Mantan Birokrat Senior Muhammadiah Ibrahim dikabarkan Maju di Dapil 9 Sulsel

Foto : Drs. H. Muhammadiah Ibrahim, M.Si

Media-Nasional.com – Drs. H. Muhammadiah Ibrahim, M.Si dikabarkan masuk dalam daftar Caleg Gerindra untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 9 Sulsel meliputi Kabupaten Pinrang, Sidrap, dan Enrekang.

Muhammadiah Ibrahim dilahirkan di Kelurahan Uluale Kec. Watang Pulu Kab. Sidrap pada Tanggal 24 April 1954. Lulus Sarjana (S1) pada Fakultas Sospol (UNHAS) Tahun 1979 dan Magister Sains (S2) Program Studi Agribisnis (UNHAS) Tahun 2000. Menikah dengan Hj. Sunarti Bandu dan telah dikaruniai 7 orang putera-puteri.

Muhammadiah Ibrahim sangat menyadari betapa besar jasa yang diwariskan kedua orang tua pada dirinya sehingga dengan bermodalkan konsistensi, keikhlasan, tegas, dan berkomitmen mampu mengantarkannya dalam mencapai berbagai kesuksesan, baik pada waktu menuntut ilmu di bangku Sekolah/Perguruan Tinggi maupun sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Di SMP Negeri Pangsid dari kelas 1 sampai tamat selalu menempati peringkat pertama, demikian pula di SPG Negeri Rappang dan Makassar. Diperguruan Tinggi (Fakultas Sospol UNHAS) juga memiliki prestasi yang cukup cemerlang, dapat diselesaikan dalam waktu 4,5 tahun dan tercatat sebagai Penerima Beasiswa Supersemar Angkatan I sampai selesai. Magister Sains (Program Studi Agribisnis UNHAS) diselesaikan dalam waktu 18 bulan dengan IP 3,73.

Prestasi sebagai Pegawai Negeri Sipil
• Lulus dan diterima sebagai CPNS pada Kanwil Dep. Perdagangan dan Koperasi Sulawesi Selatan Tahun 1980
• Benpro Peningkatan Keterampilan Aparatur Dep. Depdagkop Kawasan Timur Indonesia 1982
• Pimbagro Pedagang Golongan Ekonomi Lemah Sul Sel 1984
• Kepala Seksi Bina Usaha Perdagangan pada Kanwil Depdag Sul Sel 1984
• Kepala Kantor Departemen Perdagangan Kab. Bone 1987
• Pimbagro Prasarana Fisik Kandepdag Bone 1992
• Kabid. Pengadaan & Penyaluran Kanwil Perdagangan SulSel 1993
• Pimbagro Peningkatan Peranan Wanita (P2W) Sul Sel 1994
• Kabid. Perdagangan Dalam Negeri Kanwil Perdagangan SulSel 1996
• Kadis Perindag & Penanaman Modal Daerah Parepare 2006
• Kadis Pertanian, Kehutanan, Perikanan, dan Kelautan Parepare 2008

Pengangkatan sebagai Kepala Kandep Perdagangan Kab. Bone pada periode tersebut tercatat sebagai Ka. Kandep Perdagangan termuda seluruh Indonesia (33 tahun). Kata mantan Ketua seksi kerohaniaan HMI komisariat fak. Sospol Unhas thn 1975 ini bahwa “mengemban suatu amanah (jabatan) memang berat akan tetapi apabila kita ikhlas menjalankannya maka semuanya menjadi ringan dan dapat mencapai hasil yang maksimal”. Berbagai jabatan yang pernah diemban selalu dianggap berhasil oleh Pimpinan. Misalnya, sewaktu menjabat Kabid. Pengadaan dan Penyaluran dan Kabid. Perdagangan Dalam Negeri di Kanwil Perdagangan Prop. Sulsel tidak pernah terjadi kelangkaan dan gejolak harga barang baik bahan pokok maupun barang-barang strategis lainnya yang merupakan salah satu tugas pokok kedua bidang ini.

Di Parepare pada saat menjadi Kadis Perindag dan Penanaman Modal Daerah mampu membawa instansi ini memperoleh penghargaan Upakarti dari Presiden RI atas keberhasilan dalam pembinaan industri kecil menengah. Dapat mengatasi kelangkaan beras, minyak tanah, dan gas pada tahun 2006-2007 dengan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan operasi pasar. Berhasil merelokasi 1160 pedagang pasar lakessi ke pasar darurat sebelum dibangun tanpa kericuhan seperti banyak terjadi di daerah lain di Indonesia. Pendekatan kepada para pedagang pada waktu itu adalah kunci pokoknya. Pada saat memimpin Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan, dan Kelautan kota Parepare meraih penghargaan dari Presiden atas keberhasilan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) di atas 5%.

Tak hanya itu, Muhammadiah Ibrahim saat ini juga aktif di dalam kegiatan sosial, dan pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari upayanya dalam Pembangunan Masjid, Raudhatul Athfal, serta Pembangunan Pesantren Tahfidzul Qur’an yang dirintisnya sejak tahun 2011.

“Saya tidak mau memberikan banyak janji janji, karena masyarakat sudah bosan dengan yang hanya omdo (omong doang). Saat ini kita telah memasuki era informasi di mana masyarakatnya tambah cerdas, dan tentunya akan memilih Wakilnya berdasarkan figur dan track recordnya.” sahut Muhammadiah Ibrahim.

 

(ICK)

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Mantan Birokrat Senior Muhammadiah Ibrahim dikabarkan Maju di Dapil 9 Sulsel"