.

4. Kulit Acne Prone

Bagi seseorang yang memiliki kulit berjerawat atau acne prone, direkomendasikan memakai masker dengan kandungan bahal salycilyc acid dan AHA/BHA untuk membantu membuka pori-pori tersumbat.

Selain masker yang memiliki kandungan bahan tersebut, bisa juga dengan masker yang mengandung anti inflamasi dan anti bakteri seperti madu, kunyit, keloid perak dan teh hijau untuk membantu mengatasi akar masalah jerawat.

Editor : Tia Ayunita


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.