Jangan Abaikan 4 Hal Ini Saat Membeli Mobil Bekas di Akhir Tahun

media-nasional.com – Tips Mobil | Mobil Bekas

Harga “miring” memang sangat menggiurkan ketika Anda hendak membeli mobil bekas. Tetapi Anda juga perlu berhati – hati. Seperti pepatah “ada rupa, ada harga”, penawaran dengan harga miring biasanya memiliki beberapa kekurangan. Namun bukan berarti semua yang murah tidak berkualitas. Jika Anda cermat dan jeli saat memeriksa kondisi mobil bekas dengan harga miring, Anda bisa saja menemukan mobil bekas yang berkualitas.

Bekali diri Anda sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas di akhir tahun ini. Jangan sampai Anda lengah saat memilih hingga menyesal di hari nantinya. Bahkan kondisi fisik atau eksterior yang masih mulus kadang dapat mengalihkan perhatian Anda terhadap hal lain yang perlu Anda teliti juga. Untuk menghindari hal – hal tersebut, jangan abaikan 4 hal ini saat Anda akan membeli mobil bekas.

Perhatikan kondisi fisik

Kondisi fisik yang dimaksud bukan hanya sekedar kemulusan cat mobil, namun juga rangka mobil dan bagian eksterior lainnya yang kasat mata. Teliti kembali apakah semua masih dalam kondisi prima atau tidak.

Cek kondisi mesin

Pastikan untuk melakukan test drive saat Anda hendak membeli mobil bekas. Dengan begitu Anda akan tahu kelayakan mesin dan kenyamanan interior mobil bekas yang akan dibeli.

Periksa kelengkapan surat

Periksa kembali kelengkapan surat – surat mobil bekas yang akan Anda beli. Pastikan STNK, BPKB, Faktur dan catatan servis lengkap dan sesuai. Dan jika Anda membeli mobil bekas yang built up, minta juga Form A mobil tersebut kepada pemilik sebelumnya.

Jangan terburu – buru

Dan yang terpenting dari semuanya adalah sabar dalam memilih. Jika Anda tergesa – gesa, Anda akan banyak kehilangan detail dari mobil tersebut yang akan membuat Anda menyesal nantinya.

Dengan memperhatikan 4 hal tersebut, Anda akan mendapatkan perkiraan dan perhitungan yang lebih spesifik tentang mobil bekas yang akan Anda beli. Terakhir, sesuaikan juga biaya yang dibutuhkan dengan dana yang telah Anda siapkan. Jangan sampai belanja mobil bekas Anda di akhir tahun nanti malah over budget!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock